Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Simak 5 Perawatan Skizofrenia yang Baik dan Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
10 May 2021
Clock Icon
4 menit

Istilah Skizofrenia mungkin terdengar cukup asing di telinga orang awam. Stigma yang menempel di sebagian masyarakat, pengidap skizofrenia sering disebut seseorang yang mengalami gangguan jiwa/ODGJ karena mereka sering berhalusinasi akibat jiwanya terganggu. Hal inilah yang membuat beberapa orang melakukan cara penanganan yang salah seperti dipasung atau diasingkan, padahal upaya perawatan skizofrenia sangat penting dilakukan dengan baik dan benar. Nah, lalu bagaimana perawatan yang baik dan efektif untuk skizofrenia? Berikut ulasannya:


banner consideration shipping bg blue

1. Pelajari Penyakit Skizofrenia Lebih Dalam

perawatan skizofrenia

Skizofrenia merupakan gangguan mental yang umum ditemukan secara global, ditandai dengan ketidakmampuan untuk membedakan mana kenyataan dan imajinasi. Gejala dari skizofrenia biasanya penderita sering mendengar suara-suara dari dalam kepala atau melihat sesuatu yang tidak nyata.


Namun, tidak diketahui pasti penyebab penyakit ini, pada umumnya kemunculan gejala dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari genetik, trauma, hingga penyalahgunaan narkoba. Mendalami penyakit skizofrenia, gejala, dan pengobatannya akan membantumu membuat keputusan tentang cara terbaik mengatasi gejala, memotivasi penderita, menangani kemunduran, dan bekerja sama untuk sembuh.


2. Berkonsultasi dengan Komunitas Skizofrenia

perawatan skizofrenia

Untuk bisa memberikan dukungan dan perawatan yang lebih baik lagi, kamu membutuhkan bantuan dari pihak luar. Bertemu dan berdiskusi dengan mereka yang memahami benar tentang penyakit skizofrenia dan situasi yang kamu hadapi saat ini akan membantu meringankan rasa stres, frustasi dan ketakutan.


Komunitas keluarga penderita dan institusi bantuan kesehatan dapat menjadi tempat yang sangat bermanfaat bagi keluarga penderita skizofrenia untuk berbagi pengalaman, saran dan informasi bagaimana mengatasinya. Tanyakan kepada dokter atau terapis tentang layanan dukungan lain yang tersedia di daerah kamu, atau hubungi rumah sakit lokal dan klinik kesehatan mental yang terpercaya.


3. Pandu Penderita Mendapatkan Perawatan Medis

perawatan skizofrenia

Banyak pengidap skizofrenia yang malah diasingkan bahkan dipasung adalah karena adanya anggapan bahwa pengidap skizofrenia itu berbahaya. Padahal, anggapan bahwa orang gila selalu “gila” itu salah, gejala skizofrenia tidak selalu hadir setiap saat dan bisa saja hanya akan muncul jika dipicu oleh satu dan lain hal. Maka akan ada saat di mana penderita bisa berinteraksi seperti orang normal pada umumnya.

banner consideration promotion bg blue


Pengidap skizofrenia sering tidak menyadari keadaan mereka, sampai mereka mendapatkan perawatan. Memotivasinya untuk melakukan perawatan medis agar mengelola gejalanya adalah cara yang baik untuk menangani lebih awal.


4. Selalu Dampingi Penderita

perawatan skizofrenia

Penting untuk memastikan bahwa penderita skizofrenia tetap di jalur pemulihan yang benar, sekalipun sudah keluar dari rawat inap. Penderita dapat menghentikan perawatan skizofrenia atau berhenti pergi ke dokter untuk terapi tindak lanjut. Dorongan dan dukungan kamu adalah yang paling penting baginya untuk dapat melanjutkan terapi tersebut.


Strategi self-help dengan mengubah gaya hidup juga dapat direkomendasikan untuk memulihkannya. Mulai dari menerapkan pola makan sehat, bagaimana mengelola stres, berolahraga, berhenti merokok, dan bergabung dengan kelompok dukungan serupa.


5. Jangan Iyakan Imajinasinya

perawatan skizofrenia

Mereka yang berhubungan dekat dengan penderita skizofrenia sering tidak yakin bagaimana caranya merespon ketika mereka membuat pernyataan yang aneh atau jelas-jelas salah. Bagi penderita skizofrenia, keyakinan aneh atau halusinasi akan tampak nyata. 


Daripada mengiyakan imajinasinya, kamu dan anggota keluarga lain dapat memberitahu mereka bahwa kamu tidak melihat dan mendengar hal-hal tersebut, atau tidak setuju dengan pemikirannya sambil tetap mengakui apa yang dirasakan pasien. Sebaiknya, ubah topik pembicaraan ke hal lain yang kamu berdua sama-sama setuju atau ganti topik yang berbeda.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Itulah perawatan skizofrenia yang baik dan efektif digunakan. Diharapkan dengan ulasan ini, kita bisa lebih memahami bagaimana cara merawat orang yang memiliki kondisi skizofrenia. Kamu juga akan sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental supaya perawatan skizofrenia bisa berjalan sesuai anjuran medis dan aman.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.