Stop Makan Gorengan, Ini 7 Ide Camilan Sehat untuk Buka Puasa!

28 Mei 2019 @ 16:21:29
Terlambat pulang kerja, macet dan kondisi jalanan yang tidak bisa diprediksi seringkali membuat kita terpaksa buka puasa di jalan saat Ramadan. Meski tak diinginkan, momen buka puasa di jalan memang kerap tak terhindarkan. Kalau sudah begini, kamu bisa mengantisipasinya dengan menyiapkan camilan sehingga tetap punya makanan untuk berbuka sekaligus mengganjal perut sementara waktu. 

Ada banyak camilan yang bisa dijadikan kudapan untuk berbuka, tapi yang paling penting adalah memilih camilan sehat. Ingat untuk jangan jadikan gorengan sebagai pilihan karena tubuh akan sangat susah mencerna lemak pada gorengan setelah perut kosong seharian. Pilihlah makanan yang mengandung pemanis alami, seperti kue kering dan beberapa jenis camilan sehat berikut.

1. Kurma

Kurma jadi sajian populer selama bulan puasa. Tak hanya praktis dibawa dalam perjalanan, makanan satu ini juga kaya manfaat sehingga sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Kurma dapat membantu mengembalikan energi karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti serat, kalsium, potasium, dan vitamin A. Kurma juga mengandung pemanis alami, sehingga tetap sehat dinikmati saat berbuka puasa.

2. Pisang

Sajian kolak pisang memang nikmat dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun, saat berbuka tiba dan kamu masih terjebak di jalanan, mengonsumsi buah pisang segar bisa dijadikan alternatif lain untuk mengganjal perut. Apalagi, pisang mengandung karbohidrat yang membantumu menghalau rasa lapar setelah berpuasa seharian. Kandungan nutrisi pisang juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu terutama saat berpuasa. Jadi, jangan ragu untuk siap sedia pisang di dalam tas selalu ya, Lemonizen!

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang mede, kacang tanah, atau kacang kedelai bisa menjadi pilihan camilan praktis yang bisa dinikmati saat berbuka puasa. Jika kabarnya kacang-kacangan mengandung banyak lemak, kamu nggak perlu khawatir untuk jenis kacang yang ini. Karena justru lemak yang terkandung dalam almond, kacang mede, kacang tanah dan kacang kedelai ini merupakan lemak sehat yang baik. Kacang-kacangan juga tinggi serat dan protein sehingga dapat membantu menekan rasa lapar sekaligus menjaga sistem pencernaan.

4. Air Kelapa Murni

Bayangkan setelah menahan haus karena seharian penuh puasa, aliran segar air kelapa mengalir di tenggorokan saat berbuka. Benar-benar menjadi pelipur dahaga, ya! Air kelapa dapat membantu mengembalikan cairan sekaligus mengandung elektrolit yang dibutuhkan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat air kelapa secara maksimal, sebaiknya Lemonizen minum air kelapa tanpa tambahan pemanis buatan seperti gula atau sirup. Bila Anda ingin menambahkan rasa manis pada air kelapa, gantikan gula pasir dengan pemanis alami nol kalori seperti stevia.

5. Apel

Menyantap apel sebagai camilan saat berbuka puasa dapat membantu menyiapkan pencernaan sebelum kamu mengonsumsi makanan yang lebih berat. Selain itu, apel juga kaya serat, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kalau kamu kerap menghadapi macetnya jalanan saat pulang kerja sehingga seringkali harus buka di jalan, nah ini solusinya: sediakan stok Apel di dalam tas!

6. Anggur

Rasa anggur yang segar dan manis membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang sekaligus dapat mengembalikan kadar gula darah yang turun saat berpuasa. Tak hanya itu, buah yang identik dengan warna ungu atau hijau ini juga mudah dicerna dan cukup tinggi kandungan seratnya, sehingga sangat baik untuk kesehatan. Daripada mengonsumsi makanan dengan pemanis buatan, lebih baik Lemonizen menjadikan anggur sebagai camilan untuk berbuka. 

7. Kue Kering

Kue kering juga bisa jadi pilihan Lemonizen untuk mengganjal perut saat berbuka puasa. Tapi tentu saja, kamu tidak bisa sembarangan memilih kue kering untuk dikonsumsi saat berbuka. Banyak kue kering  dibuat dengan kandungan gula cukup tinggi, sehingga tidak baik bila dikonsumsi berlebihan. Jadi, kamu harus lebih jeli dan pilihlah jenis kue kering  yang mengandung pemanis alami seperti kue kering dengan buah-buahan. 

Jadi, jangan lagi salah pilih camilan untuk dikonsumsi saat berbuka ya, Lemonizen!

Artikel Terkait

Manfaat Jamur Tiram: Makanan Diet Hingga Pilihan Utama Pengganti Daging
Selain enak dan gurih, jamur tiram mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya!..
Shella Rafiqah Ully
29 Agustus 2019
Selain Daun Katuk, 8 Buah Segar Ini Bisa Ibu Andalkan untuk Lancarkan Produksi ASI
Aneka buah segar juga bisa jadi andalan Anda untuk memperlancar ASI bagi ibu menyusui. Simak bahasannya di artikel ini...
Shella Rafiqah Ully
25 Maret 2019
Tahukah Bunda, Ternyata Susu Almond Bisa Lancarkan Produksi ASI?
Apa saja manfaat susu kacang almond untuk ibu menyusui? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan membuat Anda semak..
Shella Rafiqah Ully
18 Maret 2019