Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Simak 5 Kebutuhan Gizi Remaja yang Harus Diperhatikan

Rizki Indra
Rizki Indra
14 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Kebutuhan gizi remaja penting diperhatikan setiap hari

Masa remaja adalah usia yang masih dalam proses pertumbuhan. Terdapat banyak anggota dan organ tubuhnya yang masih terus berkembang pesat untuk menentukan kesehatannya ketika dewasa. Sebagai pendukung proses pertumbuhan ini, maka remaja membutuhkan dukungan asupan gizi yang cukup sesuai dengan kebutuhan gizi remaja.

banner consideration shipping bg blue

Dengan asupan gizi yang cukup, maka remaja akan memiliki kondisi tubuh yang lebih sehat, dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik dan jarang mengalami sakit. Lantas, apa saja asupan gizi remaja yang harus dipenuhi tersebut? Berikut ulasannya:

1. Protein


Protein merupakan nutrisi yang berperan dalam proses pertumbuhan tulang dan otot serta maturasi seksual pada remaja. Ketika kebutuhan protein ini tidak terpenuhi, maka akan terjadi gangguan pada kedua proses penting tersebut.

Protein yang dibutuhkan anak remaja berbeda-beda. Hal ini tergantung dari usia dan jenis kelaminnya. Berikut kebutuhan protein bagi remaja laki-laki sesuai usia.

  • Usia 10-12 tahun membutuhkan 56 gram.
  • Usia 13-15 tahun membutuhkan 72 gram.
  • Usia 16-18 tahun membutuhkan 66 gram.

Sementara kebutuhan protein untuk remaja perempuan sesuai usianya:

  • Usia 10-12 tahun membutuhkan 60 gram.
  • Usia 13-15 tahun membutuhkan 69 gram.
  • Usia 16-18 tahun membutuhkan 59 gram.

2. Karbohidrat


Karbohidrat adalah sumber energi utama yang dibutuhkan oleh tubuh remaja. Energi ini digunakan untuk melakukan pergerakan fisik dan membantu untuk berkonsentrasi di sekolah dan berpikir saat belajar.

Remaja dianjurkan mendapatkan 50% lebih energinya dari karbohidrat dengan 10-25% didapatkan dari karbohidrat sederhana seperti nasi putih. Sedangkan sisanya didapatkan dari karbohidrat kompleks seperti yang ada pada nasi merah, gandum, dan umbi-umbian.

3. Lemak


Selama ini, lemak dikenal dengan reputasi buruknya karena dianggap sebagai penyebab tubuh menjadi gemuk. Padahal jika dalam jumlah yang cukup, komponen ini berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang normal pada remaja.

Lemak dianjurkan untuk dikonsumsi tidak melebihi 30% dari total energi, dan 10% tidak lebih berasal dari lemak jenuh.

banner consideration promotion bg blue

Lemak jenuh sendiri adalah lemak “jahat” yang dalam jumlah berlebih bisa menyebabkan kegemukan dan menyumbat di pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Makanan yang mengandung lemak jenuh seperti ayam goreng cepat saji, mentega, daging berlemak, es krim, donat, dan lainnya.

4. Vitamin


Ada beberapa jenis vitamin penting untuk dicukupi kebutuhan gizi remaja, yaitu, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan folat. Vitamin A dibutuhkan tubuh untuk penglihatan, pertumbuhan, reproduksi, dan sistem pertahanan tubuh atau imunitas. Kemudian vitamin C untuk percepatan pertumbuhan dan perkembangan karena perannya dalam pembentukan kolagen.

Sedangkan vitamin E sebagai sumber antioksidan yang penting selama masa pertumbuhan, dan Folat yang jika tubuh kekurangan kandungan ini bisa menyebabkan terjadinya anemia megaloblastik.

5. Mineral


Kebutuhan mineral, terutama pada kalsium akan meningkat drastis pada usia remaja. Hal ini karena pada masa inilah pertumbuhan tulang terjadi secara pesat. Angka kecukupan kalsium pada remaja sekitar 1.300 mg per hari, yang bisa diperoleh dari susu, keju dan yogurt.

Selain itu, mineral lain seperti zat besi dan zinc juga sangat penting selama masa pertumbuhan remaja. Pada remaja laki-laki dan perempuan membutuhkan lebih banyak zat besi karena massa otot dan volume darahnya terus bertambah. Karenanya, remaja laki-laki membutuhkan zat besi 10-12 mg per hari, sedangkan remaja perempuan memerlukan 15 mg per hari.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah kebutuhan gizi remaja yang harus terpenuhi untuk membantu proses pertumbuhannya. Semoga bermanfaat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.