Sumber Nutrisi Baik Bagi Ibu Menyusui

04 Aug 2017 @ 11:13:54
Oleh OT Handoko
Sumber Nutrisi Baik Bagi Ibu Menyusui
Tentu senang sekali rasanya bila dapat mencukupi kebutuhan nutrisi si buah hati melalui ASI eksklusif. Tumbuh kembang si kecil pun jadi lebih maksimal bila mendapatkan asupan gizi dari ASI. Oleh sebab itu, makanan ibu menyusui juga mesti diperhatikan dengan cermat. Agar kualitas ASI-nya senantiasa prima dan bermanfaat bagi si buah hati.

Pentingnya Nutrisi Sehat Bagi Ibu Menyusui

Usai melahirkan, asupan nutrisi bagi ibu mesti tetap dipenuhi dengan baik. Selain mempercepat proses pemulihan tubuh, nutrisi tersebut juga akan digunakan tubuh untuk memproduksi ASI. Hal ini sangat penting agar tubuh tidak mengambil nutrisi dan tulang, otot, dan organ-organ tubuh lainnya saat memproduksi ASI. Dengan demikian, metabolisme dan sistem kekebalan tubuh ibu menyusui pun akan tetap terjaga.

Jumlah cairan tubuh yang mencukupi tentu menjadi salah satu faktor penentu produksi ASI. Di samping asupan air, ibu menyusui juga butuh nutrisi lain berupa karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral setiap hari. Berbagai nutrisi tersebut bisa diperoleh dari konsumsi makanan pokok, sumber protein hewani dan nabati, sayuran, dan aneka buah-buahan.

Di samping itu, konsumsi biji-bijian juga tidak kalah penting untuk ibu menyusui. Karena biji-bijian mengandung banyak manfaat nutrisi yang mendukung kebutuhan ibu dan bayi pada masa menyusui.

Mengenal Manfaat Biji-Bijian Bagi Ibu Menyusui

Ada banyak sekali jenis biji (seed) yang mengandung manfaat nutrisi istimewa untuk ibu menyusui. Anda tentu sudah familiar dengan jenis biji-bijian seperti kacang tanah, kacang merah, dan kacang hijau sebagai bahan dasar makanan sehari-hari. Biji-bijian merupakan sumber lemak tidak jenuh yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kegemukan bila mengonsumsi biji-bijian dengan porsi seimbang.

Kandungan serat yang terdapat dalam biji-bijian akan membantu memperlancar sistem pencernaan dan menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Sehingga tubuh ibu menyusui bisa memproduksi ASI kaya nutrisi secara lancar setiap hari. Penelitian yang diterbitkan pada American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa kadar kolesterol dapat berkurang hingga 25% setelah mengonsumsi biji-bijian.

Biji-bijian juga kaya kandungan mineral yang terdiri dari kalsium, potasium, magnesium, dan fosfor yang penting untuk pembentukan tulang dan gigi. Bila ASI mengandung mineral tersebut, maka kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang anak pasti tercukupi. Penelitian yang dilakukan oleh The Nurse’s Health Study bahkan menyatakan bahwa konsumsi asupan magnesium sebanyak 350g per hari dapat mengurangi risiko peradangan pada organ tubuh. Maka tubuh ibu menyusui akan menciptakan sistem kekebalan istimewa yang disalurkan melalui ASI untuk si kecil.

Biji Bunga Matahari Sebagai Camilan Sehat untuk Ibu Menyusui

Berbicara tentang biji-bijian tentu belum lengkap jika tidak menyebut biji bunga matahari. Karena biji bunga matahari merupakan satu dari sekian banyak jenis biji-bijian yang baik untuk ibu menyusui. Bahan makanan yang satu ini mengandung selenium, magnesium, tembaga, dan vitamin E yang penting untuk tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam biji bunga matahari juga efektif meminimalkan risiko peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Produk makanan yang terbuat dari biji bunga matahari bukan hanya kuaci. Kini ada pula kue yang terbuat dari biji bunga matahari dan biji bunga matahari siap santap yang bisa ditaburkan sebagai topping salad. Menyantap biji bunga matahari dan memperoleh manfaatnya kini jadi semakin praktis dan menggugah selera.

Kalau Anda sangat peduli terhadap tumbuh kembang buah hati Anda, maka Anda mesti memperhatikan kualitas ASI mulai sekarang. Karena ASI berkualitas akan mendukung tumbuh kembang dan kesehatan anak sejak awal kehidupannya.

Baca juga blog kami : Makanan sehat ibu hamil

Artikel Terkait

Oleh S Nurfauzia
We hear you! Menyambut hari raya Tahun Baru Islam 1 Muharram dan juga HARPITN..
Oleh OT Handoko & V Istarinda
Sebagai start up healthy lifestyle ecosystem pertama di Indonesia, Lemonilo memiliki misi untuk memastikan seluruh masya..
Oleh OT Handoko
Berbelanja merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan untuk dilakukan. Jelas akan lebih menyenangkan jika setiap pemb..