Sudah Banyak Bukti, Inilah 5 Manfaat dari Kulit Manggis

29 Jun 2020 @ 20:58:45
Manggis, siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini . Rasanya yang manis dan asam ini memang memiliki ruang tersendiri bagi para pecinta buah. Manggis juga memiliki kulit yang tebal sehingga buahnya hanya terasa sangat kecil. Akan tetapi, ternyata kulit manggis yang sering kamu buang tersebut memiliki banyak manfaat. 

Banyak sekali manfaat kulit manggis bagi kesehatan sehingga sering kita temukan ekstrak manggis sebagai suplemen makanan. Walaupun banyak sekali kandungan kulit manggis yang baik untuk kesehatan manusia. Namun, sampai saat ini masih banyak orang yang belum mengerti dan memahami apa saja manfaatnya bagi kesehatan. 

Oleh karena itu, di sini akan kita jelaskan beberapa manfaat kulit manggis karena berbagai kandungan baiknya. Berikut ini adalah manfaat kulit manggis yang sangat baik untuk tubuh. 

1. Mampu Mencegah Penyakit Kanker



Manfaat dari adanya kulit manggis yang pertama adalah untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Kanker sendiri merupakan suatu sel yang bisa berkembang sangat banyak sehingga menyebabkan kerusakan pada organ tubuh yang diserang. Kulit manggis ini memiliki antioksidan yang tinggi sehingga bisa menekan pertumbuhan sel kanker yang tidak wajar. 

Selain itu, kulit manggis juga mengandung zat Xanthone yang bisa mencegah proliferasi sel kanker dan juga dapat mempercepat penyembuhan penyakit kanker. Suplemen kulit manggis bisa diminum berdampingan dengan obat rutin yang dikonsumsi asal kamu telah mengkonsultasikan kepada dokter.

2. Dapat Mengontrol Gula Darah



Untuk manfaat kulit manggis  yang kedua adalah dapat mengontrol kadar gula darah pada darah. Hal ini disebabkan kulit manggis memiliki kemampuan dalam menyerap gula pada usus sehingga tidak diserap dan dialirkan ke darah. Namun, perlu diingat untuk menjaga kadar gula darah, kamu juga harus melakukan pola hidup sehat dan tidak bergantung suplemen ini. 

3. Mencegah Penyakit Jantung dan Penyakit Kardiovaskular Lainnya



Manfaat yang berikutnya adalah untuk mencegah penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular yang lainnya. Hal ini dikarenakan kulit manggis bisa mengurangi kandungan kolesterol jahat yang mana, antioksidan yang tinggi pada kulit manggis bisa mempercepat proses kolesterol jahat menjadi asam empedu dan dikeluarkan dari tubuh, serta bisa meningkatkan kolesterol baik.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh



Kulit manggis juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh kamu. Hal ini terjadi karena kulit manggis mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga bisa mencegah penyakit dan juga radikal bebas yang ingin masuk dan merusak tubuh. Dengan mengkonsumsi kulit manggis dalam bentuk suplemen maka kamu tidak akan mudah sakit.

5. Menyehatkan Tulang dan Mata



Selanjutnya kulit manggis juga mengandung kadar kalsium yang cukup tinggi sehingga sangat baik bagi kesehatan tulang kamu karena zat kalsium ini bisa memperkuat susunan tulang. Selain itu, kulit manggis juga mengandung vitamin A yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan mata kamu, mencegah terjadinya penyakit mata yang biasa sering terjadi.

Kulit manggis yang banyak dibuang dan tidak digunakan ternyata memiliki banyak manfaat, misalnya sebagai pencegah penyakit kanker, mengontrol gula darah, mencegah penyakit jantung dan kardiovaskular lainnya, meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan tulang dan mata, serta masih banyak lagi lainnya.

Karena memiliki banyak manfaat, saat ini banyak yang menggunakan kulit manggis menjadi ekstrak dan bisa dikonsumsi dengan mudah. Kamu bisa merasakan manfaat kulit manggis untuk kesehatan setiap hari. Oleh karena itu jangan ragu  lagi untuk mengkonsumsi ekstrak kulit manggis ya Lemonizen! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020