Tak Semua Buruk, Inilah Jenis Alkohol yang Baik Untuk Kecantikan Kulit Wanita!

06 Sep 2018 @ 18:33:08
Menjadi wanita cerdas sama saja menjadi wanita jeli dan teliti, apalagi soal produk kecantikan yang akan digunakan sehari-hari. Kamu perlu memahami apa yang menjadi bahan-bahan pembuatan skincare atau kosmetik yang kamu gunakan. Banyak sekali produk yang menggunakan bahan-bahan yang tidak ramah terhadap tubuh dan bahkan berbahaya, semisal alkohol di produk skincare.

Penggunaan alkohol di produk skincare menyimpan problema tersendiri di kalangan para wanita. Pasalnya, banyak laporan yang menyebutkan bahwa beberapa jenis alkohol membuat kulit menjadi kering, rusak dan pecah-pecah. Itulah sebabnya produk skincare beralkohol sering dijauhi para kaum hawa. Namun, cek lagi produk skincare kesayanganmu! Beberapa jenis alkohol ini aman untuk kecantikan kulit wanita!

1. Cetearyl Alcohol, Alcohol yang Beri Tekstur Pada Produk Skincare

Cetearyl Alcohol, Alcohol yang Beri Tekstur Pada Produk Skincare

Pada dasarnya, Cetearyl Alcohol merupakan zat pengemulsi di dalam sebuah produk skincare. Zat in turut memberikan tekstur terhadap produk cream dan lotion yang sering digunakan oleh kaum hawa. Pada produk conditioner, cetearyl alcohol memberikan efek kental dan bertekstur. Biar begitu, zat ini aman untuk kulit karena diambil dari tumbuh-tumbuhan dan mampu melembabkan dan mencegah iritasi.

2. Stearyl Alcohol, Alkohol yang Didapat Dari Minyak Kelapa

Stearyl Alcohol, Alkohol yang Didapat Dari Minyak Kelapa

Stearyl Alcohol merupakan satu jenis alkohol yang didapat dari lemak yang ada pada minyak kelapa. Stearyl Alcohol bersifat menenangkan dan melembutkan pada kulit dan rambut. Bahan yang satu ini sering ditemukan di produk shampoo, lotion, dan conditioner. Selain itu, bahan ini juga membentuk tekstur pada produk tersebut.

3. Cetyl Alcohol, Alkohol yang Didapat Dari Palm Oil 

Cetyl Alcohol, Alkohol yang Didapat Dari Palm Oil

Sama seperti stearyl alcohol, cetyl alcohol didapat dari minyak, yaitu palm oil. Bahan ini bekerja sebagai pengemulsi, pengental dan carrying agent di produk skincare dan kosmetik. Walaupun disebut sebagai alkohol, Cetyl alcohol tidak bersifat iritasi atau membuat kulit menjadi kering. Sebaliknya, bahan ini membantu untuk melembabkan dan menyehatkan kulit dan rambut sehat kamu. 

4. Behenyl Alcohol, Pengemulsi yang Bantu Melembabkan dan Menghaluskan Kulit

Behenyl Alcohol, Pengemulsi yang Bantu Melembabkan dan Menghaluskan Kulit

Behenyl alcohol merupakan salah satu jenis alkohol yang banyak dimasukkan dalam produk kosmetik dan kecantikan kulit wanita. Behenyl Alcohol ini membantu untuk memberikan perbedaan kekentalan pada sebuah produk, seperti shampoo, lotion, ataupun conditioner. Hanya, behenyl alcohol berbeda dengan alkohol pada umumnya  yang biasanya membuat kulit kering. Bahan yang satu ini membantu melembutkan dan melembabkan kulit tubuh dan kulit kepala. 

Jadi, sudah cek bahan pembuatan produk skincare-mu, Lemonizen?

Artikel Terkait

Hari Kemerdekaan RI, Kamu Juga Harus Merdeka dari 3 Hal Ini!
Hari kemerdekaan Republik Indonesia selalu dirayakan dengan meriah dan penuh hikmat di seluruh sudut negeri ini. N..
Shella Rafiqah Ully
18 Agustus 2019
Bahaya, Polusi Udara Jakarta Terburuk di Dunia!
Apa kamu warga ibukota yang sering beraktivitas di luar ruangan? Kalau iya, kamu sudah harus khawatir dengan kondis..
Shella Rafiqah Ully
31 Juli 2019
Hari Anak Nasional: Keluarga Kunci Penting Anak Bahagia
Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli setelah digagas oleh Presiden kedua Republik Indonesia Soeharto. Peri..
Shella Rafiqah Ully
23 Juli 2019