Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Simak 6 Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Cara meningkatkan imun tubuh penting dilakukan agar tubuh sehat.

Memahami bagaimana cara meningkatkan imun tubuh adalah hal penting yang harus dilakukan. Sebab, imunitas tubuh ibarat benteng pertahanan kesehatan, yang harus tetap kuat dan terjaga jika kamu ingin terhindar dari berbagai ancaman penyakit. Terlebih lagi disaat pandemi Covid-19 seperti sekarang yang  belum menunjukkan tanda akan usai dan kita sudah harus beradaptasi melakukan aktivitas seperti biasa dengan tetap memperhatikan kesehatan.

banner consideration shipping bg blue

Selain melakukan pencegahan dengan menerapkan protokol kesehatan, penting juga untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Nah, lantas bagaimana cara meningkatkan imun tubuh tersebut? Simak ulasan berikut:

1. Banyak Makan Sayur dan Buah


Mengonsumsi makanan nabati seperti sayur dan buah dapat membantu cara meningkatkan imun tubuh kamu berfungsi dengan baik. Hal ini karena sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral, yang bisa membantu imunitas dan organ-organ tubuh berfungsi dengan baik.  Selain itu, buah dan sayur berwarna cerah menandakan mengandung tinggi antioksidan, dimana antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel imun tubuh.

Lebih dari itu, konsumsi rempah-rempah seperti cengkeh, jahe dan jintan, juga dapat membantu tubuh melawan infeksi. Sebab, berbagai rempah ini mengandung sifat antivirus dan antimikroba di dalamnya. Maka pastikan selalu masukkan sayur, buah, dan rempah-rempah di menu harian kamu.

2. Rutin Berolahraga


Olahraga yang dilakukan secara rutin dipercaya dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung dan infeksi akibat virus serta bakteri. Oleh karena itu, pastikan kamu menyempatkan diri berolahraga setiap harinya agar imunitas tubuh tetap terjaga ya Lemonizen!

3. Tidur Cukup dan Berkualitas


Pada dasarnya tubuh memiliki kemampuan untuk melakukan penyembuhan dan regenerasi sendiri ketika tidur. Itulah sebabnya tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk mendukung proses imunitas tubuh. Ketika kamu kurang tidur, imun tubuh akan terganggu sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya dengan optimal.

banner consideration promotion bg blue

4. Minum Suplemen Vitamin C


Pada beberapa kondisi, memenuhi asupan vitamin dari makanan saja belum bisa mencukupi kebutuhan harian tubuh. Salah satu asupan vitamin yang tidak boleh sampai kurang adalah vitamin C. Hal ini karena kekurangan vitamin C dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga rentan terkena infeksi penyakit.

5. Tetap Terhidrasi


Hidrasi memang tidak selalu melindungi kamu dari terkena kuman dan virus, tetapi mencegah dehidrasi penting bagi kesehatan kamu. Ketika sedang dehidrasi kamu akan merasakan gejala sakit kepala dan terhambatnya kinerja fisik, fokus, suasana hati, pencernaan, serta mengganggu fungsi jantung dan ginjal. Komplikasi ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit.

Untuk mencegah dehidrasi, kamu harus memenuhi cakupan cairan setiap harinya. Air mineral baik bagi tubuh karena bebas dari kalori, zat tambahan, dan gula. Sedangkan teh dan jus juga melembabkan, tetapi kamu harus batasi asupan jus buah dan teh manis karena kandungan gula yang tinggi. Sebaiknya kamu minum ketika haus dan berhenti ketika tidak lagi haus.

6. Kelola Stress dengan Baik dan Optimal


Menghilangkan stres dan kecemasan adalah kunci meningkatkan kekebalan tubuh. Stres dalam jangka panjang malah akan meningkatkan inflamasi dan ketidakseimbangan dalam fungsi sel imun. Terutama stres psikologis berkepanjangan dapat menekan respons imun pada anak-anak.

Aktivitas yang dapat membantu kamu mengelola stres, yaitu meditasi, olahraga, yoga, dan lainnya. Kamu juga dapat memperoleh manfaat dengan menemui konselor atau terapis berlisensi, baik secara langsung maupun langsung untuk konsultasi.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah 6 cara meningkatkan imun tubuh yang efektif. Mengingat betapa pentingnya imun tubuh, maka diharapkan berbagai cara ini bisa membantu kamu mendapatkan daya tahan tubuh yang lebih optimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.