Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Simak 5 Manfaat Baik Daun Hantap untuk Kesehatan Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
01 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat daun hantap untuk kesehatan yang penting dikonsumsi setiap hari.

Pernahkah kamu mencoba daun hantap? Tanaman herbal yang satu ini dikenal baik untuk kesehatan tubuh lho. Untuk bentuknya sendiri, daun hantap berbentuk lebar dan hampir menyerupai daun mangga dan di dalamnya terkandung zat fitokimia dan klorofil yang baik untuk kesehatan tubuh. Daun dengan nama ilmiah Sterculia Oblongata R. Brown ini banyak ditemukan dan tumbuh di berbagai dataran. Pada beberapa lokasi, daun ini disebut dengan nama berbeda yaitu: Kalumpang di Sumatera dan Lomes di Sulawesi. Lalu apa saja manfaat daun hantap yang telah dikenal luas di masyarakat ini?


Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari daun hantap, seperti:

1. Membantu Mengobati Panas Dalam


Daun hantap telah cukup lama dikenal mampu mengatasi panas dalam. Kamu bisa merasakan khasiatnya dengan mencoba mengolah daun hantap sebagai obat herbal alami. Untuk caranya bisa kamu lihat pada bagian paling akhir artikel ini, ya.

2. Mengatasi Sariawan


Selain itu, hantap juga dikenal dapat mencegah atau mengatasi sariawan akibat adanya panas dalam pada tubuh. Mengonsumsi airnya, dapat menjadi salah satu solusi atas kondisi yang cukup mengganggu ini. Tidak hanya itu, daun ini juga dipercaya mampu membuat mulut menjadi lebih sehat.

3. Melancarkan Buang Air


Daun hantap pun dikenal bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil atau meredakan gejala yang menjadi penyebab kondisi sulitnya buang air kecil tersebut. Tak hanya itu, tanaman ini juga dikenal mampu menyehatkan saluran kemih dengan membuatnya lebih bersih dan sehat karena bakteri serta kuman yang ada saluran tersebut dapat diusir oleh daun hantap.

4. Menyehatkan Pencernaan


Selain itu juga, daun hantap diyakini mampu melancarkan pencernaan. Hal ini karena adanya kandungan serat yang ada di dalamnya. Hantap juga dikenal baik untuk kesehatan usus karena tanaman ini secara alami bisa membuat usus tidak mudah terkena penyakit seperti peradangan ataupun yang lainnya.


Selain itu, daun yang dapat dijadikan obat herbal ini juga dipercaya dapat menyehatkan lambung, sehingga nutrisi dari makanan akan terserap dengan lebih optimal. Daun hantap juga kerap kali dijadikan sebagai obat maag karena dapat menetralkan asam lambung. Ada pula manfaat lain yang disebutkan bahwa daun ini dapat mengatasi perut kembung penyebab terjadinya mual dan muntah.

5. Membantu Proses Persalinan


Daun hantap juga dipercaya mampu membantu proses persalinan pada ibu hamil agar dapat berjalan dengan aman dan lancar. Namun, sebaiknya tetap konsultasikan dahulu penggunaan daun hantap dengan dokter kandungan supaya benar-benar aman dan tanpa resiko.

Cara Pengolahan Daun Hantap


Setelah memahami manfaatnya, perlu diketahui juga bahwa tanaman satu ini banyak dijadikan obat herbal. Bahkan, kamu bisa mengolahnya sendiri dengan cara yang terbilang mudah, yaitu:

  • Cuci bersih daun hantap yang telah dipetik menggunakan air hangat.
  • Masukan dalam gelas besar berisi air.
  • Peras daun tersebut hingga air berubah warna menjadi kehijauan juga sedikit berlendir.
  • Bisa diminum secara rutin (1 hari maksimal 2 kali).
  • Banyak juga yang mencampurkannya dengan lemon.

Demikian informasi mengenai berbagai manfaat daun hantap bagi kesehatan tubuh yang harus kamu tahu. Saking berkhasiatnya daun hantap telah banyak dikembangkan menjadi produk minuman jeli praktis yang juga dicampur dengan perasan lemon. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengkonsumsi daun hantap, Lemonizen?

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.