Serum Wajah, Inilah 3 Jenis, Manfaat dan Cara Pemakaiannya

28 Aug 2020 @ 10:11:19
Pada setiap tips perawatan yang dianjurkan selalu ada ulasan untuk menggunakan serum wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan pelembab pada kulit wajah. Hal ini memang tepat karena serum memiliki manfaat yang bagus untuk merawat kulit kamu. Lalu sebenarnya apa saja sih manfaat serum untuk kulit? Jika merasa belum perlu untuk memakai serum, sebaiknya ketahui dulu jenis, manfaat dan cara pemakaian serum berikut ini.

Ada berbagai jenis serum di pasaran yang bagus untuk berbagai masalah kulit. Serum pada awalnya memang hanya memiliki jenis berbahan dasar air, tetapi saat ini  ada juga jenis serum yang berbasis minyak. Hal ini artinya serum tidak hanya untuk pemilik kulit kering saja, namun juga bisa digunakan untuk jenis kulit berminyak. Inilah berbagai manfaat serum untuk wajah:

1. Mengontrol Produksi Minyak


Formula oil-free yang dikandungnya membuat serum wajah menjadi perawatan yang sangat cocok untuk jenis kulit berminyak. Walaupun begitu, ada juga serum wajah yang bisa digunakan untuk jenis kulit lainnya.

Kamu bisa memilih produk serum wajah yang memiliki klaim baik untuk semua jenis kulit. Selain itu, jika kulit kamu kering dan sensitif, disarankan untuk menunggu 15 menit dulu setelah membersihkan wajah, baru setelahnya boleh mengaplikasikan serum ke wajah. Hal ini agar serum dapat menyerap perlahan pada kulit dalam keadaan kering.

2. Mencerahkan Kulit dan Menyamarkan Noda hitam



Kandungan antioksidan dan vitamin yang terdapat dalam serum akan membantu untuk memperbaiki kulit kamu dari masalah noda hitam dan kulit gelap. Kulit kamu akan ternutrisi dengan baik sehingga terlihat lebih sehat dan akan beregenerasi dengan baik.

3. Mencegah Gejala Penuaan



Manfaat serum wajah ini termasuk manfaat serum wajah paling populer. Paparan dari sinar UV dan radikal bebas sangat berpotensi menimbulkan gejala penuaan lebih cepat pada kulit kamu.

Serum wajah yang telah diaplikasikan pada kulit bertugas untuk mencegah adanya radikal bebas yang memiliki efek buruk untuk kulit. Selain itu serum juga berguna untuk mencegah agar tidak muncul gejala-gejala penuaan seperti dark spot dan keriput di wajah. Kamu juga tidak perlu khawatir ketika harus beraktivitas di bawah paparan sinar matahari.

Cara Pakai Serum Wajah


  1. Pertama, Bersihkan wajah dari make up dan kotoran menggunakan pembersih wajah yang biasa digunakan. Sebaiknya pakai jenis pembersih make up micellar water, kemudian diikuti dengan mencuci wajah menggunakan sabun pencuci wajah.
  2. Setelah wajah kering, gunakan toner agar wajah lebih maksimal dan segar. Secara umum dikenal ada 2 jenis toner yang bisa digunakan. Pertama adalah hydrating toner, kemudian jenis exfoliating tone. Fungsi dari exfoliating toner untuk membersihkan, baru kemudian diikuti dengan penggunaan hydrating toner yang akan membuat kulit terhidrasi dengan baik.
  3. Kemudian gunakan essence. Tujuan dari penggunaan essence ini agar kulit kamu lebih siap untuk mendapatkan asupan dari serum wajah. Namun, ada juga yang melewatkan tahapan ini, semuanya tergantung pada jenis produk yang kamu gunakan. Ada produk serum wajah yang tidak memerlukan essence begitu juga sebaliknya.
  4. Setelah essence menyerap sempurna di wajah, saatnya aplikasikan serum di wajah. Caranya dengan mengambil satu atau dua tetes serum lalu aplikasikan hingga merata pada kulit, lalu tepuk-tepuk wajah agar serum semakin meresap ke dalam kulit kamu.
Itulah ulasan mengenai jenis, manfaat serum dan cara penggunaannya yang bisa langsung kamu aplikasikan untuk membuat kulit kamu semakin terawat. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Ketahui 6 Manfaat Masker Putih Telur dan Cara Membuatnya
Ada banyak sekali manfaat masker putih telur untuk kesehatan kulit wajah dan kecantikan kamu..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Air Mawar yang Bukan Hanya Untuk Hiasan Ruangan
Ada 7 manfaat air mawar yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit kamu, apa aja sih?..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) Untuk Kecantikan
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat lidah buaya atau aloe vera untuk kecantikan..
Rizki Indra
16 September 2020