Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Simak 5 Penyebab Keringat Berlebihan dan Cara Mengatasinya

Rizki Indra
Rizki Indra
26 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak penyebab keringat berlebihan yang wajib diketahui sejak dini.

Kondisi memiliki keringat berlebih memang sangat mengganggu. Keringat berlebihan juga disebut dengan hyperhidrosis. Pada dasarnya, terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab keringat berlebihan yang umumnya disebabkan oleh suhu lingkungan yang terlalu panas atau olahraga yang berlebihan.

banner consideration shipping bg blue

Sebenarnya kondisi tubuh berkeringat merupakan respons fisiologi untuk melepas panas pada tubuh agar terjadi keseimbangan sistem tubuh. Kondisi tersebut merupakan respons tubuh yang normal ketika kamu melakukan kegiatan yang menguras tenaga atau merasakan emosi tertentu seperti marah, grogi, atau takut. Namun berbeda dengan kondisi tubuh yang mengalami keringat berlebih yang cenderung terjadi tanpa adanya penyebab yang signifikan.

Biasanya penyebab keringat berlebihan terjadi karena adanya penyakit tertentu. Inilah beberapa penyebab keringat berlebihan:


1. Mengalami Gangguan Fungsi Saraf

Kondisi seseorang yang mengalami keringat berlebih pada bagian tubuh tertentu disebut sebagai hyperhidrosis focal primer. Penyebab keringat berlebihan jenis ini biasanya disebabkan karena adanya gangguan fungsi sistem saraf, tetapi bukan termasuk suatu penyakit. Seseorang yang mengalami jenis keringat berlebih ini akan mengalami kelebihan keringat pada area tertentu. Seperti pada bagian telapak tangan, telapak kaki, lipat paha, ketiak, wajah, dan kepala.

2. Mengidap Penyakit Kronis

Penyebab keringat berlebihan yang terjadi di seluruh tubuh atau disebut secondary general hyperhidrosis. Kondisi ini dipicu dari adanya penyakit kronis yang diderita seseorang. Beberapa penyakit kronis yang menjadi penyebab keringat berlebihan adalah gagal jantung, kanker (limfoma dan leukemia), stroke, diabetes, gangguan paru-paru.

3. Kecanduan Minuman Beralkohol

Penyebab keringat berlebihan di sekujur tubuh juga disebabkan karena kecanduan minum minuman beralkohol. Pada dasarnya minuman yang mengandung alkohol sebaiknya tidak dikonsumsi secara terus menerus karena dapat mengganggu sistem dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi minuman bernutrisi seperti jus buah, susu, air putih. Agar tubuh selalu sehat.

banner consideration promotion bg blue

4. Sedang dalam Pengobatan atau Mengonsumsi Suplemen Tertentu

Secondary general hyperhidrosis juga dapat disebabkan karena kamu mengonsumsi suplemen tertentu. Selain itu seseorang yang sedang menjalani suatu pengobatan juga dapat mengalami keringat berlebih di seluruh tubuhnya.

5. Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Penyebab keringat berlebihan di seluruh tubuh seseorang juga bisa diakibatkan oleh obat-obatan yang dikonsumsi. Seperti obat antibiotik, obat untuk mulut kering, obat untuk tekanan darah, obat untuk menangani masalah mental.

Cara Mengatasi Keringat Berlebihan


1. Menggunakan Deodoran

Cara pertama untuk mengatasi keringat berlebihan yang harus kamu lakukan yaitu menggunakan deodoran. Keringat berlebihan dapat menyebabkan bau badan, sehingga sangat mengganggu dan membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Di dalam produk-produk deodoran biasanya mengandung garam aluminium. Sehingga ketika diaplikasikan ke kulit ketiak alan membantu menghalangi keringat dan mencegah bau badan.

2. Menggunakan Pakaian yang Nyaman dan Menyerap Keringat

Cara selanjutnya untuk mengatasi keringat berlebih dengan menggunakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Seperti kain katun, selain mudah menyerap keringat kain katun juga nyaman dan terasa lebih sejuk saat digunakan. Hindari menggunakan warna-warna pakaian yang gelap. Terutama warna hitam karena warna tersebut mudah menyerap panas. Gunakan warna terang yang bisa memantulkan sinar matahari.

3. Berkonsultasi dengan Dokter

Untuk menghentikan keringat berlebih pada tubuh, kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter atau seorang ahli di bidangnya. Jangan sampai menggunakan cara-cara yang membahayakan seperti mengonsumsi obat-obatan tertentu tanpa resep dokter.


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah penjelasan mengenai penyebab keringat berlebihan dan cara mengatasinya. Pastikan kamu selalu menjaga kesehatan agar sistem dalam tubuh tetap bekerja dengan normal. Dengan begitu, kondisi keringat berlebih bisa dicegah dan dihindari.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.