Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Simak 7 Manfaat Baik Daun Sambung Nyawa Bagi Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
28 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan berbagai manfaat daun sambung nyawa yang penting.

Daun sambung nyawa biasa dikenal juga dengan nama daun dewa. Daun yang memiliki nama latin Gynura procumbens tersebut dipercaya sebagai salah satu tumbuhan yang bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini tidak terlepas dari adanya berbagai senyawa aktif di dalam daun sambung nyawa. Mulai dari tanin, saponin, flavonoid, dan lain sebagainya. Dari senyawa itulah daun ini bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Untuk lebih lengkap, berikut ini ada beberapa manfaat daun sambung nyawa yang perlu kamu ketahui.

1. Meredakan Peradangan


Daun sambung nyawa dipercaya mampu meredakan peradangan dan penyakit tertentu yang disebabkan oleh infeksi virus. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan daun sambung nyawa yang memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus. Kandungan yang dimaksud antara lain etanol, steroid, flavonoid, dan kaempferol.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan


Salah satu gangguan pencernaan adalah pendarahan pada saluran cerna akibat dari luka yang terdapat pada lambung dan usus. Gangguan tersebut dapat diredakan dengan daun sambung nyawa. Tidak hanya meredakan luka, daun ekstrak daun ini juga bermanfaat untuk melindungi lapisan dalam lambung dan mencegah terbentuknya tukak lambung.

3. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker


Salah satu tanaman yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk penyakit kanker rahim, kanker darah, dan kanker payudara adalah daun sambung nyawa. Ekstrak daun sambung nyawa berperan penting dalam mencegah pertumbuhan dan pembelahan sel kanker. Bahkan dapat membunuh sel kanker yang ada.

4. Mengatasi Hipertensi


Manfaat daun sambung nyawa selanjutnya adalah dapat mencegah aktivitas enzim yang berperan dalam pengaturan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah atau dikenal dengan istilah angiotensin converting enzyme (ACE). Dengan tercegahnya aktivitas tersebut, hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat teratasi. Sehingga risiko penyakit jantung juga berkurang.

5. Mengatasi Diabetes dan Kemandulan Akibat Diabetes


Daun sambung nyawa diyakini dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini tentu bermanfaat bagi penderita diabetes. Selain itu, kemandulan yang disebabkan oleh diabetes seperti faktor pergerakan sperma yang lambat, jumlah sperma aktif yang sedikit, dan kualitas sperma yang buruk juga dapat diatasi dengan mengonsumsi ekstrak daun sambung nyawa.

6. Mencegah Penyakit Ginjal


Manfaat daun sambung nyawa selanjutnya adalah mencegah penyakit ginjal. Selain digunakan sebagai alternatif pengobatan herbal mengatasi kanker, daun sambung nyawa juga sering digunakan sebagai obat herbal ginjal. Ekstrak daun sambung nyawa dapat mencegah pembelahan sel dan sintesis DNA yang merupakan penyebab gangguan pada ginjal.

7. Melawan Kuman Penyebab Infeksi


Kuman penyakit merupakan sesuatu yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan tubuh. Kuman penyebab infeksi dapat dilawan dengan mengonsumsi daun sambung nyawa. Hal itu disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan pada daun ini sehingga mencegah perkembangbiakan plasmodium penyebab penyakit malaria.


Selain plasmodium, bakteri penyebab infeksi seperti vibrio cholerae, bacillus cereus, pseudomonas aeruginosa, serta salmonella typhi dan jamur penyebab kurap seperti aspergillus niger dan candida albicans juga dapat diatasi dengan mengonsumsi daun sambung nyawa.


Demikianlah 7 manfaat baik daun sambung nyawa bagi kesehatan. Dengan mengetahui manfaat tersebut, diharapkan mengonsumsinya dengan bijak agar tidak terjadi kelebihan dosis. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan cara mengonsumsinya.


Cara pertama adalah dengan memakannya selagi mentah sebagai lalapan. Kedua, kamu bisa mengolahnya menjadi lauk dengan cara didadar. Ketiga, kamu bisa mengonsumsinya dengan merebus daun sambung nyawa dan meminum air rebusannya.


Namun, hal yang harus digaris bawahi adalah jagalah kebersihan sebelum mengonsumsinya. Cuci terlebih dahulu hingga bersih. Jika kamu ingin mengonsumsi dalam bentuk suplemen, pastikan terdapat nomor BPOM dan tanggal kadaluarsa pada kemasannya untuk menghindari produk palsu dan tanggal kadaluarsa yang sudah lewat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.