Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Simak 5 Manfaat Jagung yang Belum Kamu Sadari untuk Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
27 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
manfaat jagung
Tanaman yang memiliki nama latin Zea mays atau lebih dikenal sebagai jagung merupakan sumber bahan pokok yang biasa diolah masyarakat Indonesia. Tidak hanya rasanya yang manis dan lezat, nyatanya jagung menawarkan sejumlah khasiat untuk tubuh. Apa saja manfaat jagung yang tidak kamu sadari untuk tubuh? Simak ulasannya berikut ini.
banner consideration shipping bg blue

1. Mengatasi Konstipasi


Konstipasi atau sembelit adalah suatu keadaan dimana sistem pencernaan susah untuk mengeluarkan sisa makanan yang masuk, dalam bentuk feses. Untuk mengatasi sembelit alias konstipasi ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti memperbanyak minum air putih, memperbanyak aktivitas fisik (olahraga), dan juga memperbaiki pola makan.

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat bisa dijadikan sebagai obat pencahar alami yang baik untuk membantu mengatasi konstipasi. Manfaat jagung dalam hal ini bisa membantu kamu untuk mengurangi mengatasi konstipasi yang bisa mengganggu organ pencernaan.  Kamu bisa mengolah jagung dengan cara direbus biasa, maupun dibuat dalam berbagai olahan lainnya.

2. Menurunkan Risiko Diabetes



Jagung merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan indeks glikemik rendah sehingga baik untuk kamu yang menderita diabetes. Kandungan karbohidrat dalam jagung sendiri merupakan karbohidrat kompleks, yang juga mengandung serat dan protein. Kombinasi ketiga nutrisi ini dapat dicerna secara lambat oleh tubuh dan juga bisa mengendalikan kadar gula darah karena serat memperlambat kecepatan tubuh memecah karbohidrat (glukosa) untuk dilepaskan ke dalam aliran darah.

Bagi kamu yang menderita diabetes, harus memilih sumber karbohidrat yang bijak, karena karbohidrat bisa menaikkan kadar gula darah. oleh karena itu, dalam hal ini tidak ada salahnya mengonsumsi jagung untuk menurunkan risiko diabetes.

3. Baik untuk Jantung



Manfaat jagung yang kaya akan kandungan nutrisi di dalamnya juga bisa menjaga kesehatan jantung. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan protein serta menghindari lemak jahat, merupakan salah satu faktor penting yang bisa dilakukan dalam pencegahan penyakit jantung.
banner consideration promotion bg blue

Bagi mereka yang rutin mengkonsumsi jagung maupun jenis kacang-kacangan sebagai pengganti nasi putih, dipercaya memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak. Tidak hanya itu, kandungan senyawa fitokimia fenolik yang terdapat dalam jagung juga bisa mengendalikan tekanan darah tinggi.

4. Menjaga Kesehatan Mata



Si kuning yang bercita rasa manis gurih ini juga diperkaya akan kandungan vitamin C, vitamin B, dan juga magnesium yang baik untuk tubuh. Misalnya saja kandungan vitamin C dalam jagung yang berperan penting dalam menunjang perbaikan sel, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memiliki sifat anti-penuaan, sementara vitamin B berperan penting dalam pengolahan energi.

Tidak hanya itu, jagung merupakan salah satu sumber pangan yang kaya akan antioksidan dibanding banyak biji-bijian sereal lainnya, seperti lutein, zeaxanthin, asam ferulat, dan beta-karoten. Kandungan Karotenoid (lutein, beta-karoten, dan zeaxanthin) yang ditemukan dalam jagung dikenal dapat mampu menunjang sistem imun tubuh dan telah terbukti berperan penting dalam kesehatan mata, bahkan terkait dengan penurunan risiko dari degenerasi makula dan katarak.

5. Mencegah Penyakit Divertikulosis



Penyakit divertikular, atau dikenal sebagai divertikulosis sendiri merupakan salah satu penyakit pencernaan yang ditandai dengan munculnya kantong-kantong kecil (divertikula), di sepanjang usus besar. Gejala utama penyakit ini sendiri adalah diawali dengan kram maupun perut kembung. Bahkan pada kasus terparah, divertikulosis dapat memicu perdarahan dan infeksi. 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah lima manfaat jagung untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk menambahkan jagung dalam menu sehat kamu ya! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.