Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Simak 2 Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan Wajahmu

Rizki Indra
Rizki Indra
10 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat kulit pisang untuk kecantikan penting diterapkan sehari-hari.

Kebanyakan orang mengira jika kulit pisang tidak memiliki khasiat apa-apa dan langsung membuangnya atau dijadikan limbah organik. Padahal, manfaat kulit pisang untuk wajah sangat beragam, lho. Tidak hanya buahnya saja yang kaya akan nutrisi, kulitnya pun memiliki kandungan yang bisa membantu mempercantik wajahmu.


Kulit pisang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kulit. Nutrisi tersebut antara lain adalah vitamin, mineral, serat, asam amino esensial, dan lemak tak jenuh. Di dalamnya juga mengandung berbagai senyawa antioksidan, diantaranya adalah flavonoid, fenolik, tanin, karotenoid, dan polifenol serta mengandung senyawa yang berguna sebagai antiinflamasi dan antimikroba. Berbagai senyawa ini dipercaya efektif melawan berbagai jamur dan bakteri. Inilah berbagai manfaat dari kulit pisang untuk kecantikan:

1. Membantu Mengatasi Jerawat


Seperti yang telah disinggung di atas bahwa kulit pisang mengandung berbagai vitamin dan mineral di dalamnya. Tidak heran jika kulit pisang mampu membantu mengatasi jerawat pada wajah. Kandungan vitamin dan mineral tersebut di antaranya adalah vitamin B, vitamin C, vitamin B6, kalium, fosfor, dan zat besi. Berbagai kandungan tersebut efektif membantu mengatasi jerawat pada wajah.


Selain itu, kandungan antioksidan dan senyawa antijamur yang terkandung di dalamnya juga akan mempercepat proses penyembuhan jerawat dengan menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Untuk mendapatkan manfaat kulit pisang sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat yakni dengan menyiapkan satu buah kulit pisang.


Setelah itu, gosokkan ke bagian wajah yang berjerawat dengan merata. Kemudian tunggu kurang lebih selama 30 menit selanjutnya dibilas dengan air hingga bersih agar hasil yang didapatkan bisa maksimal sebaiknya lakukan secara rutin.

2. Membantu Mencerahkan Kulit Wajah


Selain untuk jerawat, kandungan vitamin C dan vitamin B yang ada di kulit pisang dinilai dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Menggunakan kulit pisang sebagai bahan alami pencerah wajah memang lebih aman untuk kulit dibandingkan menggunakan produk kimia perawatan kulit. Pasalnya komposisi yang ada di dalamnya terdapat bahan-bahan kimia yang bisa saja tidak cocok untuk kulitmu sehingga dapat membuat kulit iritasi atau timbul jerawat.


Untuk menggunakan kulit pisang sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah cukup dengan menggosok secara perlahan kulit pisang ke seluruh bagian wajah. Terutama sebelum tidur dan diamkan selama semalaman. Kemudian bilas hingga bersih dengan air di keesokan harinya. Lakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah karena hasilnya tidak bisa didapatkan secara instan.

Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan Kulit

Selain untuk kecantikan wajah, kulit pisang juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit. Diantaranya adalah:

1. Membantu Mengatasi Psoriasis pada Kulit


Kulit pisang dapat mengatasi psoriasis. Ini adalah salah satu masalah kulit yang umumnya ditandai dengan munculnya ruam kemerahan yang disertai kulit kering bersisik yang mudah terkelupas. Kadang juga disertai dengan rasa gatal dan nyeri pada sebagian orang tapi kondisi tersebut jarang terjadi. Untuk mengobati kulit yang mengalami psoriasis dapat menggunakan kulit pisang dengan cara digosokkan secara perlahan ke bagian kulit yang mengalami psoriasis.

2. Membantu Mengatasi Eksim Pada Kulit


Kulit pisang juga dapat membantu mengobati eksim pada kulit, tidak hanya itu kulit pisang juga dapat mengobati rasa gatal akibat gigitan serangga. Untuk menggunakan kulit pisang sebagai bahan alami untuk mengatasi eksim dan rasa gatal pada kulit bisa dengan cara menggosokkan kulit pisang ke bagian kulit yang mengalami eksim dan gatal-gatal.


Itulah beberapa manfaat kulit pisang untuk wajah dan kesehatan kulit. Dengan mengetahui informasi ini, apakah kamu tertarik untuk menggunakan kulit pisang untuk perawatan? Semoga bermanfaat, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.