Simak 5 Manfaat Akuntansi Dalam Perkembangan Usaha Anda

Apakah ada hubungannya antara akuntansi dan kemajuan perusahaan? Jawabannya ada karena manfaat akuntansi salah satunya untuk menarik investor ke dalam bisnis Anda. Bisnis ataupun perusahaan yang Anda jalankan saat ini kemungkinan besar membutuhkan suntikan dana dari investor agar bisa berkembang.

Akuntansi merupakan data mengenai perhitungan dan analisa atas arus keuangan pada sebuah perusahaan terkait dengan bagaimana kondisi usahanya tersebut. Melalui sistem akuntansi yang dilakukan oleh perusahaan akan memudahkan untuk menilai apakah kondisi keuangannya sehat atau tidak. Inilah yang dibutuhkan oleh investor sebagai pertimbangan apakah akan menanamkan modalnya atau tidak.

banner consideration shipping bg blue

Agar bisa berkembang perusahaan membutuhkan kondisi keuangan yang cukup sehat dan kuat. Selain digunakan sebagai alat untuk menganalisa kondisi keuangan perusahaan, akuntansi juga bermanfaat sebagai berikut :

1. Acuan untuk Membuat Keputusan Manajerial

Manfaat akuntansi yang pertama adalah untuk mengambil keputusan manajerial. Mereka yang menduduki jabatan manajerial memiliki tugas untuk bisa lebih cepat dalam mengambil keputusan yang terkait dengan kemajuan perusahaan. Keputusan tidak bisa diambil secara tepat dan akurat jika tidak ada acuan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Laporan yang disajikan dalam sistem akuntansi perusahaan berfungsi sebagai acuan atau dasar bagi manajerial untuk mengambil keputusan paling tepat bagi perkembangan perusahaan dengan mempertimbangkan kondisi keuangan.

2. Alat Pengendali dan Pengontrol Keuangan

Akuntansi bermanfaat juga sebagai alat untuk mengendalikan dan mengontrol kondisi keuangan perusahaan. Melalui laporan akuntansi bisa diketahui dengan jelas apakah bisnis dari perusahaan tersebut telah menghasilkan laba atau sebaliknya hanya menyebabkan kerugian saja.

Jika perusahaan selama ini mampu menghasilkan laba maka bisa direncanakan untuk menambah ataupun mengembangkan produksi. Sebaliknya, kalau perusahaan merugi harus dipikirkan bagaimana strategi yang dijalankan agar usaha tidak mengalami kebangkrutan.

3. Informasi kepada Pihak Eksternal

Akuntansi yang dilakukan perusahaan sangat bermanfaat sebagai informasi ataupun laporan kepada pihak eksternal contohnya investor. Data pada laporan akuntansi akan diberikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham agar bisa diketahui apakah kegiatan usaha sudah berjalan seperti yang diharapkan atau belum. Data akuntansi juga akan dipakai oleh para investor atau pemegang saham sebagai bahan pertimbangan apakah mereka akan kembali menanamkan modalnya atau tidak.

banner consideration promotion bg blue

4. Acuan untuk Alokasi Sumber Daya

Manfaat selanjutnya dari laporan akuntansi yaitu sebagai acuan atau dasar untuk melakukan alokasi sumber daya perusahaan. Penempatan alokasi sumber daya seperti modal jika dilakukan secara tepat maka dapat menghasilkan laba sebagai salah satu cara pengembangan usaha. Di samping itu dengan memakai dasar laporan akuntansi maka keputusan yang diambil bisa dipertanggungjawabkan.

5. Alat untuk Melakukan Evaluasi

Manfaat akuntansi yang terakhir adalah sebagai alat untuk melakukan evaluasi. Perusahaan membutuhkan alat untuk melakukan evaluasi apakah bisnisnya berjalan sesuai rencana dan strategi yang telah ditetapkan atau tidak. Contohnya laporan keuangan yang dibuat setiap bulan bisa digunakan untuk melihat dan menganalisa apakah strategi pemasaran yang ditetapkan telah berjalan sebagaimana mestinya atau belum.

Selain itu bisa juga dilakukan evaluasi pada bagian mana dari usaha tersebut yang telah memberikan nilai tambah dan manakah yang membutuhkan pengeluaran berlebihan namun kurang efektif sehingga harus dikurangi.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Dari penjelasan diatas tampak jelas bahwa manfaat akuntansi sangat berkaitan dengan kemajuan dan perkembangan usaha. Berawal dari laporan akuntansi yang benar dan sehat maka sebuah usaha memiliki kesempatan untuk berkembang pesat.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami