Tak Nyaman Karena GERD? Cobalah Cara Alami Menyembuhkan GERD berikut Ini!

Apa kamu pernah merasakan rasa sakit di sekitar perut bagian atas dan ulu hati, Lemonizen? Kalau iya, bisa jadi itu adalah gejala GERD! Kamu harus hati-hati tuh!

GERD (gastroesophageal reflux disease) atau acid reflux merupakan salah satu gangguan pada lambung yang menimbulkan rasa sakit tak tertahankan di sekitar perut atas atau ulu hati. GERD ini muncul akibat beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan oleh seseorang, seperti tidur setelah makan, obesitas, makan dengan bersandar, dan kebiasaan konsumsi makanan yang terlalu pedas. 

Ketika gejalanya kambuh, penderita GERD biasanya merasakan rasa sakit pada bagian perut atas (heartburn), dada, hingga ke tenggorokan. Selain itu, penderita GERD juga merasakan perut kembung, muntah darah, batuk dan sakit tenggorokan. banner consideration shipping bg blue 
Salah satu penanganan yang tepat untuk GERD adalah memberikan aspirin atau ibuprofen sebagai obat yang membantu meredakan rasa sakit. Namun, untuk mencegah GERD kambuh lagi dengan cara yang alami, lho. Ikuti beberapa tips penanganan dan penyembuhan GERD berikut ini!

Apple Cider Vinegar, Cita Rasa Asam Dari Apel yang Bantu Atasi Gejala GERD

Apple Cider Vinegar, Cita Rasa Asam Dari Apel yang Bantu Atasi Gejala GERD
Rasa asam dan segar dari Apple Cider Vinegar (ACV) ternyata bagus lho, guys untuk membantu mencegah GERD muncul kembali. Asam dalam Apple Cider Vinegar membantu memproduksi asam lambung dan menetralkan asam lambung yang naik ke saluran makanan. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mencampurkan 1 sendok makan ACV dengan 150 ml air putih. Untuk menambah manfaatnya, kamu bisa tambahkan madu atau perasan lemon ke dalam minuman ini. 

Minum Lebih Banyak Air Putih Untuk Menyembuhkan GERD

Minum Lebih Banyak Air Putih Untuk Menyembuhkan GERD
Air putih mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya menyembuhkan iritasi pada saluran makan dan menetralkan asam lambung yang sering bergejolak tiba-tiba. Disarankan, kamu mengonsumsi minimal 8 gelar air putih setiap hati. Penelitian menyebutkan bahwa semakin banyak minum air putih, semakin cepat pemulihan GERD itu terjadi. Hindari minuman berwarna untuk sementara waktu. 

Hindari Untuk Sementara Waktu Makanan atau Minuman Mengandung Kafein

Hindari Untuk Sementara Waktu Makanan atau Minuman Mengandung Kafein
Kafein pada dasarnya adalah bahan yang cukup tidak ramah untuk lambung. Namun, setiap kali kamu minum minuman berkafein, lambung mencoba menetralkan asam yang ada di dalam kafein. Itulah alasannya kamu baik-baik saja ketika minum kopi atau teh.banner consideration promotion bg blue Ketika kamu mengalami gejala GERD, disarankan untuk berhenti terlebih dahulu minum-minum makanan atau minuman berkafein. Konsumsi makanan dan minuman ini bisa memperparah iritasi di saluran pencernaan. 

Jus Lidah Buaya (Aloe Juice) Juga Baik Untuk Bantu Menetralkan Kondisi Perut Pasca GERD 

Jus Lidah Buaya (Aloe Juice) Juga Baik Untuk Bantu Menetralkan Kondisi Perut Pasca GERD
Selain membantu menyuburkan rambut dan menyehatkan kulit, jus lidah buaya (aloe vera juice) nyatanya juga cocok untuk menenangkan gejala GERD yang kamu miliki. Sensasi adem dan menenangkan dari lidah buaya membantu memberikan kelegaan di sekitar area perut. Konsumsi 1/4 sampai 1/2 cup jus lidah buaya (aloe vera juice) sebelum makan atau saat terjadinya GERD. 

Usahakan Untuk Mengunyah Makanan Pada Level yang Paling Maksimal

Usahakan Untuk Mengunyah Makanan Pada Level yang Paling Maksimal
Para ahli menyarankan masyarakat untuk mengunyah makanan pada level yang paling maksimal. Hal ini meminimalisir terjadinya iritasi atau luka pada saluran makanan akibat makanan yang terlalu kasar. Khusus untuk penderita GERD, kamu tetap harus mengunyah makanan yang kamu konsumsi pada level paling halus. Hal ini bukan berarti kamu hanya boleh makan makanan yang halus saja, seperti bubur. Makanan yang halus membuat luka pada saluran pencernaan kamu tidak menjadi tambah parah. 

Perbanyak Serat Untuk Sembuhkan Luka dan Iritasi Pada Saluran Pencernaan

Perbanyak Serat Untuk Sembuhkan Luka dan Iritasi Pada Saluran Pencernaan
Ketika GERD menyerang, kamu menjadi sangat perlu dalam mengonsumsi asupan serat yang cukup. Dari dalam, serat mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan iritasi pada saluran pencernaan. Selain itu, serat memaksimalkan pencernaan untuk tetap baik. Kamu bisa dapatkan serat itu dari asupan buah-buahan atau sayuran hijau. 

Ubah Kebiasaan Makan Lebih Jadi Sering Dengan Asupan yang Lebih Sedikit

Ubah Kebiasaan Makan Lebih Jadi Sering Dengan Asupan yang Lebih Sedikit
Untuk kamu para penderita GERD, kamu juga mesti mulai mengatur jam makanan dan asupan makanan agar lebih sehat. Mulailah aplikasikan cara makan dengan asupan yang lebih kecil setiap kali makan, namun dengan intensitas yang lebih seringbanner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green Jadi, kamu juga perlu sempatkan menyiapkan makanan atau snack di sela-sela jam makan. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami