Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Simak 7 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

Rizki Indra
Rizki Indra
17 Jun 2021
Clock Icon
4 menit
Makanan yang mengandung karbohidrat wajib dikonsumsi setiap hari.

Secara umum, makanan yang mengandung karbohidrat merupakan sumber energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Inilah mengapa, banyak makanan yang menyimpan karbohidrat biasanya disebut sebagai pangan pokok. Selain itu, semua jenis makanan tersebut pada dasarnya merupakan kombinasi antara gula serat dan pati bersama protein dan lemak.

banner consideration shipping bg blue

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, sumber karbohidrat selalu identik dengan nasi. Namun, sebenarnya sumber karbohidrat sendiri dapat berasal dari berbagai macam makanan, termasuk buah juga sayur. Inilah 7 makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi berikut ini.

1. Jagung


Kandungan karbohidrat dari makanan pokok di banyak negara ini terbilang sangat tinggi. Dalam setiap 100 gram jagung menyimpan cadangan sebanyak 25 gram karbohidrat dan 3,36 protein. Karena dinilai lebih sehat, jagung sering dijadikan alternatif pengganti nasi.

Bahkan dalam dalam sebuah studi, jagung diketahui memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol dan kadar gula darah. Cara mengolah jagung yang paling mudah dan sehat yaitu dengan merebusnya.

2. Ubi jalar


Ubi jalar sangat populer sebagai alternatif kudapan yang sehat. Karena selain mengandung mengandung karbohidrat, vitamin A dan C, ubi jalar juga diketahui memiliki kandungan nutrisi, seperti, kalium, dan serat. Bahkan varian ubi jalar ungu, memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berfungsi sebagai antitumor dan dapat mencegah kanker. Ubi jalar dapat disajikan dengan cara merebus atau membakarnya tanpa harus menambah bumbu.

3. Kacang Merah


Berikutnya ada kacang merah yang merupakan sumber makanan karbohidrat dari kacang-kacangan. Kacang yang juga mengandung protein dan serat ini merupakan jenis legum. Selain itu diketahui kacang merah juga mengandung kalium dan zat besi. Kacang merah mengandung sekitar 22 gram karbohidrat dalam setiap 100 gramnya.

banner consideration promotion bg blue

4. Quinoa


Selanjutnya ada quinoa yang dikenal tinggi serat dan protein. Satu cangkir quinoa mengandung 39,41 gr karbohidrat dan 1,61 gula. Quinoa juga kaya akan mineral seperti magnesium, fosfor, dan kalium. Quinoa diketahui dapat membantu menurunkan berat badan. juga membantu mengontrol kadar gula darah.

5. Oat


Oat berasal dari gandum utuh ini mengandung karbohidrat yang cukup tinggi dan kaya akan serat. Sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Selai itu oat juga sangat cocok untuk penderita jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan obesitas.

Selain karbohidrat, oat juga memiliki kandungan niasin, vitamin B6, folat, dan tiamin. Oat bahkan dikenal sebagai sumber riboflavin. Sebuah nutrisi yang mampu mengubah karbohidrat menjadi sel darah merah.

6. Pisang


Buah pisang dapat dengan mudah ditemukan dan biasa dijadikan camilan. Faktanya, sebuah pisang berukuran sedang mengandung karbohidrat sebesar 26,95 gram. Sama seperti ubi, pisang juga kaya akan kalium, vitamin A dan C. Karena kandungan potasiumnya ini, pisang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

7. Kurma


Makanan yang mengandung karbohidrat terakhir adalah kurma. Kurma terdiri dari berbagai jenis dan dan diketahui memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Diantaranya adalah menstabilkan gula darah, mencegah anemia hingga meningkatkan kesuburan. Karenanya kurma bagus untuk dijadikan sebagai camilan atau makanan penutup. Dalam satu buah kurma terdapat 17,99 gram karbohidrat.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Selain itu, buah kurma juga memiliki kandungan serat, vitamin A, fosfor, dan kalsium. Pada umumnya kurma diketahui memiliki dua jenis olahan yaitu dalam bentuk segar dan dikeringkan. Bila kulit kurma berkerut, artinya kurma tersebut kering sementara, kulit kurma yang masih halus, menandakan kurma tersebut adalah kurma segar.

Itu tadi ulasan mengenai 7 makanan yang mengandung karbohidrat. Karbohidrat memegang peran yang penting untuk kesehatan tubuh, jadi pastikan kamu tidak melewatkan berbagai jenis makanan ini ya. Semoga bermanfaat!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.