Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Simak Pengertian Laba Lebih Dalam Sebelum Kamu Mulai Usaha

Rizki Indra
Rizki Indra
22 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Pengertian laba dalam usaha sangat penting diketahui.

Pengertian laba secara umum adalah selisih yang bernilai positif atas penjualan produk dikurangi dengan besarnya biaya-biaya serta pajak yang dikeluarkan perusahaan. Sedangkan menurut organisasi akuntansi laba diartikan sebagai selisih yang positif antara pendapatan dan semua biaya yang telah dikeluarkan. Laba menjadi ukuran apakah manajemen usaha telah berhasil dijalankan dengan baik.

banner consideration shipping bg blue


Terdapat beberapa pengertian dan definisi dari laba baik yang dikemukakan oleh para ahli ataupun dari sumber yang lainnya. Agar lebih paham tentang apa yang dimaksud dengan laba kamu bisa melihatnya melalui penjelasan berikut ini.


1. Menurut OJK

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK mengemukakan bahwa laba adalah kelebihan pendapatan yang dibandingkan dengan jumlah biaya yang telah dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan (profit) tersebut.

2. Menurut KBBI

Sedangkan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), laba diartikan sebagai selisih lebih dari harga penjualan yang lebih besar dengan harga pembelian ataupun biaya produksi. Laba bisa juga berarti keuntungan yang didapatkan dari penjualan barang yang lebih tinggi dari pembeliannya, membungakan uang dan lain sebagainya.

3. Baridwan (1992)

Seorang ahli bernama Baridwan mendefinisikan laba sebagai kenaikan modal atau aktiva bersih yang asalnya dari transaksi sampingan ataupun transaksi yang jarang terjadi dari suatu badan usaha atau perusahaan. Semua transaksi atau kejadian lainnya yang dipunyai badan usaha dalam satu periode, kecuali yang berasal dari pendapatan atau revenue maupun investasi pemilik usaha.

4. Harnanto (2003)

Seorang ahli lainnya yaitu Harnanto mengemukakan pendapatnya bahwa laba adalah selisih yang terjadi antara pendapatan dan biaya-biaya dalam jangka waktu atau periode tertentu. Laba tersebut seringkali digunakan sebagai acuan untuk pengenaan pajak, pedoman investasi, kebijakan dividen serta pengambilan keputusan dan unsur dugaan atau prediksi.

5. Teori Ekonomi

Laba yang dikemukakan oleh para ahli ekonomi yaitu suatu kenaikan yang terjadi pada kekayaan perusahaan.

6. Menurut Akuntansi

Berbeda dengan teori para ekonom, menurut ilmu akuntansi laba diartikan sebagai perbedaan pada pendapatan yang direalisasi dari semua transaksi yang terjadi pada waktu tertentu dibandingkan dengan biaya-biaya yang telah dikeluarkan dalam periode tertentu.

Jenis-Jenis Laba


Selain pengertiannya yang ada bermacam-macam pendapat, laba juga terdiri dari beberapa jenis. Adapun jenis-jenis laba yang dimaksud yaitu :

banner consideration promotion bg blue

a. Laba Kotor

Selisih bernilai positif antara penjualan yang dikurangi dengan retur penjualan dan juga potongan dari penjualan tersebut.

b. Laba Usaha Operasi

Laba kotor yang telah dikurangi dengan harga pokok penjualan dan seluruh biaya yang dikeluarkan atas usaha tersebut.

c. Laba Bersih Sebelum Pajak

Laba yang didapatkan setelah laba usaha dikurangkan dengan besarnya biaya bunga.

d. Laba Bersih

Seluruh total dari jumlah laba yang didapatkan setelah dipotong dengan pajak.

Tujuan dari Laba


Laba tidak boleh dihabiskan semuanya namun harus ada yang ditahan. Tujuan dari laba yang ditahan tersebut antara lain adalah :

  1. Sebagai biaya operasional bagi perusahaan untuk mencapai keuntungan yang lebih maksimal atau lebih besar.
  2. Sebagai biaya pelunasan hutang yang ada pada perusahaan.
  3. Digunakan untuk cadangan dana investasi perusahaan di masa depan.
  4. Sebagai biaya pengembangan usaha.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah pengertian laba lengkap dengan jenis-jenis dan tujuan laba. Dengan mengetahui apa pengertian laba berikut jenis dan tujuannya diharapkan kamu bisa lebih mudah menyusun rencana usaha. Laba yang didapatkan melalui usaha sebaiknya dikelola dengan baik dan bijaksana agar bisa membawa manfaat yang maksimal bagi bisnis kamu.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.