Tahu Gak Sih Kamu Kalau Kebiasaan Sehat Ini Ternyata Bisa Menyelamatkan Bumi?

23 Apr 2018 @ 17:02:38
Mungkin sudah bukan rahasia lagi kalau bumi ini sedang mengalami proses globalisasi yang membuat banyak perubahan yang cukup drastis. Beberapa diantaranya es di kutub utara yang mencair, naiknya tingkat air laut, udara yang semakin memanas, dan seringnya terjadi bencana alam sebagai dampaknya. 

Nah, ternyata kamu tak perlu jadi aktivis untuk membantu menyelamatkan bumi lho! Kamu bisa mulai membuat dan melakukan kebiasaan sehat berikut ini. Yuk, coba perhatikan supaya kamu bisa mulai melakukannya juga!

1. Jalan Kaki Sebagai Pilihan Utama

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa salah satu sumbangsih terbesar dari globalisasi yang terjadi di dunia sekarang adalah besarnya emisi gas karbon di udara yang naik ke atmosfer. Hasilnya, perubahan cuaca yang begitu drastis dan atmosfer bumi yang semakin tipis. 

Untuk itu, kamu bisa mulai memulai kebiasaan sehat dengan mengurangi penggunaan kendaraan dan beralih ke jalan kaki. Tak hanya bisa membantu mengurangi emisi gas karbon, jalan kaki bisa membantu memperlancar peredaran darah dan membantu memaksimalkan pembakaran kalori. 

2. Bersepeda Ke Kantor

Jika kamu masih terlalu berat untuk mulai jalan kaki ke kantor atau kemanapun kamu pergi, kamu bisa mulai dengan bersepeda. Sepeda bisa jadi salah satu jenis kendaraan paling eco-friendly karena tidak membutuhkan bahan bakar yang pembuangannya bisa menambah emisi gas karbon di bumi. 

Tak hanya ramah lingkungan, kebiasaan bersepeda dapat membantu memaksimalkan diet kamu dengan membakar kalori lebih banyak. Selain itu, gerakan ketika mengayuh sepeda membantu memperlancar aliran darah, mengencangkan otot paha, betis, dan panggul, dan membantu meningkatkan kesehatan jantung. 

3. Menggunakan Perawatan Tubuh Alami Setiap Hari

Tahukah kamu bahwa banyak residu dan limbah rumah tangga berupa busa sabun dan residu kimia produk kecantikan membantu mencemari tanah dan air? Hasilnya, air yang ada di dalam tanah juga ikut tercemar. Dengan begini, manusia bisa mulai mengalami kekurangan air bersih untuk digunakan untuk aktivitas rumah tangga. 

Nggak mau kan kekurangan air bersih? Nah, kamu bisa mulai sekarang dengan membeli dan menggunakan produk kecantikan dan produk perawatan tubuh yang berbahan alami. Tak hanya aman dan lembut untuk kulitmu, produk kecantikan dan perawatan tubuh alami mudah hilang ketika di dalam tanah sehingga tidak sampai mencemari tanah dan air yang ada di dalam tanah.

4. Gaya Hidup Sehat

Lho, apa hubungannya dengan usaha menyelamatkan bumi? Tentu ada! Dengan gaya hidup sehat, Anda akan lebih jarang sakit dan membeli obat. Hal inilah yang membuat bumi menjadi lebih nyaman di tinggali. 

Tahukah kamu kalau banyak perusahaan dan pabrik penghasil obat-obatan yang membuang limbah kimia ke sungai dan laut? Nah, hal seperti ini bisa mencemari tanah dan persediaan air bersih bumi di dalam tanah. Dengan begitu, pasokan air bersih di dalam tanah bisa berkurang, bahkan habis. Kalau begini, bagaimana kita bisa mendapatkan air?

5. Sharing is Caring

Nah, yang terakhir adalaha sharing is caring. Apa yang kamu bagikan melalui sosial media kamu, bisa jadi bentuk kepedulian kamu dan harapan bahwa bumi akan jadi tempat yang baik untuk ditinggali. 

Untuk itu, kamu bisa mulai menggerakkan jempol atau jari kamu untuk membagikan artikel ini supaya makin banyak mereka yang tahu soal keadaan bumi sekarang dan semakin banyak orang yang mulai bergerak untuk merubahnya bersama-sama. Yuk, bikin bumi semakin nyaman untuk ditinggali!

Artikel Terkait

Pernah Coba Nggak Sajian Unik Mie Instan Khas Asia Berikut Ini?
Bicara soal mie, rasanya tidak ada habisnya ya, guys! Makanan yang satu ini memang rasanya sudah jadi legenda di kalanga..
OT Handoko
04 Februari 2019
6 Jenis Keripik Ini Unik Lho, Apa Kamu Pernah Coba?
Keripik memang jadi cemilan yang paling dicari bagi banyak orang. Saking terkenal dan banyak dicari, saat ini, pilihan k..
OT Handoko
01 Februari 2019
Sering Dipakai, Memangnya Garam Himalaya Sehat?
Bahan apa sih yang paling sering kamu gunakan ketika memasak? Tentunya, garam ya? Bukan hanya garam meja saja, kamu juga..
OT Handoko
31 Januari 2019