Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Simak 7 Cara Membagi Waktu Kerja dan Keluarga yang Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
20 May 2021
Clock Icon
3 menit
Cara membagi waktu kerja dan keluarga sangat mudah dilakukan.

Apakah kamu termasuk orang yang sering disibukkan pekerjaan? Rutinitas pekerjaan yang super padat memang seringkali menyita waktu kamu setiap hari. Meski demikian, bukan berarti kamu harus selalu memprioritaskan pekerjaan sampai lupa meluangkan waktu bersama keluarga. Kamu harus bisa mengatur cara membagi waktu kerja dan keluarga. Lakukan beberapa cara berikut agar mudah membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan.

banner consideration shipping bg blue

1. Jangan Selalu Mengiyakan Tawaran Kerja


Tidak semua tawaran pekerjaan harus kamu terima. Tawaran pekerjaan memang sering datang pada saat-saat yang tidak tepat sehingga kamu harus mampu memilahnya.

Cara membagi waktu kerja dan keluarga dengan mempertimbangkan matang-matang apakah pekerjaan yang ditawarkan bersifat mendesak atau masih bisa ditunda pengerjaannya. Terutama jika tawaran datang saat akhir pekan, sebaiknya kamu menolaknya. Akhir pekan adalah waktu yang tepat berkumpul bersama keluarga, jangan sampai pekerjaan menyita semua waktu kamu.

2. Rencanakan Liburan Bersama Keluarga


Perencanaan sangatlah penting agar kegiatan yang diatur berjalan lebih terarah. Untuk urusan liburan bersama keluarga, sebaiknya kamu membuat perencanaannya sejak jauh-jauh hari.

Tentukan hari dan tanggal liburan kamu bersama keluarga, tempat destinasi, transportasi, hingga budget yang perlu dikeluarkan. Membuat perencanaan akan memudahkan kamu mengatur jadwal pekerjaan agar tidak bentrok dengan rencana liburan.

3. Jaga Komunikasi Keluarga


Walaupun disibukkan dengan urusan pekerjaan, kamu harus tetap menjalin komunikasi baik dengan keluarga. Sempatkan waktu untuk menghubungi keluarga di sela-sela bekerja. Terutama bagi kamu yang bekerja jauh dari keluarga.

Tidak harus lama-lama, asal kamu sudah menjaga komunikasi melalui fitur chat, video call, atau media sosial, dan lainnya. Penting untuk mengetahui keadaan dan perkembangan anggota-anggota keluarga kamu. Namun, kamu juga harus terus menjaga komunikasi baik dengan orang-orang di lingkungan kantor sehingga keharmonisan antara rekan kerja maupun atasan tetap terjalin.

banner consideration promotion bg blue

4. Manfaatkan Jatah Cuti


Setiap karyawan memiliki jatah cutinya masing-masing dalam setahun. Sejak awal masa kerja, kamu bisa merencanakan penggunaan jatah cuti tersebut.

Mulailah rencanakan cuti kamu untuk hari-hari penting ataupun acara penting dalam keluarga, seperti hari pernikahan saudara, liburan keluarga, dan hari penting lainnya.

5. Selalu Pulang Kerja Tepat Waktu


Pulang kerja tepat waktu penting dilakukan setiap hari. Usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan sampai tuntas tepat waktu ketika berada di kantor.

Hal ini agar kamu tidak perlu sering lembur karena pekerjaan yang masih menumpuk. Saat di rumah kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk bercengkrama bersama keluarga tercinta.

6. Jangan Membawa Pulang Pekerjaan Kantor


Membawa pulang pekerjaan kantor sama buruknya dengan melakukan lembur. Saat bekerja di rumah konsentrasi kamu akan tersita untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Jika tidak ada pekerjaan yang mendesak, sebaiknya selalu menyelesaikan pekerjaan di kantor. Tubuh dan pikiran kamu juga butuh istirahat setelah seharian lelah beraktivitas.

7. Tidak Mengurus Pekerjaan di Hari Libur


Hari libur adalah waktu yang tepat untuk bersantai di rumah bersama keluarga tercinta. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak membiasakan diri mengurus pekerjaan di hari libur.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Kamu tidak perlu membuka laptop untuk mengakses pesan di email atau membuka-buka file pekerjaan ketika hari libur tiba. Nikmati waktu libur untuk memulihkan tenaga dan semangat kamu. Banyak aktivitas seru yang bisa dinikmati  bersama keluarga daripada mengurus pekerjaan terus-menerus.

Itulah cara membagi waktu kerja dan keluarga yang efektif. Semoga bermanfaat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.