Tahu Nggak Kamu, Diet Tetap Jalan Dengan Ragam Makanan Lezat Nan Sehat Ini Lho?

19 Feb 2019 @ 11:21:14
Perlu diketahui bahwa berat badan juga memegang peranan yang penting dalam menjaga kesehatanmu. Berat badan ideal tentu akan mendukung kesehatanmu secara optimal. Sebaliknya, berat badan berlebih bisa menyebabkan berbagai macam penyakit serius, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes. Karena itu, menjaga berat badan melalui makanan sehat untuk diet tak hanya penting untuk menjaga penampilan, tapi juga demi menjaga kesehatan.

Salah satu langkah penting dalam menjaga berat badan sehat adalah menjalani pola makan sehat. Atau, bila kamu sudah memiliki berat badan yang berlebih, kamu harus menjalani diet dan mulai menjadikan makanan sehat untuk diet sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari demi mendapatkan berat badan ideal. Tentunya, dengan aturan yang baik dan tidak sembarangan ya, guys. Jadi, seperti apa diet yang baik itu?

Diet yang Sehat

Apa sih kunci dari diet dan pola makan yang sehat? Yap! Kamu benar! Konsumsi makanan bergizi dari 5 kelompok makanan dengan jumlah yang tepat adalah kuncinya. Kelompok makanan ini terdiri dari sayuran dan kacang-kacangan, buah, biji-bijian kaya serat, produk susu seperti susu, yoghurt, dan keju, serta sumber protein seperti daging rendah lemak, ikan, telur, tahu, serta sumber lain. 

Tiap kelompok makanan tersebut memenuhi kebutuhan nutrisi yang berbeda. Misalnya, buah-buahan merupakan sumber vitamin yang baik, terutama vitamin C, sedangkan produk susu merupakan sumber kalsium dan protein yang baik. Itulah sebabnya, untuk mendapatkan gizi yang seimbang, pola makan sehat harus memanfaatkan makanan dari tiap kelompok makanan. Cek tips diet dan pola makan sehat berikut ini:

Atur Porsi Makan

Porsi makan tetap harus jadi perhatian, bahkan bila bahan makanan yang kamu konsumsi adalah bahan makanan sehat untuk diet. Porsi makan harus cukup banyak untuk memberikan energi yang kamu butuhkan, tapi tentunya tidak berlebihan.

Hindari Bahan Makanan Hasil Proses (Processed Foods)

Utamakan bahan makanan segar seperti sayuran segar dan hindari bahan makanan yang telah diproses dan mengandung bahan seperti pengawet, pewarna, dan perasa buatan. Cek di sini untuk melihat 100+ bahan berbahaya yang dilarang.

Gula Bisa Jadi Kawan, Bisa Jadi Lawan

Gula memang diperlukan tubuh untuk mendapatkan energi. Konsumsi gula yang cukup dan sesuai takaran bisa sangat berguna untuk kesehatan. Sebaliknya, konsumsi gula berlebih malah jadi sumber penyakit. Gula alami sudah terkandung dalam bahan seperti buah. Karena itu, hindari penambahan gula berlebihan lagi pada hidangan. Pelajari juga cara untuk menggantikan gula dalam hidangan dengan bahan lain yang lebih sehat.

Hindari Lemak Jenuh

Lemak sehat seperti lemak tak jenuh diperlukan oleh tubuh. Jadi, hindari bahan makanan dengan lemak jenuh seperti produk hewani dan gantikan dengan bahan makanan kaya lemak tak jenuh seperti ikan atau kacang-kacangan.

Sama Halnya Gula, Garam Juga Bisa Jadi Lawan Ketika Berlebihan

Garam pada hidangan bisa digantikan dengan bumbu dan rempah seperti bawang putih, dan oregano. Jika kamu ingin menggunakan garam dalam makanan, perhatikan juga jumlah garam pada bahan makanan yang telah diproses dan bumbu seperti kecap.

Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Diet Sehat

Selain menyiapkan makanan dengan gizi seimbang, ada beberapa hal lain yang harus kamu lakukan dan harus kamu hindari saat melakukan diet sehat. Supaya lebih mudah, coba deh perhatikan beberapa hal berikut saat menjalani diet sehatmu!

Tetap Makan Secara Teratur

Walaupun diet, jangan memotong jam makanmu. Cobalah untuk tetap fokus pada waktu makan 3 kali sehari. Melewatkan waktu makan justru akan mendorong hasrat dalam dirimu untuk makan berlebihan.

