Sibuk Bekerja? Ini 5 Olahraga Ringan Bisa Dilakukan Kapan Saja

04 Jun 2020 @ 19:45:35
Olahraga sangat penting untuk tubuh agar selalu sehat bugar. Kebiasaan sehat ini sangat sering diabaikan oleh banyak orang karena kesibukannya. Meski begitu, kamu harus tetap meluangkan waktu untuk olahraga. Solusinya adalah dengan melakukan olahraga ringan. 

Dengan melakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan dimana saja dan dalam waktu yang singkat ini, kesehatan dan kebugaran tubuh kamu bisa tetap terjaga. Berikut ini adalah 5 jenis olahraga yang ringan dan bisa kamu lakukan kapan saja.

1. Berjalan Kaki 



Berjalan kaki merupakan aktivitas murah dan mudah yang bisa dilakukan kapan saja. Berjalan kaki akan lebih menyehatkan jika dilakukan di pagi hari sebelum kamu memulai pekerjaan, karena tubuh akan mendapat asupan vitamin D dari sinar matahari yang baik untuk kesehatan.

Berjalan kaki memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan energi, memperbaiki postur, meningkatkan sistem imun, mengurangi stres, dan masih banyak lagi. Beberapa ahli menyarankan agar melakukan olahraga ringan berjalan kaki sebanyak dua kali sehari sehingga dapat membakar kalori semakin banyak.

Bila ingin ke tempat wisata sambil refreshing sebelum memulai pekerjaan, kamu bisa berjalan kaki ke wisata tujuan terdekat, ketimbang naik kendaraan. Selain menghemat anggaran, hal ini juga bisa membuat tubuh tetap bugar walau sedang bepergian. 

Setelah sampai tempat tujuan kamu bisa menghilangkan rasa lelah dengan minum Australia's Own Organic dari Lemonilo.com yang tersedia dalam berbagai rasa. Menariknya minuman ini tanpa bahan pengawet, perasa, dan pewarna buatan, sehingga dapat menyehatkan tubuh.

2. Stretching 



Aktivitas peregangan fisik ini termasuk olahraga yang ringan dan sangat mudah untuk dilakukan, tetapi mempunyai manfaat yang besar bagi tubuh. Stretching biasanya dilakukan sebelum olahraga dan dilanjutkan dengan pemanasan. 

Setelah melakukan olahraga ini, otot-otot di tubuh akan menjadi elastis, dan dapat mengurangi resiko cedera. Selain itu, stretching juga sangat baik bagi kesehatan fisik dan mental.

3. Berenang



Banyak hotel maupun tempat wisata yang menyediakan fasilitas kolam renang yang bisa kamu manfaatkan. Karena itu, saat akan bepergian selalu siapkan pakaian renang ke dalam daftar barang bawaan.

Renang termasuk salah satu olahraga yang digemari banyak orang, terlebih anak-anak, juga sangat bermanfaat untuk membantu membakar kalori tubuh sekaligus menjaga berat badan ideal. 

4. Bersepeda



Sebelum memulai pekerjaan kamu bisa meluangkan waktu untuk bersepeda di pagi hari. Udara yang segar dan bersih di pagi hari akan membuat kegiatan bersepeda menjadi lebih nyaman. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan di sekitar. 
Banyak manfaat yang akan diperoleh dari olahraga bersepeda, seperti dapat menyehatkan jantung, menambah kreativitas, mengurangi stres, meningkatkan sistem imun, dan sebagainya.

5. Push-up



Olahraga ini termasuk olahraga yang ringan dengan gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan, karena bisa dilakukan di mana saja bahkan dengan ruangan yang kecil sekali pun. 

Kamu bisa memulai gerakan Push-up dengan posisi tidur tengkurap dengan tangan berada di samping kanan dan kiri badan, kemudian dorong badan ke atas dengan kekuatan tangan dengan posisi badan dan kaki tetap lurus.

Kemudian turunkan badan tanpa menyentuh lantai dengan tetap menjaga posisi badan dan kaki tetap dalam posisi lurus. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang agar dapat melatih kekuatan tubuh bagian atas dan kekuatan otot.

Itulah 5 rekomendasi olahraga ringan yang bisa dilakukan kapan saja meski disaat sibuk bekerja. Dengan melakukan berbagai olahraga ini, sudah tidak ada lagi alasan bagi kamu yang sibuk untuk tidak berolahraga. 

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020