Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Simak 4 Bahaya Mandi Malam Hari yang Jarang Diketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
18 May 2021
Clock Icon
3 menit
Ketahui bahaya mandi malam hari sejak dini.

Banyak yang beranggapan bahwa mandi malam tidak baik untuk kesehatan. Hal paling umum adalah menyebabkan penyakit rematik dan paru-paru basah. Meskipun sudah umum, namun hal tersebut belum tidak sepenuhnya benar. Belum ditemukan fakta medis penyebab penyakit saat mandi malam. Meski begitu, ada beberapa ulasan mengenai bahaya mandi malam hari yang wajib diketahui.

banner consideration shipping bg blue

1. Menyebabkan Nyeri Sendi


Banyak ulasan yang menyebutkan jika mandi malam hari bisa menyebabkan nyeri sendi. Padahal sampai saat ini belum ada bukti medis yang membenarkan bahwa bahaya mandi malam menyebabkan penyakit rematik. Justru sebaliknya, mandi malam menggunakan air hangat dapat meminimalisir gejala rematik. Sementara mandi malam dengan air dingin dapat menyebabkan nyeri sendi. Oleh sebab itu, banyak yang beranggapan bahwa nyeri sendi usai mandi malam dengan air dingin adalah rematik, padahal bukan.

2. Membuat Kulit Kering


Salah satu dari bahaya mandi malam adalah membuat kulit cepat kering. Mandi malam terlalu sering dan berlama-lama membuat kulit cepat kering. Jika kulit terlalu lama terkena air, maka dapat menyebabkan iritasi dan kering pada kulit. Oleh sebab itu, mempersingkat waktu mandi maksimal 10 menit dapat meminimalisir resiko kulit kering.

banner consideration promotion bg blue

3. Menyebabkan Masuk Angin


Saat seseorang mandi malam, suhu tubuh akan mengikuti lingkungan. Berada di lingkungan dingin membuat seseorang kedinginan saat selesai mandi. Akibatnya, orang merasa ia sedang masuk angin. Padahal efek tersebut akan hilang beberapa saat kemudian. Jadi sebenarnya bahaya mandi malam menyebabkan masuk angin bukanlah hal yang 100% benar.

4. Menyebabkan Hipotermia


Hipotermia adalah salah satu bahaya mandi malam yang berlaku bagi bayi. Bayi rentan terkena hipotermia usai dimandikan pada malam hari atau sekadar terkena air dingin. Ketika bayi dimandikan di malam hari dan suhunya mengikuti lingkungan sekitar, ia akan mengalami penurunan pada temperatur tubuh hingga dibawah 35 derajat celcius. Risiko ini rentan terjadi di tiga bulan pertama di kehidupannya. Namun, bukan berarti setelah 3 tiga bulan si kecil boleh dimandikan di malam hari, ya! Bagaimanapun, bayi masih rentan terkena suhu dingin.

Efek Mandi Malam yang Sebenarnya

Banyak orang yang percaya mandi malam itu buruk padahal menurut beberapa penelitian ilmiah justru mempunyai berbagai manfaat. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mempercepat Proses Tidur

Tim penelitian dari Universitas Texas, Austin, Amerika Serikat, mengemukakan bahwa manfaat mandi malam dapat mempercepat proses tidur 10 menit lebih awal dari biasanya. Dianjurkan untuk mandi 1-2 jam sebelum tidur agar mendapatkan manfaat ini.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Siapa yang merasa lelah setelah aktivitas seharian? Ya! Salah satu efek mandi malam adalah meningkatkan kualitas tidur. Mandi malam menggunakan air hangat akan membuat otot tubuh seseorang menjadi rileks. Bangun pagi akan terasa lebih segar ketika seseorang menjadi malam dengan air hangat sebelum tidur.

3. Mengurangi Gejala Insomnia

Bukan bahaya mandi malam, namun manfaat mandi malam salah satunya adalah mengurangi gejala insomnia. Suhu tubuh yang meningkat kemudian anjlok setelah mandi akan mempercepat proses pendinginan dalam tubuh sehingga menjadi cepat mengantuk. Waktu yang baik untuk mandi dengan manfaat ini adalah 90 menit sebelum tidur.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Bahaya mandi malam yang jarang diketahui telah disebutkan di atas. Di lain itu, dijabarkan pula manfaat mandi malam yang selama ini orang kira hanya menimbulkan penyakit. Setelah mengetahui hal ini apakah Anda masih takut untuk melakukan mandi malam? Asal anda mengetahui waktu dan suhu yang tepat untuk mandi, pasti aman untuk kesehatan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.