Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Simak 6 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat daun kelor yang penting untuk tubuh.

Pernah mendengar nama tanaman kelor yang ‘mitosnya’ dapat digunakan untuk mengusir makhluk halus? Faktanya, tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bagian daun pada tanaman kelor seringkali dimanfaatkan sebagai bahan dari obat herbal. Kandungan vitamin dan mineral dalam daun kelor memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya, simak manfaat daun kelor berikut ini.

banner consideration shipping bg blue

1. Menyembuhkan Kanker


Manfaat pertama dari daun kelor  adalah dapat membantu menyembuhkan kanker. Ekstrak daun kelor memiliki kandungan niazimicin yang dikenal sebagai senyawa penekan sel kanker. Tidak hanya itu saja, daun kelor juga memiliki kandungan beta sitosterol yang dikenal baik dalam mengobati pembesaran prostat dan meminimalisir pertumbuhan sel kanker prostat.

Beta sitosterol ini juga dapat membantu menekan pertumbuhan kanker pada usus besar. Sifat anti inflamasi pada beta sitosterol akan membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu meredakan kram.

2. Sebagai Zat Antioksidan


Daun kelor memiliki kandungan senyawa antioksidan tinggi yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Apabila tingkat radikal bebas tinggi, tubuh akan mengalami stres oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 atau penyakit jantung.

Daun kelor juga memiliki kandungan vitamin C dan betakaroten seperti quercetin serta asam klorogenik. Sebuah penelitian mengungkapkan jika wanita yang mengkonsumsi 7 gram bubuk daun kelor secara rutin selama 3 bulan akan membuat kadar antioksidan dalam darah meningkat.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol


Daun kelor memiliki kandungan alami yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan risiko terkena penyakit jantung meningkat. Selain daun kelor, makanan lain yang juga bekerja efektif dalam menurunkan kolesterol adalah almond, oatmeal, dan biji rami. Efek penurunan kolesterol pada daun kelor terbukti efektif dan cepat.

banner consideration promotion bg blue

4. Menyehatkan Mata


Wortel, pepaya, dan tomat diketahui sebagai makanan yang dapat membantu menyehatkan mata. Daun kelor juga termasuk sebagai salah satu tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Berkat kandungan antioksidan tinggi ini, daun kelor dapat mengurangi timbulnya gangguan penglihatan. Daun kelor dapat mencegah pelebaran pada pembuluh retina, menghambat disfungsi retina, dan mencegah penebalan membrane kapiler.

5. Sebagai Anti Penuaan


Kandungan antioksidan tinggi dalam daun kelor dapat mencegah penuaan dini. Daun kelor yang dapat menangkal radikal bebas akan secara otomatis memperlambat efek penuaan dini dan menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. Selain itu, daun kelor juga memiliki kandungan hormone sitokinin melimpah yang disebut zeatin dan dihydrozeatin. Jumlah zeatin dalam daun kelor termasuk paling tinggi diantara zeatin pada tumbuhan atau tanaman lain. Senyawa sitokinin inilah yang berperan penting dalam memperlambat penuaan.

6. Menyehatkan Pencernaan


Untuk kamu yang memiliki permasalahan pencernaan seperti maag dapat menggunakan daun kelor sebagai obatnya. Mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Manfaat ini berkaitan erat dengan fungsi daun kelor sebagai anti inflamasi. Penyakit pencernaan seperti maag dapat membaik secara signifikan dengan cara mengkonsumsi daun kelor secara rutin.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Gangguan lambung seperti sembelit, kolitis ulseratif, dan gastritis bisa disembuhkan dengan menggunakan ekstrak daun kelor. Sifat antibakteri dan antibiotik dalam daun kelor dapat membantu memperlambat pertumbuhan bakteri seperti patogen dan kandungan vitamin B di dalamnya dapat membantu menjaga pencernaan.

Demikianlah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Daun kelor memang termasuk tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Jadi, mulai sekarang jangan ragu untuk mengkonsumsi daun kelor agar bisa mendapatkan berbagai manfaatnya ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.