Sering Stuck dan Telat Mikir? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya!

17 Okt 2018 @ 18:05:19
Stuck dan telat mikir seringkali mengganggu aktivitas ya, guys? Ketika pekerjaan lagi banyak-banyaknya, otak kamu malah terasa sulit diajak untuk mikir. Jangankan untuk berpikir hal berat, berpikir hal yang ringan saja kamu bisa saja kesulitan. Padahal, otak juga sudah diistirahatkan sebentar. Kalau sudah begini, pekerjaan jadi terbengkalai seharian. 

Hati-hati lho, guys kalau kamu sering mengalami kejadian seperti ini! Alasannya, para peneliti menyebut bahwa ini adalah gejala brain fog yang sering menimpa seseorang, terutama kamu para pelajar dan pekerja. Brain fog itu sebenarnya adalah gejala penurunan kinerja otak yang bisa berdampak pada gangguan otak lainnya. Lalu, apa sih penyebab terjadinya stuck atau telat mikir aka brain fog

Kebanyakan Mikir yang Akhirnya Buat Kamu Stres Banget!

Kebanyakan Mikir yang Akhirnya Buat Kamu Stres Banget!

Nggak salah kalau stres merupakan mother of all symptoms and diseases. Banyak banget penyakit yang berasal dari pikiran yang stres dan terbebani, salah satunya stuck dan telat mikir. Peneliti mengatakan bahwa pikiran yang stres dan terbebani menyebabkan saraf-saraf di otak kamu tidak berjalan dengan baik sehingga kegiatan kognitif semisal berpikir menjadi terganggu. Itulah alasannya kamu sering "lola" alias loading lama kalau sedang diajak berdiskusi. 

Diet yang Salah Juga Bisa Buat Kamu Jadi Telat Mikir Lho!

Diet yang Salah Juga Bisa Buat Kamu Jadi Telat Mikir Lho!

Itulah sebabnya kalau diet itu memang butuh persiapan, referensi, dan panduan yang cukup dan tepat. Salah-salah, kinerja otak kamu malah jadi terganggu. Para ahli gizi dunia menyebutkan kalau diet yang salah bisa membuat tubuh kamu kekurangan vitamin B12, vitamin D, dan asam lemak omega 3. Para ahli juga menambahkan kalau jika dibiarkan, situasi ini bisa menyebabkan gangguan saraf dan mental lho! Ngeri banget! 

Kebiasaan Begadang dan Kurang Tidur Juga Pengaruh Pada Kinerja Otak

Kebiasaan Begadang dan Kurang Tidur Juga Pengaruh Pada Kinerja Otak

Kamu tentu tahu ya, guys kalau tidur itu punya peran yang penting untuk menjaga kesehatan tubuhmu, termasuk menjaga kinerja otak tetap baik. Kebiasaan begadang dan kurang tidur menjadi penyebab kalau kamu sering telat mikir, sering lupa, ataupun sering lelah ketika berpikir terlalu lama. Makanya, kamu perlu mengurangi dua kebiasaan buruk ini agar kerja otakmu tetap terjaga. 

Hormon Di Tubuh Kamu Sedang Tidak Seimbang

Hormon Di Tubuh Kamu Sedang Tidak Seimbang

Kalau kamu mendadak telmi dan susah mikir, bisa jadi hormon dalam tubuhmu sedang tidak seimbang dan stabil. Para ahli menyebutkan kalau hormon progesterone dan estrogen dalam tubuh kamu sedang tinggi-tingginya, wajar kok kalau kamu mendadak jadi orang yang telmi alias telat mikir. Begitu juga kalau kamu sedang hamil dan lanjut usia. 

Brain Fog Bisa Jadi Ukuran Kesehatan Kamu

Brain Fog Bisa Jadi Ukuran Kesehatan Kamu

Gejala brain fog juga bisa jadi tanda dan warning tentang kesehatan tubuh juga lho, guys. Beberapa dokter menjelaskan bahwa brain fog atau telat mikir bisa menjadi tanda kamu sedang mengalami beberapa gangguan kesehatan, seperti sindrom kelelahan akut, anemia, depresi, diabetes, migrain, lupus, dan alzheimer. 

Jadi, seberapa sering kamu mengalami ini, Lemonizen?


Artikel Terkait

Bahaya, Polusi Udara Jakarta Terburuk di Dunia!
Apa kamu warga ibukota yang sering beraktivitas di luar ruangan? Kalau iya, kamu sudah harus khawatir dengan kondis..
Shella Rafiqah Ully
31 Juli 2019
Hari Anak Nasional: Keluarga Kunci Penting Anak Bahagia
Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli setelah digagas oleh Presiden kedua Republik Indonesia Soeharto. Peri..
Shella Rafiqah Ully
23 Juli 2019
Kenapa Penting Batasi Anak Main Gadget?
Tak dapat dimungkiri, anak-anak generasi alfa (mereka yang lahir setelah tahun 2010) sangat lekat dengan gadget baik ber..
Shella Rafiqah Ully
18 Juli 2019