Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Sering Minum Obat Migrain Saat Menyusui, Bahayakah Bagi Bayi? #CurhatSehat

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
31 Dec 2020
Clock Icon
2 menit
Curhat sehat
Hai Lemonizen, selamat datang di #CurhatSehat bersama Lemonilo. #CurhatSehat adalah ruang di mana kamu bisa menanyakan semua masalah kesehatan yang kamu alami dan nantinya akan dijawab langsung oleh Tim Dokter Mamanesia (dr. Kanya Tania).
banner consideration shipping bg blue

#CurhatSehat edisi kali ini, Lemonilo memilih 3 pertanyaan dari Lemonizen yang ditanyakan melalui akun instagram Lemonilo pada 24-30 Desember lalu. Yuk, simak jawaban lengkap dokter untuk setiap pertanyaan tersebut!


1. Bagaimana cara menghilangkan sakit pada tumit kaki kanan saat bangun tidur?

Sakit pada tumit dapat disebabkan beberapa hal, yang paling sering adalah Plantar Fasciitis yaitu peradangan yang dipicu oleh penggunaan alas kaki yang sempit atau tidak nyaman. Penanganan yang dilakukan berupa konsumsi obat-obatan, fisioterapi, serta menggunakan bantalan sepatu atau penggunaan heels protector. Namun, tidak semua nyeri pada tumit disebabkan oleh hal ini. Untuk mengetahui penyebab yang lebih akurat, sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis ortopedi untuk memastikannya.

2. Sering migrain dan harus minum obat saat masa menyusui, apakah berbahaya bagi bayi?



Beberapa obat migrain aman dikonsumsi bahkan saat Lemomoms menyusui. Namun, bila selama menyusui, migrain sering kambuh ada baiknya untuk mengonsultasikannya ke dokter spesialis saraf sehingga mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan dosis dan aman terhadap ibu menyusui. Lebih baik lagi bila Lemomoms dapat mengetahui faktor-faktor penyebab migrain agar dapat menghindari faktor tersebut.
banner consideration promotion bg blue

3. Benarkah ASI eksklusif adalah bentuk KB alami?



Benar sekali Lemomoms. Menyusui secara eksklusif adalah salah satu bentuk dari metode KB alami. Ketika Lemomoms menyusui secara eksklusif, biasanya haid terhenti sementara sebagai salah satu tanda KB alami bekerja. Setelah bayi mulai mendapatkan MPASI dan ASI (sebagai tambahan), maka keefektifan KB alami pun berkurang. Biasanya haid pun berangsur-angsur kembali dan akhirnya kembali teratur (setelah Lemomoms selesai menyapih). 

Bila setelah menyapih menstruasi tidak kunjung datang, baiknya Lemomoms mengonsultasikannya ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk mencari penyebab-penyebab lainnya.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, gimana Lemonizen? Semoga terbantu ya dengan jawaban yang diberikan oleh Tim Dokter Mamanesia. Tulis di kolom komentar ya kalau kamu punya keluhan ataupun masalah kesehatan yang ingin dicurhatin!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.