Hindari Kalori dari Minuman

Kalori bukan hanya datang dari makanan yang kamu makan lho, guys. Minuman yang kamu konsumsi juga punya kalori yang tidak sedikit, apalagi minuman yang mengandung banyak gula. Minuman dalam kemasan seperti jus, soda, atau minuman kemasan lainnya mengandung kalori yang tinggi. Jadi, perhatikan pula kalori yang terdapat dari minuman yang kamu nikmati.

Minum Air Putih yang Cukup

Dehidrasi bisa membuat metabolisme tubuh Anda melambat. Karena itu, asupan air putih yang cukup sangat penting. Konsumsi air putih yang cukup juga bisa membantu menghindarkan kamu dari penyakit serius, terutama untuk kamu yang bekerja di depan layar komputer.

Jangan Makan Sebelum Tidur

Bila kamu makan sebelum tidur, tubuhmu akan menghabiskan energi untuk mencerna makanan. Selain itu, metabolisme tubuhmu melambat di malam hari, sehingga sebagian besar asupan kalori di malam hari akan disimpan sebagai lemak. Hal ini tentu akan mengganggu usahamu menurunkan berat badan.

Jangan Makan Sambil Melakukan Kegiatan Lain

Makan atau ngemil sambil melakukan kegiatan lain seperti menonton TV atau membaca buku akan meningkatkan resiko untuk kamu makan berlebihan.

Lengkapi Diet dengan Olahraga Rutin

Bila diet yang kamu lakukan hanya berfokus pada mengurangi asupan kalori harian namun tidak dilengkapi dengan olahraga, maka kamu akan kehilangan massa otot tubuh dan metabolisme tubuh akan menurun.

Konsumsi Protein yang Cukup

Protein akan membantu menekan nafsu makan, mengurangi asupan kalori, dan menjaga massa otot tubuh selama proses diet. Jadi, pastikan Anda mendapat asupan protein yang cukup selama diet.

Makanan Terbaik untuk Diet

Banyak orang merasa bahwa makanan untuk diet itu cenderung tidak enak. Padahal, pandangan ini adalah hal yang salah. Banyak makanan untuk diet yang justru sehat dan nikmat sehingga diet dan pola makan sehat berjalan dengan lebih lancar. 

Ada juga anggapan bahwa makanan sehat untuk diet itu mahal. Padahal anggapan ini sangat tidak benar, lho! Berikut ini adalah beberapa jenis bahan makanan yang bisa jadi andalanmu saat diet dan bisa didapat dengan mudah dan relatif terjangkau.

Telur

Telur bisa didapat dengan mudah dan cukup murah. Telur juga bisa diolah dalam berbagai hidangan, mulai dari yang sederhana hingga mewah, untuk sarapan, makan siang, atau makan malam.

Gandum Utuh

Gandum utuh memiliki kandungan serat tinggi yang penting untuk diet. Karena itu, pilihlah bahan makanan seperti pasta dan roti yang terbuat dari gandum utuh daripada pasta dan roti yang terbuat dari tepung terigu biasa.

Apel

Selain kaya nutrisi, apel juga rendah kalori dan tinggi serat. Apel bisa dimanfaatkan dalam hidangan utama, dalam cemilan sehat, atau dalam hidangan penutup yang lezat.

Buah Buni

Buah buni seperti strawberry, blueberry, dan raspberry kaya nutrisi dan tinggi serat. Warna-warna cerahnya menunjukkan bahwa buah-buahan ini kaya kandungan antioksidan penuh manfaat.

Keju

Keju tinggi protein dan kaya kalsium, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sebagai camilan ataupun sebagai bahan tambahan hidangan lezat. Pilihlah varian keju yang rendah lemak untuk sajian yang semakin sehat.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan biasanya cukup tinggi kandungan kalorinya. Tapi, kandungan protein, lemak sehat, dan serat dari kacang-kacangan akan membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama.

Teh Hijau

Beberapa penelitian menyatakan bahwa konsumsi 2-4 cangkir teh hijau tiap hari membantu membakar lebih banyak kalori. Cocok untuk dijadikan minuman saat sarapan atau selingan saat lelah di siang hari.

Melon

Buah melon memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga kamu merasa lebih kenyang dengan kalori yang lebih sedikit. Selain melon, semangka juga bisa jadi pilihan.

Alpukat

Alpukat kaya asam lemak sehat, serat, potassium, dan nutrisi lain. Menurut sebuah studi di Nutrition Journal, orang yang rajin mengkonsumsi alpukat biasanya memiliki Indeks Massa Tubuh dan berat badan yang lebih rendah, serta lingkar pinggang yang lebih kecil dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi alpukat.

