Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Simak 5 Cara Mengempeskan Jerawat Batu dengan Cepat

Rizki Indra
Rizki Indra
24 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara mengempeskan jerawat batu yang mudah dan aman dilakukan.

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami jerawat batu di sekitar wajahnya. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman jerawat batu ini juga menimbulkan rasa sakit. Tapi jangan khawatir ada banyak cara mengempeskan jerawat batu yang bisa dicoba.


Jerawat batu memiliki bentuk yang berbeda dengan jerawat biasa sehingga cukup mudah dibedakan. Umumnya berukuran besar dengan warna kemerahan yang di dalamnya berisi nanah. Jerawat biasa muncul karena pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal tersebut dapat dialami siapa saja dan dapat muncul di bagian tubuh mana pun.


Biasanya jerawat ini lebih sering muncul di sekitar wajah, punggung, dada, dan bahu. Jika jerawat biasa muncul karena pori-pori tersumbat, jerawat batu bisa muncul karena dipicu bakteri yang terperangkap di bawah kulit. Sehingga timbul pembengkakan dengan warna kemerahan.  Jerawat batu akan muncul ketika bakteri menginfeksi area di bawah kulit dan menimbulkan benjolan bernanah. Berikut ini cara mengempeskan jerawat batu yang efektif dan mudah dilakukan.

1. Kompres dengan Air Hangat


Cara pertama yang paling mudah dilakukan untuk membantu mengempeskan jerawat batu yaitu dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Caranya siapkan air hangat di dalam wadah lalu ambillah handuk kecil bersih kemudian celupkan ke dalam air hangat. Lalu ambillah handuk bersih, celupkan handuk ke dalamnya.


Peras handuk agar air tidak menetes lalu tempelkan handuk ke bagian yang terdapat jerawat selama beberapa waktu. Cara ini dapat membantu nanah muncul ke permukaan sehingga jerawat batu akan cepat mengering dan sembuh.

2. Kompres dengan Es


Cara selanjutnya untuk membantu mengempeskan jerawat batu yaitu dengan mengompres menggunakan es. Caranya dengan menyiapkan kain atau handuk tipis lalu letakkan es batu di atasnya dan bungkus. Selanjutnya tempelkan bungkusan es dalam kain tersebut ke bagian yang terdapat jerawat. Cara ini dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit di area munculnya jerawat batu.

3. Salep Alami dari Bawang Putih


Bawang putih dapat dijadikan alternatif yang mudah dan murah untuk mengempeskan jerawat batu. Tidak perlu repot-repot membeli salep jerawat di apotik. Cukup gunakan bawang putih sebagai salep alami. Caranya dengan menghaluskan bawang putih lalu oleskan pada permukaan wajah yang berjerawat. Tunggu beberapa menit hingga mengering, selanjutnya basuh dengan air hangat.

4. Masker dari Lemon


Pada air perasan lemon terdapat kandungan asam sitrat, kandungan tersebut bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi. Sehingga cukup ampuh membantu mengeringkan jerawat batu. Caranya dengan menyiapkan satu buah lemon lalu peras hingga mengeluarkan air yang cukup banyak.


Ambillah beberapa helai kapas dan celupkan ke dalam air perasan lemon. Kemudian tempelkan ke permukaan wajah terutama di bagian yang timbul jerawat batu. Tunggu selama 10 hingga 15 menit agar meresap ke dalam kulit, selanjutnya bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

5. Masker dari Tomat


Bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengempeskan jerawat yaitu tomat. Buah tomat mengandung vitamin E sehingga cukup ampuh menghilangkan jerawat. Selain dapat mengatasi masalah jerawat, tomat juga bisa membantu mencerahkan kulit. Caranya dengan menghaluskan tomat menggunakan blender atau alat lainnya hingga berupa pasta. Kemudian balurkan ke seluruh wajah termasuk di area yang timbul jerawat batu.


Bagaimana? mudah bukan 5 cara mengempeskan jerawat batu di atas. Untuk menghindari timbulnya jerawat seringlah membersihkan muka dan jaga pola makan. Pasalnya, makanan juga bisa menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat, terutama makanan berminyak. Jadi, rajinlah menjaga kebersihan kulit wajah dan asupan makanan supaya kulit wajah senantiasa bersih ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.