Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Simak 5 Cara Mengatasi Bayi Cegukan Bunda Harus Tau

Rizki Indra
Rizki Indra
14 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara mengatasi bayi cegukan yang mudah dilakukan dengan baik dan benar.

Para ibu muda pasti pernah merasa khawatir ketika bayinya mengalami cegukan. Sebenarnya cegukan pada bayi bukan sesuatu hal yang membahayakan. Namun, kebanyakan para bunda bingung bagaimana cara mengatasi bayi cegukan dan terkadang membiarkannya begitu saja hingga berhenti sendiri.

banner consideration shipping bg blue

Tips Cara Mengatasi Bayi Cegukan dengan Mudah

Meskipun tidak membahayakan cegukan pada bayi juga perlu diatasi. Biasanya cegukan terjadi saat bayi makan terlalu cepat atau terlalu banyak. Hal itulah yang menyebabkan kontraksi diafragma dan penutupan pita suara pada bayi yang terjadi begitu cepat. Agar tidak bingung lagi ketika bayi Anda mengalami cegukan, berikut beberapa cara mengatasi bayi cegukan yang baik dan benar.

1. Atur Posisi Bayi dengan Benar Ketika Menyusui


Selain dipicu dari makan terlalu cepat dan terlalu banyak, cegukan pada bayi juga dapat terjadi karena masuknya udara ke rongga pernapasan bersamaan ketika bayi menelan air susu atau makanan. Oleh karena itu, sebaiknya posisikan bayi dalam keadaan lebih tegak ketika menyusuinya.

Setelah Anda selesai menyusui jangan langsung menidurkan bayi di tempat tidur. Sebaiknya tempatkan bayi dalam posisi tegak selama 20 hingga 30 menit. Agar tidak mengalami cegukan lagi.

2. Buatlah Bayi Bersendawa


Cara mengatasi bayi cegukan selanjutnya adalah dengan membuat bayi bersendawa. Ketika si kecil mengalami cegukan ketika sedang menyusu atau makan, sebaiknya tunda dulu sejenak dan biarkan bayi sendawa. Dengan bersendawa bisa membantu keluarnya gas berlebih yang biasanya pemicu cegukan. Cara menyendawakan bayi, Anda bisa memposisikan bayi dalam keadaan tegak. Lalu berikan jeda waktu sejenak untuk bayi bersendawa beberapa kali selama minum susu.

3. Biarkan Bayi Menyusu dari Puting


Aktivitas bayi ketika menghisap puting bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bayi cegukan. Ketika si kecil melakukan gerakan mengisap puting akan terjadi relaksasi otot yang berkaitan dengan terjadinya cegukan. Salah satu cara ini dapat dilakukan saat keadaan perut si kecil masih kosong. Perut bayi yang terlalu penuh makanan juga sebaiknya dihindari karena dapat memicu terjadinya refluks atau gumoh pada bayi.

banner consideration promotion bg blue

4. Berikan Empeng Kepada Si Kecil


Cegukan pada bayi tidak selalu terjadi pada saat menyusu atau sedang makan. Cegukan juga bisa terjadi pada bayi kapan saja. Ketika si kecil mulai mengalami cegukan, cobalah untuk membuat mereka mau mengisap empeng. Dengan mengisap empeng disinyalir dapat membantu mengatasi cegukan pada bayi. Hal tersebut terjadi karena dapat membantu relaksasi diafragma pada tubuh si kecil.

5. Pastikan Tidak Terlalu Banyak Udara di Botol Susu Si Kecil


Seperti yang telah dibahas di atas, bahwa cegukan dapat terjadi karena masuknya udara ketika si kecil minum susu atau mengkonsumsi makanan. Agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan botol susu dimiringkan sepenuhnya hingga susu terkumpul di mulut botol sebelum diberikan kepada si kecil. Dengan cara ini tidak akan ada udara yang ikut tertelan bersamaan dengan masuknya air susu.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah 5 tips cara mengatasi bayi cegukan yang bisa Anda lakukan di rumah. Meski bukanlah hal yang berbahaya, namun dengan memahami cara mengatasi cegukan, proses minum ASI pada bayi bisa menjadi lebih lancar dan tidak terkendala. Jadi, pahami dengan baik 5 cara diatas ya bunda!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.