Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Supaya Untung, Ini 4 Cara Menentukan Harga Jual Produk

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Cara menentukan harga jual sangat mudah dan bisa dicoba pengusaha pemula.

Bagaimanakah cara menentukan harga jual agar produk yang kamu jual bisa mendapatkan keuntungan? Sebenarnya cara untuk menentukan harga jual tidaklah sulit bahkan bisa dikatakan cukup sederhana. Menentukan harga jual yang tepat sangat besar pengaruhnya pada usaha kamu karena terkait langsung dengan pasar. Konsumen tentunya tidak mau membeli barang yang harganya sangat mahal.

Sebaliknya, kalau kamu menjual produk dengan harga dibawah rata-rata harga jual pasaran tentu akan merugikan. Oleh sebab itu diperlukan sebuah cara agar bisa menentukan berapa harga jual produk yang tepat kepada konsumen, tidak terlalu mahal tapi juga tidak murah. penetapan harga jual produk yang tepat berdampak pada meningkatnya kepercayaan dan loyalitas konsumen.

banner consideration shipping bg blue


Nyatanya memang masih banyak pelaku usaha terlebih lagi mereka yang masih pemula belum bisa menentukan berapa harga jual produk yang tepat. Untuk memudahkan kamu menentukan harga jual produk silahkan ikuti beberapa cara berikut ini.


1. Buat Perhitungan pada Bahan Baku

Kalau kamu bukan hanya bertindak sebagai penjual produk saja melainkan juga merupakan produsennya maka harus dihitung dulu berapa biaya bahan bakunya. Contohnya, ketika akan menentukan harga jual 1 loyang kue bolu langkah pertama adalah buat dulu perhitungan berapa total biaya bahan bakunya.


Misalnya sebagai berikut :

  • Tepung terigu 250 gram  Rp.   2.500
  • Telur 2 butir Rp.   3.000
  • Gula 100 gram Rp.   1.500
  • Margarin 100 gram Rp.   3.000
  • Bahan lain-lain Rp.   5.000 +
  • Total Rp.  15.000

Agar harga bahan baku bisa menjadi lebih murah kamu bisa membelinya dalam jumlah banyak sekaligus. Harga bahan baku yang lebih murah tentu akan membuat harga jual produk bisa lebih rendah.

2. Hitung Upah Tenaga Kerja

Selanjutnya hitung juga berapa upah yang harus dikeluarkan untuk membayar tenaga atau karyawan. Kalaupun tidak memiliki karyawan, kamu boleh mengambil upah beberapa persen untuk diri sendiri sebagai kompensasi dari kerja keras dan rasa lelah.


Upah ini bisa dibuat hitungan harian, mingguan atau bulanan tinggal disesuaikan saja. Jika upah dihitung harian maka perhitungan bahan baku juga harus dibuat per hari begitu juga kalau mingguan atau bulanan. Perhitungan upah mencakup didalamnya berapa jam yang dihabiskan apakah perlu lembur atau tidak.

banner consideration promotion bg blue

3. Perhitungan pada Biaya Operasional

Yang tidak boleh dilupakan untuk dihitung adalah biaya operasional lainnya. Biaya operasional ini meliputi transportasi, biaya pengiriman, promosi, bayar listrik, sewa tempat dan sebagainya. Dengan membuat perhitungan berapa biaya operasionalnya maka akan lebih mudah diketahui berapa total biaya produksi agar penentuan harga jual lebih tepat.

4. Buat Margin Pricing

Apakah dengan membuat perhitungan pada bahan baku, biaya upah dan operasional saja sudah cukup. Bagi sebagian pelaku usaha mungkin sudah namun ada baiknya kalau kamu juga membuat margin pricing. Caranya yaitu tentukan dulu berapa harga jualnya lalu tentukan marginnya dengan memasukkannya ke dalam rumus.


Adapun rumus untuk menentukan margin pricing adalah :


Margin pricing = (Harga jual – harga modal) dibagi dengan harga jual


Contohnya : harga modal 1 loyang kue bolu adalah Rp. 15.000 lalu kamu ingin menjualnya dengan harga Rp. 20.000 maka margin pricingnya adalah (20.000 – 15.000)/ 20.000 = 0,25 atau 25%. Artinya keuntungan yang kamu dapatkan dari 1 loyang kue bolu adalah sebesar 25%, jika dinilai masih terlalu murah kamu bisa menaikkannya namun jangan lebih dari 50%.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Ternyata tidak sulit bukan cara menentukan harga jual sebuah produk yang tepat agar bisa mendapatkan keuntungan dari usaha yang dijalankan. Dapatkan kepercayaan yang tinggi dari konsumen dengan cara memberikan harga jual yang tepat, tidak terlalu murah tapi juga tidak kemahalan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.