Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Sulit Menyelesaikan Tugas? Ini 5 Cara Ampuh Tingkatkan Konsentrasi

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
12 Nov 2020
Clock Icon
3 menit
Sulit Menyelesaikan Tugas? Ini 5 Cara Ampuh Tingkatkan Konsentrasi
Jika kamu pernah merasa kesulitan untuk menyelesaikan berbagai tugas di sekolah atau tempat kerja, membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan satu tugas, mungkin kamu perlu meningkatkan konsentrasi.

Konsentrasi ini mengacu pada upaya mental yang diarahkan pada apapun yang sedang dikerjakan atau dipelajari. Hal ini berbeda dengan perhatian karena perhatian mengacu pada lamanya waktu saat kamu berkonsentrasi.
Ada banyak hal yang bisa memengaruhi konsentrasi. Seiring bertambahnya usia, daya konsentrasi pun biasanya akan menurun dan diiringi dengan hilangnya ingatan.

Selain itu, cedera kepala atau otak serta kondisi kesehatan mental tertentu juga bisa memengaruhi konsentrasi. Untuk mendapatkan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan, sebagaimana dilansir dari healthline.

1. Melatih otak dengan permainan

Memainkan jenis permainan tertentu bisa membantu konsentrasi menjadi lebih baik. Bermain permainan seperti teka-teki silang, catur, sudoku, dan permainan memori bisa menjadi pilihan.

Sebuah studi di tahun 2015 yang melibatkan 4.715 orang dewasa menyarankan untuk menghabiskan 15 menit sehari, 5 hari dalam seminggu untuk melatih otak.

Selain itu, game melatih otak bisa membantu mengembangkan kerja dan memori jangka pendek sekaligus keterampilan pemrosesan dan pemecahan masalah.

2. Bermain video game

Selain bermain permainan sederhana seperti sudoku dan teka-teki silang, bermain video game juga ternyata bisa membantu meningkatkan konsentrasi. 

Sebuah studi di tahun 2018 yang mengamati 29 responden membuktikan, satu jam bermain video game bisa membantu meningkatkan perhatian selektif visual (VSA).
VSA ini mengacu pada kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi pada pekerjaan tertentu dengan mengabaikan gangguan-gangguan di sekitarnya.

Kemudian, sebuah ulasan di tahun 2017 yang mengamati 100 penelitian yang menganalisis efek video game terhadap fungsi kognitif memperlihatkan hasil yang positif.

Bermain video game disebutnya mampu mendatangkan berbagai perubahan di otak, termasuk peningkatan perhatian dan konsentrasi.banner consideration promotion bg blue

3. Perbaiki pola tidur

Kekurangan tidur tentu bisa dengan mudah mengganggu konsentrasi dan kemampuan kognitif seperti daya ingat dan tingkat perhatian.

Terlalu lelah akibat kurang tidur juga bisa memperlambat refleks dan memengaruhi kemampuan untuk melakukan tugas sehari-hari.

Jadwal yang padat, masalah kesehatan, dan faktor-faktor lainnya bisa menjadi penyebab kesulitan tidur. Kondisi ini tidak bisa berlarut-larut karena akan mendatangkan berbagai permasalahan kesehatan.

4. Luangkan waktu untuk olahraga

Peningkatan konsentrasi adalah salah satu manfaat dari olahraga yang teratur. Sebuah studi di tahun 2018 yang mengamati 116 pelajar membuktikan aktivitas fisik harian mampu meningkatkan konsenntrasi.

Penelitian lain menunjukkan pada orang dewasa yang lebih tua, aktivitas fisik aerobik sedang bisa membantu mengembalikan memori dan daya otak.

5. Habiskan waktu di alam

Jika ingin meningkatkan konsetrasi secara alami, cobalah keluar setiap hari, meski hanya 15 hingga 20 menit untuk berjalan-jalan di lingkungan sekitar rumah.

Duduk di taman atau teras rumah juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Apalagi jika bisa meluangkan waktu untuk pergi ke tempat yang sejuk, asri, dan rindang dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Sebuah studi di tahun 2014 menemukan, menghabiskan waktu di alam bisa meningkatkan konsentrasi dan produktivitas serta kepuasan tempat kerja dan kualitas udara.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Selain itu, meningkatkan konsentrasi juga bisa dengan menghias ruangan di rumah dengan tanaman-tanaman hias yang cantik. Tanaman hias ini akan memberikan kesan teduh dan sejuk sehingga tubuh akan terasa lebih nyaman dan konsentrasi bisa meningkat.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.