Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Simak 5 Efek Samping Suntik Putih yang Perlu Dipertimbangkan

Rizki Indra
Rizki Indra
30 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
 Efek samping suntik putih penting diketahui sejak dini.

Mata coklat, rambut lurus nan hitam legam, hidung mancung, serta kulit yang putih kerap kali dikaitkan dengan standar kecantikan ideal di Indonesia. Melalui 'standar' tersebut banyak orang berbondong-bondong melakukan suntik putih untuk mencerahkan tone kulitnya. Sayangnya, ada efek samping suntik putih yang tidak bisa dianggap sepele. Apa sajakah itu?

banner consideration shipping bg blue

Berkenalan Lebih Jauh Dengan Suntik Putih


Secara garis besar, suntik putih merupakan sebuah istilah yang merujuk pada tindakan non-bedah dengan memasukkan cairan tertentu ke pembuluh darah dengan tujuan untuk mencerahkan warna kulit secara keseluruhan. Biasanya, zat-zat yang terkandung di dalam cairan tersebut adalah glutathione, vitamin C, vitamin E, dan asam tranexamic (transamin).

Sebagai tambahan informasi, glutathione merupakan komponen sejenis antioksidan yang sangat kuat dan terdiri dari 3 asam amino utama. Yakni glysin, glutamin, dan juga sistein. Glutathione sendiri sebenarnya sudah diproduksi oleh hati, hanya saja kadarnya cukup kecil. Untuk itu, kamu bisa memenuhi kebutuhan terhadapnya dengan mengkonsumsi makanan-makanan tertentu seperti beberapa jenis buah-buahan, sayur-mayur, dan protein hewani.

Dalam lingkup tindakan perawatan dan kecantikan, terutama pada prosedur suntik putih, glutathione akan disuntikkan pada tubuh pasien mengingat salah satu sifatnya yang adalah anti-melanogenic. Dimana fungsi tersebut akan membuat kulit gelap menjadi lebih putih dengan mengubah eumelanin/pigmen kulit berwarna gelap, menjadi phaeomelanin/pigmen kulit yang memiliki tone lebih terang.

Vitamin C dan E sudah dikenal akan sifat antioksidannya sejak dulu. Selain bisa disuntikkan langsung ke bagian tubuh, vitamin C san E dapat diperoleh dalam bentuk obat siap konsumsi atau krim pemutih kulit.

Sementara transamin adalah salah satu bahan suntik putih yang berkerja dengan menekan aktivitas plasmin dalam tubuh pasien. Karena kegunaannya ini, prosedur suntik putih jadi tindakan kecantikan-medis yang banyak digemari oleh masyarakat Asia.

banner consideration promotion bg blue

Pada realitanya, suntik putih memang sudah banyak dilakoni orang-orang dari berbagai kalangan. Kendati demikian, salah satu studi kecantikan mengungkapkan bahwa efektivitas suntik putih untuk mencerahkan tone kulit masih belum bisa dibuktikan secara konkret. Malah, pihak BPOM alias Badan Pengawas Obat dan Makanan asal Filipina sempat melarang pengedaran glutathione sebagai bahan suntik putih. Hal tersebut diputuskan setelah informasi terkait efek samping pemakaian glutathione sebagai pemutih kulit dapat membahayakan kesehatan seseorang.

Efek Samping Prosedur Suntik Putih


Sejumlah cairan yang digunakan dalam tindakan suntik putih memiliki kandungan yang bisa memicu timbulnya efek samping bagi kesehatan. Salah satunya adalah:

  1. Terjadi pendarahan, memar, penggumpalan darah, atau timbulnya luka di area sekitar tempat penyuntikan dilakukan.
  2. Munculnya infeksi pada kulit, terutama pada bagian tubuh yang disentuh langsung oleh jarum suntik.
  3. Munculnya efek sistemik seperti anafilaksis dan sepsis.
  4. Beberapa pasien suntik putih akan mengalami kram, mual, dan sakit perut seusai cairan pemutih disuntikkan.
  5. Pada prosedur suntik putih dengan cairan asam tranexamic, dikhawatirkan akan terjadi risiko penyakit tromboembolik seperti halnya kelainan fungsi ginjal, keracunan saraf, pun dengan syndrom stevens-johnson.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Guna menghindari efek samping suntik putih yang mungkin timbul, kamu disarankan untuk memilih klinik kecantikan terpercaya yang memang sudah mengantongi sertifikat praktek resmi serta dapat dibuktikan secara hukum. Jangan lupa pula untuk berkonsultasi bersama dokter ahli untuk memeriksa kondisi kesehatan berikut kemungkinan alergi terhadap obat-obatan. Seusai melakukan suntik putih, kamu harus memperhatikan diri sendiri dengan seksama. Jika dirasa timbul efek samping sebagaimana disebutkan diatas, segeralah mengunjungi dokter untuk memperoleh alternatif solusi.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.