Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Simak 5 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
24 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat daun suji yang penting untuk tubuh setiap hari.

Bagi masyarakat Indonesia, daun suji adalah salah satu bahan masakan yang umum digunakan dan sudah dikenal sejak ratusan tahun silam. Manfaat daun suji terbilang sangat beragam, salah satunya adalah untuk pewarna makanan dan dijadikan obat tradisional yang ampuh. Tanaman bernama latin Dracaena angustifolia ini dikenal sebagai sumber klorofil yang baik untuk kesehatan tubuh.


Cukup mudah untuk mengenali bentuk fisik dari daun suji, yakni dengan tampilan fisik berupa daun berwarna hijau gelap, berbentuk memanjang seperti pita, ujung runcing, dan bunga berwarna putih kekuningan. Dracaena angustifolia memiliki kandungan klorofil dan senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan tinggi. Manfaat daun suji bagi kesehatan sangatlah banyak, terdapat kandungan senyawa bioaktif seperti alkaloid, flavonoid, saponin, glikosida, tannin, terpenoid, dan polifenol. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi daun suji untuk kesehatan tubuh.

1. Mengobati Nyeri Haid


Bagi perempuan, nyeri haid adalah suatu kondisi yang umum dialami. Dismenore atau nyeri perut ini bisa dialami sebelum dan saat menstruasi. Dibanding mengonsumsi obat yang belum tentu aman dan manjur, lebih baik kamu mengobatinya dengan daun suji. Nyeri haid terjadi karena tubuh melepaskan hormon prostaglandin yang cukup banyak. Hormon ini memicu peradangan dan kontraksi pada otot rahim.


Senyawa saponin yang terdapat dalam daun suji diketahui ampuh meredakan peradangan seperti nyeri saat haid. Untuk membuat ramuannya, siapkan daun suji segar secukupnya, cuci hingga bersih. Rebus menggunakan air yang cukup banyak, tunggu hingga volume air berkurang setengahnya. Saring air rebusan daun suji, dinginkan selama beberapa saat. Minum ramuan sehat ini sebanyak satu gelas perhari untuk membantu meredakan nyeri haid.

2. Membantu Mengatasi Masalah Pernapasan


Ekstrak daun suji sudah dikenal sejak dulu sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengatasi masalah pernapasan. Masalah pernapasan seperti batuk dan sesak napas bisa diatasi dengan ramuan dari daun suji ini.


Ekstrak daun suji berkemampuan membunuh berbagai jenis bakteri penyebab penyakit pernapasan. Beberapa bakteri penyebab masalah pernapasan adalah Streptococcus pneumoniae dan Mycobacterium tuberculosis. Streptococcus pneumoniae adalah bakteri penyebab pneumonia dan Mycobacterium tuberculosis adalah bakteri penyebab TBC.

3. Meredakan Gejala Syok Anafilaktik


Syok anafilaktik adalah gejala reaksi alergi berat yang dapat mengancam jiwa dan dapat disebabkan oleh respons berlebih dari sistem imun terhadap suatu pemicu tertentu. Gejala yang sangat umum dialami oleh penderita syok anafilaktik adalah sulit bernapas, wajah menjadi bengkak, hilang kesadaran dan pusing. Kandungan flavonoid yang tinggi pada daun suji dapat membantu meminimalisir gejala syok anafilaktik. Daun suji juga baik digunakan untuk menjaga sistem imun tubuh.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol


Tubuh yang memiliki kadar kolesterol tinggi dapat memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya. Daun suji dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Ekstrak daun suji ini dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 50 persen. Dengan kadar kolesterol yang terkontrol, kamu akan terhindar dari penyakit berbahaya seperti hipertensi, stroke, dan jantung.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh


Tubuh membutuhkan pertahanan sistem imun yang kuat agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Kandungan senyawa flavonoid pada daun suji dapat mendukung kinerja sel-sel sistem imun untuk menghasilkan antibodi yang lebih kuat dan melawan infeksi. Tidak hanya bekerja melawan infeksi ringan, antibodi yang kuat mencegah tubuh terserang penyakit kronis seperti kanker. Daun suji memiliki kandungan senyawa triterpenoid yang terbukti ampuh membunuh sel kanker dalam tubuh.


Tak perlu khawatir, kamu bisa mendapatkan daun suji dengan mudah, karena bisa ditemukan di lingkungan sekitar. Demikianlah lima manfaat daun suji yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.