Supaya Puasamu Lancar dan Berfaedah, Jauhkan 5 Hoaks Tentang Puasa Ini Ya, Guys!

17 Mei 2018 @ 11:26:56
Wah, sudah nggak terasa kita sudah masuk bulan Ramadhan nih, Guys. Sudah persiapan apa nih supaya puasa kamu tetap lancar? Bagaimanapun, kamu harus tetapl bisa puasa 100% sehingga kualitas keimanan kamu semakin meningkat 100% bahkan lebih. 

Nyatanya, banyak hoaks yang beredar mengenai puasa yang tak sedikit dianggap serius oleh masyarakat. Salah kaprah akhirnya mengganggu puasa, padahal ketika puasa, kamu harusnya menjauhkan diri dari hoaks dan pikiran buruk. Apa saja sih? Yuk, cek di artikel ini!

1. Puasa Bikin Sakit

Ada kabar yang sempat beredar kalau puasa menyebabkan malfungsi organ tubuh ataupun menyebabkan sakit penyakit di dalam tubuh kamu. Faktanya, puasa itu punya banyak manfaat bagi tubuh kamu lho. Puasa dapat menyehatkan jantung yang dikarenakan terjadinya kenaikan angka kolesterol baik (HDL) dan apoprotein alfa1 dan penurunan kadar kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, puasa mempercepat pertumbuhan sel dalam tubuh yang dikarenakan pola makan pada saat puasa Ramadhan merangsang perbanyakan asam amino. Asam jenis ini memberikan efek pada restorasi sel sehingga pemulihan tubuh cepat terjadi. 

2. Puasa Penyebab Dehidrasi

Ada juga kabar yang menyebutkan bahwa puasa dapat menyebabkan dehidrasi dan kekurangan cairan bagi kamu yang menjalankannya. Faktanya, gangguan kesehatan pada puasa ini akan terjadi bagaimana kamu mengatasinya. 

Ketika berpuasa, biasakan untuk memperbanyak asupan air putih daripada jenis minuman lainnya karena darah kamu menjadi lebih encer dan lebih banyak mengandung air yang bisa diserap tubuh. Gunakan rumus 2-4-2 ketika minum air putih, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan 2 gelas saat sahur. 

3. Angka Sakit Perut & Maag Meningkat Saat Puasa

Satu kabar kurang enak ketika puasa adalah bahwa puasa menyebabkan sakit perut dan maag bagi kamu yang menjalankannya. Kabar ini sebenarnya tidaklah sepenuhnya benar, tergantung cara kamu mengatasinya dan apa yang kamu makan saat sahur. 

Supaya kamu tidak terkena maag dan sakit perut ketika puasa, jauhi makan-makanan yang mengundang sakit perut dan maag ketika sahur dan berpuasa. Saat sahur, hindari makanan mengandung asam dan gas berlebih seperti gorengan, makanan berlemak, pedas, dan mie instan. Ketika berbuka, hindari langsung menyantap makanan berat karena dapat memicu gas berlebih. 

4.   Puasa Bikin Kamu Jadi Stress

Ada yang mengatakan kalau puasa bikin kamu jadi stress. Rasa kantuk yang didapat ketika harus bangun sahur dikatakan dapat membuat kamu stress sendiri dengan pekerjaan dan aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari. Pekerjaan jadi tidak teratur karena kamu harus mengerjakan pekerjaan dan menahan kantuk di saat yang bersamaan.

Sebenarnya, stress ini bisa kamu kelola dan puasa bisa jadi jawabannya. Kewajiban untuk menahan nafsu dan amarah ketika puasa bisa menjadi jalan kamu untuk belajar mengolah stress dan emosi apalagi ketika pekerjaan sedang banyak. Perbanyak ibadah atau cari inhaler anti stress yang bikin kamu happy lagi. 

5. Buka Puasa Harus Cepat-Cepat

Ini bisa jadi kesalahpahaman tentang puasa yang lumayan mengganggu puasa dan banyak dilakukan banyak orang. Ketika buka puasa tiba, banyak orang merasa harus 'balas dendam' setelah menahan lapar dan haus di siang hari. Akhirnya, semua jenis makanan dan minuman di lahap habis tanpa jeda dan cepat-cepat. 

Padahal, kebiasaan ini bisa saja menyebabkan organ tubuh kamu menjadi kaget, terutama lambung. Makan yang terlalu banyak dan terlalu cepat bisa meningkatkan kadar asam lambung sehingga kamu bisa saja mengalami sakit perut atau maag ketika puasa berikutnya. Mulailah buka puasa dengan doa dan santaplah satu persatu makanan berbuka Anda. Jangan terlalu kenyang sebelum waktu tarawih supaya ibadah juga tetap sejalan. 

Nah, di hari pertama puasa ini, kamu jangan sampai kedodoran dengan mitos dan hoaks ini ya? Selalu berpikir positif bahwa kamu bisa puasa 1 bulan penuh tanpa halangan sedikitpun. Puasa lancar, hidup pun berkah. 

Artikel Terkait

Tetap Sehat Walaupun Sedang Travelling? Inilah Cara dan Panduannya!
Travelling atau berwisata tentu menjadi waktu yang menyenangkan. Di waktu travelling, kamu bisa merasakan lega dari akti..
Andesma. W
02 Oktober 2018
Tak Nyaman Karena GERD? Cobalah Cara Alami Menyembuhkan GERD berikut Ini!
Apa kamu pernah merasakan rasa sakit di sekitar perut bagian atas dan ulu hati, Lemonizen? Kalau iya, bisa jadi itu adal..
Andesma. W
28 September 2018
Dark Chocolate: Bagaimana Bisa Sehat Dengan Konsumsi Dark Chocolate yang Cukup?
Dalam menjalani hidup sehat, kamu tentu banyak tahu tentang macam-macam superfood atau makanan super yang mempunyai bany..
OT Handoko
27 September 2018