Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Tak Bisa Mudik Bukan Berarti Kehilangan Esensi Idulfitri, Yuk Rayakan dengan Cara Ini!

Adisti F. Soegoto
Adisti F. Soegoto
10 May 2021
Clock Icon
3 menit
idulfitri tidak mudik

Lebaran kali ini kita kembali tidak dapat mudik, berkumpul bersama keluarga tercinta. Sedih, kecewa, marah, rindu, semua rasa jadi satu. Namun ini adalah jalan terbaik demi keselamatan dan kesehatan kita semua. 


Tidak bisa mudik bukan berarti kita kehilangan esensi merayakan Idulfitri. Ini semua justru kita lakukan untuk melindungi diri kita dan orang-orang yang kita cintai. Meskipun lebaran kali ini kita masih di rumah saja, ada beberapa ide untuk membuat Lebaran kali ini tetap menarik dan berkesan, tanpa kehilangan maknanya. 


banner consideration shipping bg blue

Merayakan malam takbir di rumah

Sebelum pandemi, biasanya anak-anak dan dewasa ramai merayakan takbir dengan berkeliling sekitar rumah. Meskipun tidak dilarang, akan lebih baik jika kita merayakan malam takbir di rumah saja. Selain lebih aman, menggemakan takbir, tahmid dan tahlil akan lebih terasa khidmat dan penuh makna. 


Kita juga dapat menjadikan malam takbiran sebagai momen refleksi diri, apa saja yang sudah kita pelajari selama bulan Ramadan. Nilai-nilai kebaikan apa saja yang sudah kita lakukan selama Ramadan, dan bagaimana kita dapat menjaga kebaikan-kebaikan tersebut tetap berlanjut meski Ramadan telah usai.


Salat Idulfitri bersama keluarga di rumah

Salat Idulfitri bisa dilakukan di rumah dengan tata cara yang sama seperti sholat Idulfitri biasa. Tema dan durasi khutbah salat dapat disesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Jika si kecil masih berusia dini, durasi khutbah dapat dibuat tidak terlalu panjang. 


Meskipun kamu salat Ied di rumah dengan keluarga sendiri, ada baiknya tetap mengatur jarak dan menggunakan masker saat sholat, ya. Terlebih jika ada anggota keluarga yang lanjut usia atau mereka yang masih beraktivitas di luar rumah. 


banner consideration promotion bg blue

Silaturahmi atau sungkem online 

Beberapa keluarga masih melakukan tradisi sungkem saat lebaran. Saling meminta maaf pada mereka yang dituakan. Kini tidak ada salahnya mencoba cara baru, sungkem online atau silaturahmi secara virtual. Kamu tetap dapat  saling memaafkan dan menjaga silaturahmi dengan aman melalui video call Whatsapp, Zoom, maupun group video call lainnya.


Saling berkirim hidangan lebaran

Setiap keluarga biasanya memiliki hidangan lebaran yang khas. Tidak ada salahnya kali ini kamu saling mengirim hidangan lebaran ke sahabat atau kerabat untuk dapat saling merasakan kenikmatannya. Kamu juga dapat mengirimkan hampers lebaran kepada kerabat di luar kota. 


Ada banyak pilihan makanan/hadiah di marketplace yang bisa kamu kirimkan untuk kerabat atau sahabat yang jaraknya jauh sekalipun. Kamu juga dapat mengirimkan bingkisan sehat dari Lemonilo untuk keluarga terkasih. 


Ciptakan permainan seru

Untuk tetap dapat merasakan semangat lebaran, kita dapat menciptakan berbagai permainan bersama seluruh anggota keluarga yang dilakukan secara virtual. 


Kamu bisa membuat permainan tebak wajah menggunakan foto-foto lawas, bermain tebak lagu (tebak judul lagu, tebak penyanyi, kontes karoke, melanjutkan lagu yang terpotong, dll) dengan tim beranggotakan lintas generasi, tiktok challenge per keluarga, ular tangga virtual, tebak istilah dalam bahasa daerah, dan lain sebagainya. Ciptakan kegiatan seru yang tetap dapat menghangatkan suasana Lebaran meskipun berjauhan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Lebaran kali ini memang berbeda. Tidak adanya mudik bukan berarti kita kehilangan esensi dari Idulfitri itu sendiri. Kita tetap bisa merayakan kemenangan, tetap menjalin silaturahmi, tetap menciptakan kehangatan dan canda tawa, meski di rumah saja. 


Tetap sehat dan semangat ya, Lemonizen. Selamat merayakan Idulfitri 1442 H.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.