Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Simak 5 Manfaat Buah Pir yang Belum Kamu Sadari

Rizki Indra
Rizki Indra
24 Oct 2020
Clock Icon
4 menit
manfaat buah pir
Buah pir atau pear masih satu spesies dengan tumbuhan Pyrus communis yang juga termasuk anggota keluarga dari tumbuhan Rosaceae. Buah yang tumbuh di negara Eropa dan Asia ini memang mudah dijumpai di Indonesia. Kandungan yang terdapat di dalam pir seperti vitamin A, vitamin E, niasin, asam pantotenat, kolin, betain, kalsium, zat besi, fosfor, seng, dan selenium membuat buah yang segar ini menawarkan segudang manfaat. Apa saja manfaat buah pir untuk tubuh?
banner consideration shipping bg blue

1. Mengandung Antioksidan



Kandungan antioksidan glutathione yang terdapat di dalam pir membuat buah yang satu ini bermanfaat untuk tubuh. Glutathione sendiri adalah salah satu satu antioksidan yang dapat membantu pencegahan kanker, tekanan darah tinggi, dan juga stroke. Tidak hanya itu, manfaat pir juga bagus untuk mengurangi kadar lemak lipid dalam darah.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute sendiri menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi pir segar setiap hari bisa mencegah pertumbuhan kanker, mengurangi peradangan, dan menjaga tubuh dalam kadar pH yang seimbang.

2. Mencegah Sembelit



Manfaat buah pir selanjutnya sangat bagus untuk pencernaan. Kandungan serat yang tinggi di dalam pir juga sangat bagus untuk mencegah atau mengobati masalah pencernaan. Kandungan pektin yang terdapat di dalam pir juga membuat buah ini dianggap dianggap sebagai zat diuretik alami yang memiliki efek pencahar tingkat ringan.
banner consideration promotion bg blue

Apabila kamu tengah sembelit, cobalah makan satu atau dua buah pir dalam sehari. Hal ini akan membantu untuk mengatasi masalah sembelit. Tidak ada salahnya juga jika kamu mencampurkan potongan pir ke dalam smoothie untuk melancarkan pergerakan usus, mencegah retensi air di dalam tubuh, dan mengurangi rasa kembung.

3. Menjaga Kesehatan Tulang



Manfaat buah pir berikutnya adalah khasiatnya untuk menjaga tulang. Hal ini karena pir mengandung vitamin K dan zat boron yang bisa menjaga kesehatan tulang. Seperti yang kita tahu, kekurangan vitamin K sendiri bisa meningkatkan risiko penyakit tulang seperti osteoporosis.

Vitamin K sendiri berperan penting sama halnya dengan kalsium, magnesium, dan fosfor yang sama-sama bekerja sama untuk mencegah kerusakan tulang. Bahkan beberapa ahli kesehatan mengungkapkan bahwa vitamin K ini sebagai nutrisi terpenting yang bisa melawan osteoporosis.

4. Mencegah Diabetes



Kandungan flavonoid yang terdapat di dalam pir membuat buah ini bisa mencegah dan mengobati diabetes. Ungkapan ini didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan dari Center for Disease Control and Prevention. Pada penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap hari, dapat menurunkan secara signifikan risiko pembentukan diabetes.

Buah pir sendiri mengandung kadar indeks glikemik rendah yang baik untuk gula darah. Dalam satu porsi pir sendiri mengandung 26-28 gram karbohidrat. Selain karena kandungan seratnya yang tinggi, mengkonsumsi buah pir sendiri dianggap lebih efektif untuk menahan rasa ngidam makanan manis berkat seratnya yang bisa membuat perut kenyang lebih lama.

5. Sumber Vitamin C 



Di tengah pandemi ini, tubuh dituntut untuk mengkonsumsi vitamin C yang cukup untuk meningkatkan imunitas tubuh. Agar nutrisi dalam tubuh dapat terpenuhi, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi vitamin C. Pasalnya, buah pir merupakan sumber vitamin C alami tertinggi.

Dalam buah pir sendiri, terdapat kurang lebih 12% kebutuhan vitamin C (asam askorbat) harian yang dibutuhkan tubuh. Perlu kamu tahu, buah pir juga mengandung zat antioksidan tinggi yang bisa melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dan stres oksidatif, juga bermanfaat untuk melindungi sel DNA yang sehat, menghentikan mutasi sel, menjaga metabolisme yang sehat, dan memperbaiki jaringan yang rusak di dalam tubuh.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Dengan berbagai manfaat buah pir tersebut serta rasanya yang enak dan menyegarkan, tidak heran jika buah ini sangat disukai. Apakah kamu juga termasuk salah satu penggemar buah ini? 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.