Sulit Konsentrasi? Cobalah Konsumsi 6 Makanan Alami Untuk Konsentrasi Berikut Ini!

05 Sep 2018 @ 11:55:26
Ketika waktu kerja tiba, apakah kamu langsung mengerjakan pekerjaanmu dengan penuh konsentrasi? Atau, kamu terlebih dulu mengerjakan hal lain sebagai pemanasan, baru melakukan pekerjaan utama?

Apakah kamu pernah merasakan hal di atas? Bisa jadi, kamu mengalami gangguan dan sulit konsentrasi ketika kerja atau melakukan aktivitas. Gangguan dan sulit konsentrasi ini dapat mengganggu produktivitas kamu dalam bekerja dan melakukan aktivitas lain jika tidak ditanggulangi dengan baik dan sejak dini. Selain itu, penelitian menyebutkan bahwa sulit konsentrasi amat erat kaitannya dengan turunnya kinerja otak dan depresi. 

Pada dasarnya, kamu tidak perlu cepat-cepat bergantung pada suplemen untuk membantu kamu untuk berkonsentrasi. Ada beberapa makanan alami yang dapat membantu kamu untuk berkonsentrasi dalam bekerja, belajar, ataupun melakukan aktivitas lainnya. Beberapa jenis makanan sudah sering dikonsumsi, namun masih sedikit orang yang paham akan fungsinya untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus. 

1. Sarapan, Asupan Awal Untuk Otakmu Sebelum Hadapi Hari

Makanan Sarapan, Asupan Awal Untuk Otakmu Sebelum Hadapi Hari

Banyak penelitian dan studi yang mengatakan bahwa seseorang seharusnya mengonsumsi sarapan sebelum melakukan aktivitas. Tak hanya menjadi energi awal untuk tubuh dalam melakukan aktivitas, sarapan juga membantu kamu dalam berkonsentrasi. Sarapan mengaktifkan saraf otak yang berfungsi untuk menyimpan memori jarak pendek dan fokus. Seseorang yang sarapan terlebih dahulu jauh lebih aktif dan produktif daripada mereka yang tidak. Tidak perlu makan berat ketika sarapan, buah-buahan, roti, ataupun granola juga cukup untuk jadi menu sarapan.

2. Salmon, Ikan Nikmat Penuh Nutrisi Untuk Konsentrasi

Salmon, Ikan Nikmat Penuh Nutrisi Untuk Konsentrasi

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang punya banyak nutrisi untuk tubuh. Walaupun harganya cukup mahal, kandungan kesehatannya worth it untuk tubuh dan konsentrasi. Salmon mengandung asam lemak omega 3 yang merupakan nutrisi kunci untuk meningkatkan kerja otak dalam mendapatkan konsentrasi dan fokus. Selain itu, asam lemak omega 3 mampu meningkatkan kinerja saraf otak untuk bekerja lebih cepat untuk membuatmu lebih fokus dan konsentrasi terhadap pekerjaan.

3. Alpukat, Asupan Lemak, Vitamin, dan Mineral yang Bantu Perkembangan Otak 

Alpukat, Asupan Lemak, Vitamin, dan Mineral yang Bantu Perkembangan Otak

Tahukah kamu kalau alpukat juga baik untuk meningkatkan fungsi otak dalam konsentrasi dan fokus? Penelitian menyebutkan bahwa alpukat menghindarkan kamu dari sulit konsentrasi dan gagal fokus. Buah ini kaya akan lemak baik yang bantu mengaktifkan sel-sel otak untuk bekerja lebih optimal sehingga konsentrasi lebih mudah didapatkan. Selain itu, vitamin K dan folat dalam alpukat memperlancar aliran darah ke otak dan mencegah penyumbatan darah di otak sehingga kinerja otak lebih baik. 

4. Blueberry, Buah Sehat Untuk Otak yang Sehat

Blueberry, Buah Sehat Untuk Otak yang Sehat

Jenis buah lain yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan konsentrasi dan mencegah sulit konsentrasi adalah blueberry. Tak hanya rasa asam yang bantu untuk membuat mata terjaga, blueberry mengandung antioksidan yang bantu melancarkan peredaran darah dan mencegah dari radikal bebas. Antioksidan dalam blueberry menjaga sel-sel otak untuk terus beregenerasi sehingga kinerja otak selalu dalam keadaan muda. Hasilnya, kamu lebih mudah berkonsentrasi dan terhindar dari gagal fokus.

5. Kopi, Minuman Favorit yang Bantu Hindarkan Gagal Fokus

Kopi, Minuman Favorit yang Bantu Hindarkan Gagal Fokus

Kamu mungkin hanya tahu kalau kafein dalam kopi membantu untuk terjaga ketika kamu harus begadang atau lembur. Padahal, manfaat kafein dalam kopi juga membantu menstimulasi otak sehingga lebih cepat dalam mendapatkan konsentrasi dan fokus. Selain itu, ada penelitian yang mengatakan bahwa kafein pada kopi meningkatkan asupan oksigen ke dalam otak sehingga kamu terasa lebih fresh di setiap tegukan kopi. 

6. Telur, Bahan Makanan yang Paling Sering Diolah

Telur, Bahan Makanan yang Paling Sering Diolah

Diantara banyak bahan makanan, telur menjadi salah satu bahan makanan yang paling sering diolah menjadi beragam jenis menu, terutama menu sarapan. Telur merupakan salah satu jenis makanan yang mampu memberikan konsentrasi dan fokus ketika pagi menjelang akibat kandungan vitamin (B6 & B12), folat, dan kolin yang bantu perbaiki sel-sel otak dan menstimulasi otak untuk bekerja lebih optimal sehingga fokus dan konsentrasi lebih cepat didapat. 

Jadi, makanan mana yang jadi favoritmu, Lemonizen?


Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020