Tak Bisa Bertatap Muka dengan Keluarga, Ini Tips Agar Lebaran Tahun Ini Tetap Bermakna

12 Mei 2020 @ 16:43:19
Saat ini para umat muslim sudah mulai memasuki minggu ketiga bulan Ramadan. Itu artinya Idul Fitri sudah hampir di depan mata. Namun seperti perayaan acara keagamaan lain sebelumnya, tahun ini Idul Fitri juga akan sangat berbeda. Sebagian besar dari kita, untuk pertama kalinya, akan melewatkan Idul Fitri tanpa salat ied berjamaah di lapangan atau masjid-masjid.

Keriuhan yang biasanya kita temui saat salat ied di Hari Lebaran tak akan kita temukan tahun ini. Sebabnya kita semua tahu, situasi pandemi virus corona di Indonesia yang seakan masih jauh dari akhir. Saat ini kurva penularan virus Corona di Indonesia masih terus bertambah. Bahkan belum ada tanda-tanda kurvanya berubah menjadi landai. Itulah mengapa harapan untuk merayakan Idul Fitri tahun ini hanyalah sebuah harapan.

Namun meski ini mungkin pertama kalinya kita semua merayakan Idul Fitri dengan cara berbeda, jangan sampai hari besar umat Muslim ini kehilangan makna. Setidaknya ada hal-hal ini yang bisa tetap kamu lakukan di Hari Lebaran nanti.

1. Fisik boleh tak berjumpa, namun ucapan Idul Fitri lewat pesan singkat tetap terasa mendekatkan



Larangan mudik dan himbauan physical distancing tahun ini membuat banyak di antara kita tak bisa bertemu dengan keluarga besar. Padahal kadang pertemuan dengan keluarga besar hanya bisa dilakukan saat momentum Lebaran.

Namun meski tak akan ada pertemuan keluarga besar tahun ini, bukan berarti momen ini akan terlewatkan begitu saja. Kamu bisa membuat sebuah pesan yang sarat makna dan doa tulus untuk ucapan Idul Fitri lalu kirimkan ke keluarga dan kerabat lewat media sosial dan aplikasi chatting. Yakinlah, lewat pesan ini kamu dan keluarga serta kerabat bisa tetap terasa dekat.

2. Jika pesan saja tak cukup mewakilkan, silaturrahmi via video call bisa menjadi pilihan



Kalau pesan singkat dirasa belum cukup, masih ada silaturrahmi dengan video call. Alih-alih hanya menampilkan teks, kamu bisa bertatap muka dengan keluarga yang berada jauh darimu. Seakan kamu dan keluarga sedang benar-benar bertemu.

Lewat video call, kamu bisa menumpahkan rasa kangen dan bermaaf-maafan seperti halnya saat kalian bertemu.

3. Tradisi bagi-bagi THR tak harus dihilangkan, ada teknologi transfer uang lewat mobile banking!



Saat Lebaran tiba, tradisi yang tak boleh dilewatkan adalah pembagian Tunjangan Hari Raya (THR). Dalam kebanyakan tradisi keluarga besar, pembagian THR biasanya dilakukan oleh mereka yang sudah mapan dan berbagi pada keponakan atau sepupu yang masih belum memiliki penghasilan sendiri. Biasanya caranya pun dilakukan dengan meriah, yakni dengan mendatangi satu per satu kerabat agar bisa mendapatkan THR.

Sayangnya, tahun ini cara tersebut belum bisa dilakukan. Namun bukan berarti tradisi THR harus dihilangkan lho. Teknologi transfer uang menggunakan mobile atau internet banking tentu bisa dimanfaatkan.

4. Parcel Lebaran tetap bisa kamu kirimkan untuk keluarga tersayang di kampung halaman

Saat mudik ke kampung halaman, kamu biasanya akan membawa bingkisan untuk para keluarga di kampung halaman. Mengingat kondisi saat ini yang berbeda, kamu bisa menyiasatinya dengan mengirim parcel Lebaran untuk keluarga di luar kota.

Sejumlah produk makanan sehat dari Lemonilo pun bisa jadi pilihan untuk parcel Lebaran. Apalagi di bulan ini Lemonilo sedang mengadakan promo #DekatkanRamadan. Dengan promo ini, kamu bisa mendapatkan diskon hingga 70% ditambah extra voucher diskon 50% untuk produk-produk pilihan Lemonilo.



Caranya pun mudah, saat berbelanja produk-produk pilihan dari Lemonilo, kamu hanya perlu memasukkan kode voucher DEKATKANRAMADAN. Promo ini berlangsung hingga 31 Mei 2020. Lebih lengkapnya kamu bisa baca di sini ya.

5. Terakhir, bagikan keseruan baru Lebaran tahun ini di media sosial. Kelak akan jadi cerita di masa mendatang



Bukan hal yang aneh lagi jika kini media sosial menjadi tempat seseorang untuk berbagi keseharian atau momen yang berkesan di hidupnya. Menjalani Lebaran di masa pandemi virus corona seperti tahun ini tentu akan menjadi pengalaman baru yang akan terus dikenang.

Itulah mengapa tak ada salahnya kamu membuat sebuah ucapan Idul Fitri yang kreatif untuk diunggah di sosial media dan ditag ke keluarga dan teman-teman. Hal ini bakal jadi kenangan saat Lebaran di tahun-tahun selanjutnya lho!

Semoga Lebaran tahun ini yang minim pertemuan untuk silaturrahmi tetap bisa bermakna. Mungkin pada Lebaran tahun ini, kita diberi kesempatan oleh Tuhan untuk benar-benar merefleksikan kembali hal-hal apa saja yang sudah dilakukan tanpa terganggu dengan seremonial yang kadang mengaburkan makna Idul Fitri itu sendiri.

Artikel Terkait

Klarifikasi Atta Halilintar dan Aurel Sempat Bertengkar, Ternyata Rebutan Mie Lemonilo!
Atta juga menyiapkan makan malam romantis dengan hidangan mie instan Lemonilo kesukaan aurel..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Wow, Sehat bareng Keluarga A6! Gowes Sambil Keliling Pantai di Bali
Aktivitas bersepeda yang dilakukan keluarga Hermansyah tentunya memberi banyak manfaat kesehatan..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
5 Manajemen ASIP untuk Ibu Bekerja Agar Stok ASI Tercukupi
Memerah ASI juga membutuhkan manajemen yang baik agar jumlah yang diproduksi mencukupi kebutuhan bayi..
Shella Rafiqah Ully
18 September 2020