Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Tahun Baru, Semangat Baru. Ini Tips untuk Memulai Usaha Sendiri

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
25 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
tips memulai usaha sendiri
Tahun 2020 yang begitu berat bagi banyak orang, akan segera berakhir. Banyak dari kita yang menaruh banyak harapan pada tahun 2021 untuk bisa lebih baik dari tahun ini. Namun belajar dari tahun 2020 yang diisi serba ketidakpastian, kita harus mempersiapkan banyak rencana di tahun 2021. Hal ini agar jika satu rencana gagal, kita masih memiliki cadangan rencana lainnya yang bisa coba dilakukan. 
banner consideration shipping bg blue

Salah satunya adalah dengan memulai bisnis sendiri atau wirausaha. Sebab kita tak akan tahu apakah pekerjaan tetap yang kita miliki sekarang bisa bertahan atau tidak. Tetapi satu hal yang harus diketahui, memulai usaha juga bukan perkara mudah. Setidaknya ada deretan tips ini yang bisa kamu terapkan demi membakar semangat berwirausaha di tahun 2021.

1. Kembali mantapkan niat untuk memulai usaha

Hal terpenting yang harus dimiliki ketika akan memulai usaha adalah niat yang kuat. Kamu yang kini sudah mulai berpikir untuk memiliki bisnis sendiri, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah kuatkan niat.

Segala kendala yang nantinya akan kamu hadapi dalam membangun bisnis, bisa dilewati dengan mudah jika kamu memiliki niat yang kuat.

2. Jeli mencari peluang bisnis yang menjanjikan

Jika belajar dari para wirausahawan yang sudah duluan sukses, mereka bisa dibilang selalu jeli dalam melihat peluang usaha. Sehingga apapun usaha yang mereka bangun, nantinya akan sukses dan banyak dicari orang.

Kemampuan inilah yang harus mulai kamu asah sejak sekarang. Melihat peluang usaha tak perlu muluk-muluk, cukup dari lingkungan sekitar dan memikirkan hal-hal apa yang sekiranya dibutuhkan oleh lingkaran sosialmu. Atau kamu juga bisa mengenalkan hal baru yang selama ini belum pernah diketahui banyak orang, seperti misalnya memulai bisnis produk-produk sehat lewat program Wiranilo dari Lemonilo.
banner consideration promotion bg blue

3. Fokus pada satu macam bisnis dulu

Jika kamu sudah menemukan model bisnis yang akan kamu jalankan, ada baiknya untuk fokus pada bisnis tersebut dulu. Sebagai pebisnis pendatang baru, lebih baik kamu fokus membesarkan satu jenis usahamu dibandingkan memulai banyak usaha namun tidak fokus.

Jika kamu memulai langsung banyak usaha, perhatianmu akan terpecah dan hal ini akan berakibat pada hasil yang tak akan bisa maksimal. Jadi lebih baik memulai step sedikit demi sedikit, namun bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Jalani usaha yang kamu sukai

Ada banyak orang yang asal memulai bisnis hanya karena tergiur dengan keuntungan yang nanti akan didapatkan. Tetapi sebenarnya bisnis yang mereka jalani bukanlah yang mereka sukai. Memulai bisnis dengan cara seperti ini mungkin bisa mendapatkan keuntungan, tetapi kamu tidak akan tahu sampai kapan bisnis tersebut bisa bertahan. Bagaimana bisa bertahan jika pelaku bisnisnya saja tidak menyukai apa yang mereka jalani?

Itulah mengapa, selain jeli melihat peluang bisnis, kamu juga harus memilih model bisnis yang kamu jalankan sesuai dengan passion yang kamu miliki. Agar ke depannya kamu bisa menjalani bisnis tersebut dengan gembira tanpa ada paksaan dan tekanan.

5. Bentuk pola pikir: gagal itu biasa

Kegagalan bisa menjadi hal yang mungkin paling sering kamu temui saat mulai menjalankan bisnis. Jika kamu adalah tipe orang yang mudah menyerah setelah mendapat kegagalan, yuk di tahun yang baru mulai ubah pola pikir tersebut.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Ubah pola pikir menjadi kegagalan itu adalah hal yang biasa. Kalau gagal, ya coba lagi. Bisnis yang besar bukanlah bisnis yang langsung sukses dibangun dalam waktu semalam. Kamu harus melewati banyak perjalanan bisnis yang penuh lika-liku sampai akhirnya memiliki pondasi bisnis yang kuat.

Jadi, sudah siap memulai bisnis sendiri di tahun 2021?
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.