Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Simak 6 Tips Membuat Rumah Tangga Selalu Terasa Bahagia

Rizki Indra
Rizki Indra
20 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak tips rumah tangga bahagia yang bisa diterapkan dengan mudah.

Salah satu tujuan orang saat menikah adalah untuk memperoleh kebahagiaan dalam dirinya. Namun dalam menjalani rumah tangga, seringkali ada banyak rintangan yang harus dialami oleh pasangan. Baik itu rintangan kecil maupun besar. Lalu bagaimana tips membangun rumah tangga agar kehidupan setelah menikah terasa lebih bahagia dan harmonis? Berikut beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan untuk membangun rumah tangga yang bahagia. Let's jump to the list!

1. Meluangkan Waktu


Tips rumah tangga bahagia yang pertama adalah meluangkan waktu. Dalam dunia Psikologi, makna cinta dijabarkan dengan sangat luas. Namun dalam praktik rumah tangga, keberadaan cinta saja tidak cukup untuk membuat masing-masing pasangan berbahagia.


Ada banyak sekali persoalan yang dianggap realistis yang perlu dikerjakan sehingga bisa meningkatkan keharmonisan rumah tangga, salah satunya adalah meluangkan waktu untuk pasangan dan keluarga kecil di rumah. Dalam hal ini, meluangkan waktu diartikan sebagai upaya mencoba memberikan waktu untuk keluarga bagaimanapun keadaannya. Misalnya dengan meluangkan waktu bermain dengan anak, memberikan waktu istirahat pada pasangan atau mengajak keluarga liburan bersama.

2. Menjaga Ucapan


Saat hidup bersama dengan orang lain dalam satu atap sebagai suami dan istri, sejatinya keduanya memang telah bersepakat untuk menerima pasangannya dengan sepenuh hati. Akan tetapi, tiap-tiap manusia bakal melewati hidup yang naik-turun. Apabila orang tersebut merasa bahagia, tentu tidak akan menjadi masalah bagi keduanya. Malah pihak pasangan akan ikut merasa senang atasnya.


Tapi bagaimana saat mereka dirundung kesulitan dan kesedihan? Disini, peran keluarga ialah untuk saling memberikan semangat dan dukungan untuk pasangannya. Cobalah untuk hanya menggunakan kata-kata positif yang dapat membangun hubungan baik sekaligus membuktikan bahwa Anda selalu mendukung pasangan Anda, jangan membanding-bandingkan pasangan, berkata kasar pada pasangan.

3. Saling Mengalah


Ketika seseorang memutuskan untuk menjejakkan hidupnya pada mahligai rumah tangga, maka mereka tidak lagi anak-anak yang enggan berpikir panjang. Pada fase ini, Anda harus bisa menanamkan dan menerapkan sikap saling mengalah di antara pasangan. Pikiran dan sikap egois harus benar-benar dihilangkan agar bisa hidup bersama dengan bahagia.


Memang, menghilangkan sifat egois dalam diri bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan, tapi jika berhasil tentu akan berguna untuk jangka waktu yang lama. Semisal saja ketika terjadi ketegangan dalam rumah tangga, Anda dapat menggunakannya untuk membuktikan bahwa Anda bisa mengalah untuk pasangan.


Sebagaimana diketahui, saat rasa marah bergejolak di dalam hati, seseorang cenderung akan mengambil keputusan yang salah. Karenanya, mengalahlah saat hubungan rumah tangga menegang dan kembali bicarakan duduk perkara yang dihadapi saat kepala juga hati sudah lebih tenang.

4. Saling Menjaga Hak dan Kewajiban


Bisa dibilang, rumah tangga seperti struktur organisasi tersederhana yang dibentuk bersama orang terdekat kita. Dimana ayah akan berperan sebagai seorang pemimpin, ibu sebagai manajer, dan anggota keluarga lainnya sebagai supervisor untuk diri masing-masing. Hak dan kewajiban setiap anggota keluarga harus dijalankan dengan baik agar rumah tangga bisa berjalan lancar dan bahagia.

5. Menjaga Komunikasi


Cukup banyak keluarga modern saat ini yang menjadikan komunikasi sebagai salah satu masalah terbesar dalam rumah tangganya. Mereka tidak lagi bisa menyempatkan diri meski hanya untuk mengobrol dengan nyaman dan menanyakan apa keperluan masing-masing anggota keluarga. Inilah yang kemudian memicu beragam konflik dalam rumah tangga yang akhirnya melahirkan keluarga tak harmonis. Supaya bisa menjaga komunikasi yang baik dengan keluarga, jangan lupa sempatkan untuk saling mengirim kabar. Bila tidak bisa bertemu secara langsung, komunikasi dengan keluarga tetap bisa dijalin melalui telepon atau pesan singkat.

6. Hubungan Intim


Hubungan intim kerap menjadi permasalahan utama dalam sebuah rumah tangga. Sebagian orang mengklaim bahwa hubungan intim adalah kunci utama rumah tangga bahagia. Hal ini karena seks sudah menjadi naluri dan juga kebutuhan rohani manusia. Untuk itu jangan lupa diskusikan masalah ini pada pasangan.


Itulah beberapa tips rumah tangga bahagia yang bisa dicoba. Semoga dengan mengetahui hal ini, Anda bisa menjaga keharmonisan dengan pasangan menjadi lebih baik!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.