Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Simak 7 Manfaat Kunyit Hitam yang Baik untuk Tubuh Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat kunyit hitam yang penting untuk tubuh.

Pernahkah kamu mendengar tentang manfaat kunyit hitam? Secara tampilan, kunyit hitam memang lain dari kunyit yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur. Memang tidak sepenuhnya berwarna hitam, tetapi hanya jauh lebih gelap dari kunyit oranye. Jika dicium, maka aroma dari kunyit hitam juga lebih menyengat dari biasanya.


Perbedaan juga hadir pada tekstur rasa, di mana kunyit hitam lebih didominasi rasa pahit, karena kaya akan kurkumin. Kondisi inilah yang justru menyebabkan kunyit hitam memiliki beragam manfaat, seperti:

1. Menyembuhkan Penyakit Leucoderma


Leucoderma adalah kelainan pada kulit yang menyebabkan sebagian kehilangan warna atau depigmentasi. Kondisi tersebut ditandai dengan penghancuran total atau lokalisasi melanosit yang ada di tubuh.


Untuk mengurangi dan mencegah penambahan bercak, maka penderita disarankan untuk melakukan terapi dengan kunyit hitam. Jika sulit menemukannya, kamu bisa membeli produk olahan kunyit hitam.

2. Menyembuhkan Penyakit pada Paru-paru


Kandungan senyawa kurkumin pada kunyit hitam ternyata juga mampu memperbaiki sel pada paru-paru yang sudah rusak, lho. Oleh karena itu, kunyit hitam dipercaya bisa mengobat beragam penyakit paru-paru.


Tidak hanya asma, tetapi juga radang paru-paru, bronkitis, dan lain-lain. Hebatnya, senyawa tersebut tidak mengganggu kinerja obat paru yang lain, sehingga kamu tetap bisa mengonsumsi obat dari dokter spesialis.

3. Menekan Pertumbuhan Sel Kanker


Kunyit hitam juga memiliki manfaat yang tak kalah menarik dalam pencegahan dan pengobatan penyakit kanker. Pasalnya, kunyit hitam memiliki kemampuan untuk memodifikasi saat terjadi perubahan pra-kanker. Dengan begitu, pertumbuhan sel kanker bisa dihambat secara maksimal, sehingga tidak berkembang. Pada beberapa kemoterapi konvensional, tak jarang kunyit hitam dijadikan kombinasi pengobatan, karena memang minim efek samping.

4. Mengontrol Gula Darah dan Berat Badan


Jika kamu sedang berniat untuk menurunkan berat badan, maka keberadaan kunyit hitam bisa dijadikan teman diet. Hal ini dikarenakan, kunyit hitam bisa membantu proses pemecahan lemak yang terjadi di dalam tubuh.


Lebih dari itu, kunyit hitam juga memiliki kemampuan yang baik dalam mengontrol kadar gula darah. Dengan begitu, produktivitas empedu pun menjadi lebih efisien, sehingga pencernaan lebih baik dan hati lebih sehat.

5. Mencegah Penyakit Osteoarthritis


Osteoarthritis adalah sensasi rasa nyeri serta kekakuan yang terjadi pada persendian, seperti lutut. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini bisa merusak tulang rawan artikular yang terdapat di antara persendian.


Kandungan pada kunyit hitam juga bersifat antipiretik dan analgesik, seperti yang ada pada ibuprofen. Itu artinya, kunyit hitam juga bermanfaat untuk mengurangi nyeri pada osteoarthritis.

6. Mengatasi Penyumbatan pada Pembuluh Darah


Pembuluh darah memiliki peranan yang sangat penting dalam metabolisme di dalam tubuh. Jika sampai tersumbat, maka bisa memicu berbagai gangguan kesehatan yang berbahaya, seperti permasalahan pada jantung ataupun stroke.


Selain menerapkan pola hidup sehat dan olahraga, kamu juga bisa mengonsumsi kunyit hitam. Konon, kunyit hitam ini bisa mengurangi dan mencegah terjadinya gumpalan pada darah, sehingga pembuluh darah tetap lancar.

7. Mengobati Penyakit Lambung


Penggunaan kunyit untuk mengobati penyakit lambung sudah dilakukan sejak dahulu kala. Selain kunyit oranye, kamu juga bisa menggunakan kunyit hitam yang ada di pasaran. Senyawa polisakarida pada kunyit hitam bisa meredakan tukak lambung, lho.


Di samping itu, kunyit hitam juga masih memiliki manfaat lebih untuk lambung. Beberapa di antaranya, yakni mengatasi GERD, sakit perut, heartburn, hingga mengatasi radang pada usus besar.


Meski manfaat kunyit hitam cukup banyak, medis tidak menyarankan untuk mengonsumsinya terlalu sering. Sebab, masih butuh penelitian lebih lanjut mengenai keamanan dan efek samping. Sebaiknya, kamu juga berkonsultasi lebih dulu ke dokter sebelum menggunakan kunyit hitam untuk mengobati masalah kesehatan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.