Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Simak 3 Pengertian Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
09 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Pengertian digital marketing wajib diketahui pengusaha pemula.

Secara garis besar, pengertian digital marketing adalah pemanfaatan internet dan teknologi interaktif lain guna menghubungkan sekaligus menciptakan komunikasi antara konsumen dan perusahaan spesifik. Untuk mempertegas perannya dalam dunia bisnis, terutama pada bagian pemasaran digital, sejumlah ahli menafsirkan digital marketing sebagai berikut.

banner consideration shipping bg blue

1. American Marketing Association

Asosiasi marketing yang berasal dari Amerika Serikat ini mendeskripsikan pengertian digital marketing sebagai suatu institusi, proses, dan aktivitas yang difasilitasi oleh teknologi digital dalam mengkomunikasikan, menciptakan, serta menambah nilai lebih pada konsumen ataupun pemangku kepentingan yang lain.

2. Chaffey

Sementara, menurut Chaffey, digital marketing adalah kegiatan bisnis yang dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran usaha dengan memanfaatkan bantuan teknologi digital. Chaffey juga menambahkan bahwa digital marketing pada dasarnya merupakan penggunaan teknologi untuk membantu berbagai aktivitas pemasaran sehingga tingkat pengetahuan pelanggan dapat meningkat. Dengan begitu, konsumen bisa lebih mudah menyesuaikan kebutuhannya di masa sekarang atau masa yang akan datang.

3. Josua Tarigan dan Ridwan Sanjaya

Josua Tarigan dan Ridwan Sanjaya bersepakat bahwa digital marketing adalah kegiatan pemasaran bisnis, termasuk aktivitas branding di dalamnya, yang menggunakan beragam media berbasis web seperti website, blog, AdWords, e-mail, atau sosial media.

Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis


Digital marketing pada prakteknya juga memiliki banyak manfaat untuk usaha. Di bawah ini merupakan beberapa manfaat yang bisa diperoleh. Let’s jump to the list!

1. Jangkauan Usaha Lebih Luas

Dengan teknologi dan sosial media, jangkauan pasar suatu usaha menjadi lebih luas. Dari yang tadinya hanya bisa dipasarkan pada konsumen dalam satu wilayah yang sama, sekarang produk-produk tersebut bisa didistribusikan ke seluruh pelosok negeri, dan bahkan menjangkau pasar global.

2. Mudah Dilacak

Statistik yang berasal dari kampanye-kampanye yang digiatkan perusahaan bisa dipantau kapan saja secara real-time. Bukan lagi sebatas statistik sederhana berisikan data penjualan, melainkan juga laporan dari tools analytics, demografi, dan perilaku konsumen.

banner consideration promotion bg blue

3. Ongkos Lebih Murah

Lewat perencanaan matang dan sasaran yang jelas, kampanye digital marketing bisa menargetkan bakal konsumen secara lebih akurat. Akibatnya, biaya ongkos yang harus dikeluarkan perusahaan untuk riset dan pendistribusian barang menjadi lebih hemat.

4. Terbuka

Adanya digital campaign yang merangkap sebagai media interaktif berhasil membuat loyalitas antara konsumen dengan perusahaan tampak lebih transparan. Pada akhirnya, hal ini akan mengeratkan hubungan kedua belah pihak.

5. Potensi Viral

Tak bisa ditampik lagi, viral di jagad maya membuat permintaan atas suatu produk meningkat. Dengan pemanfaatan audio, teks, dan video yang dapat disebar ulang oleh pengguna lain di media sosial, kampanye perusahaan memiliki potensi lebih baik untuk jadi viral dan digemari.

6. Mudah Disesuaikan

Pemasaran digital memungkinkan strategi marketing dijalankan secara lebih personal. Hal ini tentu akan membuat bakal konsumen merasa seakan ‘dimengerti’ oleh pihak perusahaan. Dari sisi perusahaan, penjualan atas produknya akan meningkat secara signifikan.

Komponen Utama Dalam Pemasaran Digital


Agar dapat mengoptimalkan manfaat dari pemasaran digital, kamu perlu mempelajari dan mempraktikkan beberapa komponen utama digital marketing berikut:

  • Optimasi mesin pencari (SEO)
  • Desain web
  • Pay-per-click advertising (PPC)
  • Social media marketing
  • Content marketing
  • Email marketing
  • Analytics
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah beberapa pengertian digital marketing lengkap dengan berbagai manfaat dan komponen utama yang dimilikinya. Gimana nih menurut kamu? Dengan ragam manfaat dan segala kepraktisan yang ditawarkannya, apakah kamu tertarik untuk menggunakan digital marketing?

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.