Yoghurt

Selain kaya protein, yoghurt juga tinggi kandungan probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan dan menjaga kesehatan metabolisme tubuh Anda, sehingga membantu usahamu untuk menurunkan berat badan. Pilihlah yoghurt tanpa tambahan gula. Agar lebih lezat, maniskan yoghurt favoritmu dengan buah-buahan segar atau madu.

Salmon

Salmon tidak hanya tinggi kandungan proteinnya, tapi juga kaya asam lemak Omega 3. Kandungan nutrisi ini membantu kamu merasa lebih kenyang sekaligus menjaga kesehatan jantung Anda.

Popcorn

Kamu tentu belum mengetahui bahwa popcorn merupakan makanan sehat. Sajian ini sebenarnya kaya serat dan protein, sehingga cocok jadi cemilan sehat selama diet. Tapi ingat, agar kalorinya tidak terlalu tinggi, jangan tambahkan garam atau gula berlebih pada popcorn yang kamu konsumsi. Untuk menambah rasa popcorn, taburkan saja keju parut pada popcorn yang masih panas.

Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kale atau bayam sangat rendah kalori dan karbohidrat, namun tinggi serat. Sayuran hijau adalah salah satu bahan makanan untuk membuat hidangan yang mengenyangkan namun rendah kalori. Kandungan nutrisi tinggi dari sayuran hijau juga membantu proses pembakaran lemak.

Daging Rendah Lemak

Daging ayam dan daging sapi rendah lemak baik untuk menurunkan berat badan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Tapi tentu saja, pilihlah daging rendah lemak yang segar, dan bukan daging yang telah diproses seperti sosis ataupun kornet.

Polong-polongan

Keluarga polong seperti kacang merah, lentil, atau kacang hijau kaya serat dan tinggi protein, sehingga merupakan sumber makanan rendah kalori yang mengenyangkan.

Cuka Apel (Apple Cider Vinegar)

Cuka apel sering digunakan sebagai bumbu hidangan atau sebagai penambah rasa minuman. Beberapa penelitian menyatakan bahwa konsumsi cuka apel bersama hidangan tinggi karbohidrat akan membantu kamu merasa lebih cepat kenyang, sehingga kalori yang dikonsumsi lebih sedikit.

Jeruk Bali

Konsumsi jeruk Bali sekitar setengah jam sebelum makan membantu kamu merasa lebih kenyang dan membantu mengkonsumsi lebih sedikit kalori.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa membantu kamu merasa lebih kenyang dan mendorong tubuh membakar lebih banyak kalori. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak kelapa membantu mengurangi lemak di perut. Namun, tetap batasi penggunaannya!

Kentang Rebus

Walaupun punya reputasi buruk sebagai sumber karbohidrat tinggi, kentang yang direbus membuat cocok untuk membuat kamu kenyang. Kentang rebus tentu menjadi pilihan yang cocok untuk diet sehatmu daripada kentang goreng (french fries). Cara masak lain yang lebih sehat seperti dipanggang atau dikukus juga bisa dicoba. Selain kentang, umbi-umbian lain seperti ubi juga bisa jadi pilihan.

Brokoli

Brokoli kaya serat namun rendah kandungan karbohidratnya, sehingga bisa membantumu merasa kenyang tanpa menambah kalori berlebih dalam hidangan.

Diet bukan berarti tidak bisa makan enak. Bahan-bahan yang telah disebutkan di atas bisa dipadukan dengan berbagai bahan lain untuk diolah menjadi hidangan yang lezat dan sehat, baik untuk sarapan, makan siang, makan malam, bahkan saat ngemil. 

Kamu bisa mencari resep-resep sehat dari berbagai sumber, mulai dari buku resep hingga dari internet. Kalau makanan enak kamu nikmati selama diet sehat, peluang untuk bisa menjalankan diet dengan baik hingga mencapai berat badan sehat pun semakin besar. Yuk, mulai makan dengan lebih sehat, Lemonizen!

Artikel Terkait

Ayah Milenial: Bangun Hubungan Setara Mengurus Rumah Tangga
Juni jadi bulan istimewa untuk para ayah di dunia. Hari Minggu pada pekan ketiga bulan Juni ini kita peringati seba..
Shella Rafiqah Ully
17 Juni 2019
Mudik Anti Panik Saat Bawa Si Kecil, Begini Persiapannya
Musim mudik telah tiba, perjalanan pulang ke kampung halaman tentu jadi hal yang membahagiakan bagi keluarga. Bagi ..
Shella Rafiqah Ully
02 Juni 2019
Cara Tepat Membuat Aneka Gorengan Sehat
Aneka gorengan kerap jadi pilihan camilan terutama saat berbuka puasa tiba. Sayangnya, gorengan masuk dalam kategor..
Shella Rafiqah Ully
29 Mei 2019