Tak Hanya Enak Dimakan, Yogurt Bisa Bantu Jaga Kecantikan Wajahmu Lho, Girls!

20 Feb 2019 @ 17:08:34
Yoghurt tidak bisa dipungkiri sebagai salah satu makanan yang bermanfaat untuk kesehatan. Yogurt dikenal kaya akan probiotik yang membantu lancar dan sehatnya pencernaan setiap hari. Namun, ternyata kandungan nutrisi dalam yoghurt tidak hanya bermanfaat saat dikonsumsi, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan wajah. Wah, apa saja sih manfaat yoghurt untuk wajah?

Mencegah Penuaan Dini

Asam laktat (Lactate acid) yang terdapat pada yoghurt membantu menstimulasi produksi kolagen dan mengeksfoliasi kulit. Dengan cara ini, kandungan nutrisi dalam yoghurt menjaga kulit tetap halus dan mencegah masalah penuaan dini seperti garis halus, keriput, dan bintik hitam.

Menghilangkan Sel Kulit Mati

Kulit kusam terjadi akibat banyaknya sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan asam laktat (Lactate acid) yang terdapat dalam yogurt. Asam laktat ini membantu menghilangkan sel kulit mati pada wajah untuk menciptakan kulit wajah yang terlihat lebih muda.

Melawan Jerawat

Yoghurt memiliki manfaat anti bakteri dan anti jamur. Selain itu, zinc yang terkandung pada yoghurt membantu mengontrol sebum atau kelenjar minyak pada kulit, sehingga membantu mengatasi masalah jerawat. Karena itulah, yoghurt secara alami membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus menjaga kulit wajah tetap segar dan bersih.

Mengatasi Kulit Wajah yang Belang

Akibat polusi, sinar matahari, atau faktor lingkungan lainnya, kulit wajah bisa menjadi belang. Yoghurt membantu mengatasi hal ini. Karena khasiat ini, yoghurt juga bermanfaat untuk menghilangkan bintik hitam yang muncul karena usia. Lingkar hitam di bawah mata juga bisa berkurang dengan yoghurt, lho!

Mengatasi Kulit Kering

Yoghurt mengandung kalsium, sehingga memberi asupan kalsium pada kulit yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap sehat dan mencegah dehidrasi pada kulit.

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Yoghurt mengandung vitamin B2 atau riboflavin yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Riboflavin juga membantu regenerasi dan pertumbuhan sel kulit, sehingga menjaga kulit tetap sehat.

Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari

Rasa perih dan gatal akibat kulit yang terbakar matahari bisa diatasi dengan yoghurt. Kandungan zinc dalam yoghurt juga membantu menghilangkan kemerahan serta menyeimbangkan minyak alami pada kulit wajahmu.

Ingin mencoba membuat masker yoghurt untuk wajah? Berikut ini adalah beberapa ‘resep’ yang bisa kamu coba:

1. Melembabkan Kulit Wajah (untuk kulit kering)

  • Campur 2 sendok makan yoghurt plain dengan 1 sendok makan madu dan 1 - 2 sendok makan oatmeal. 
  • Aduk rata hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada wajah. 
  • Biarkan selama 10 - 15 menit, lalu bersihkan dengan handuk hangat.

2. Kulit yang Iritasi

  • Campur 50 - 60 gram yoghurt plain dengan 2 sendok makan gel aloe vera.
  • 1 sendok makan madu, 1/2 buah parutan timun yang telah dikupas, serta beberapa tetes minyak chamomile. 
  • Aduk dengan blender, lalu oleskan pada wajah dan biarkan selama 10 - 15 menit.

3. Mengatasi Kulit Kusam

  • Campur 1 sendok teh yoghurt plain dengan 1 sendok makan madu, 2 sendok makan almond yang telah dihaluskan, serta 1/2 sendok teh perasan lemon. 
  • Aduk hingga rata, lalu oleskan pada wajah. 
  • Biarkan selama 1 - 2 menit, lalu bilas dengan air hangat.

4. Kulit Berjerawat

  • Campur sekitar 3 - 4 sendok makan yoghurt dengan 1 sendok makan olive oil hingga rata. 
  • Oleskan pada wajah, lalu biarkan selama sekitar 30 menit. 
  • Setelah itu, bilas hingga bersih. 
  • Masker wajah ini bisa digunakan hingga 3 kali seminggu.
Sayangnya, kamu yang alergi pada produk susu dan asam alfa hidroksi tidak bisa menggunakan yoghurt sebagai bagian dari rutinitas untuk menjaga kecantikan. Tapi, banyak bahan alami lain yang bisa kamu manfaatkan untuk masker wajah, kok! Selamat mencoba!


Artikel Terkait

7 Kunci Diet Sehat Sambil Puasa, No.7 yang Paling Penting!
Sembari memenuhi kewajiban agama untuk beribadah, bagi sebagian orang, puasa kerap kali dijadikan momen dan kesempatan u..
Shella Rafiqah Ully
24 Mei 2019
Pastikan Tubuh Tetap Sehat Saat Puasa, Ini Rahasianya!
Ramadan jadi bulan yang dinanti umat muslim di seluruh dunia, tak hanya menahan lapar dan dahaga, momen puasa juga diman..
Shella Rafiqah Ully
23 Mei 2019
Langkah Bijak Agar Asam Lambung Tak Naik Saat Puasa
Meskipun setiap manusia memiliki asam lambung dan asam lambung diproduksi alami oleh tubuh untuk mengaktifkan enzim penc..
Shella Rafiqah Ully
14 Mei 2019