Takut Kena Kanker? Mulailah Cegah Dengan Makanan Ini!

01 Nov 2017 @ 16:59:55
Takut Kena Kanker? Mulailah Cegah Dengan Makanan Ini!
Kanker. Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar kata “Kanker”? 
Penyakit yang sulit disembuhkan? 
Pembunuh? 
Takut?

Di Indonesia, kanker menjadi salah satu jenis penyakit yang banyak ditakuti dan coba dijauhi. Tak sedikit yang menganggap bahwa terjangkit kanker adalah tanda akhir hidup. Anggapan ini semakin berkembang dan menjadi phobia tersendiri di masyarakat. Pandangan ini tidaklah sepenuhnya salah karena menurut data WHO, kanker menjadi salah satu pembunuh terbesar di dunia dengan angka 8.8 juta kematian di seluruh dunia pada tahun 2015. Diprediksi angka ini akan terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Lalu, apa sebenarnya kanker itu? Kanker merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan sebuah penyakit dimana sel-sel abnormal membelah tanpa kontrol dan menyerang jaringan sel lainnya. Sel-sel yang kemudian disebut dengan sel kanker ini menyebar melalui darah dan sistem limfa. Nama kanker umumnya diambil dari tempat tumbuhnya sel-sel kanker tersebut, misalnya jika sel kanker tumbuh di otak, maka dinamakan kanker otak. Beberapa jenis kanker yang dikenal dalam dunia kesehatan, antara lain: Carcinoma, Sarcoma, Leukemia, Lymphoma (Myeloma), dan Central Nervous System Cancer.

Biar begitu, Anda tak perlu takut berlebihan mengenai kanker dan akibat yang akan ditimbulkan pada tubuh Anda. Anda bisa mulai mencegahnya dari sekarang dengan olahraga teratur, tidur yang cukup, dan pastinya makan makanan bergizi yang memang punya manfaat mencegah timbulnya sel-sel kanker. Apa saja makanan-makanan pencegah kanker itu? Yuk, ketahui dan lengkapi pengetahuan Anda dalam artikel ini!

Makanan Pencegah Kanker

Banyak menyebutkan bahwa sel-sel kanker tumbuh akibat pola makan yang kurang tepat. Selain itu, kurangnya pengetahuan mengenai makanan yang dapat menyebabkan kanker dan makanan yang mencegah kanker menjadi penyebab lain dari banyaknya pengidap kanker di dunia, terutama di Indonesia. Berikut beberapa jenis makanan dan minuman pencegah kanker yang bisa Anda mulai konsumsi dan masukkan dalam menu sehat Anda.

  • Sayuran dan Buah-Buahan

Sayuran dan buah-buahan berwarna mengandung banyak nutrisi yang mampu mencegah dan memerangi sel-sel kanker dalam tubuh. Sayuran hijau dan buah-buahan (termasuk berries) menjadi pilihan terbaik untuk mencegah kanker. 

Tak hanya itu, Anda juga menjadikan Cruciferous Vegetables sebagai pilihan pencegah kanker Anda. Cruciferous Vegetables mencakup beragam jenis sayuran seperti arugula, bok choy, brokoli, kembang kol, selada, cauliflower, terong ungu, sawi hijau, dan kale. Jenis sayuran ini mengandung gluthatione yang dikenal sebagai Master Antioxidant untuk memerangi sel kanker dan melindungi struktur DNA sel. Tak hanya itu, Cruciferous Vegetables juga mampu memperkuat sistem imun tubuh Anda. 

  • Minyak Ikan

Minyak ikan juga mampu membantu Anda dalam mencegah kanker karena jenis minyak ini mengandung omega-3 tinggi yang berlaku sebagai zat anti inflamasi di dalam tubuh. Proses inflamasi di dalam tubuh ini bisa memicu terjadinya pembelahan sel-sel kanker. 

Selain itu, minyak ikan juga kaya akan vitamin A yang membantu melawan dan membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh. Beberapa jenis kanker yang terbukti dicegah dengan minyak ikan antara lain kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus.  

  • Bumbu Masak & Tanaman Herbal

Sudah sejak lama diketahui bahwa ada banyak jenis bumbu masak dan herbal yang mampu Anda konsumsi dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Kunyit, misalnya, mengandung curcumin yang baik dalam menurunkan ukuran tumor dan membantu melawan kanker payudara dan kanker usus. 

Selain kunyit, beberapa bumbu dan herbal alami yang baik untuk melawan kanker antara lain jahe, bawang putih mentah, daun thyme, lada cayenne, oregano, basil, dan parsley.  

  • Kacang-Kacangan & Biji-Bijian

Kacang-kacangan & biji-bijian merupakan 2 bahan makanan yang juga baik dalam mencegah ataupun mengurangi sel-sel kanker di dalam tubuh. Di dalam kacang-kacangan & biji-bijian, terdapat zat antioksidan tinggi yang mencegah sel-sel tubuh Anda dari radikal bebas. 

Selain itu, kacang-kacangan & biji-bijian juga mengandung Pytochemicals yang melindungi dinding sel dari kerusakan. Kerusakan dinding sel ini umumnya berdampak pada bertumbuhnya sel-sel kanker. 

  • Teh Hijau

Mungkin Anda sudah memahami bahwa teh hijau menyimpan banyak manfaat ketika Anda mengonsumsinya. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang membantu menangkal radikal bebas yang dapat mempengaruhi bentuk dan struktur DNA sel. 

Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa Polyphenolic, Cathechin, Gallocatechin, dan EGCG yang mempekuat dinding sel dan melindunginya dari kerusakan yang berdampak pada bertumbuhnya sel-sel abnormal kanker di dalam tubuh Anda. 

  • Cultured Dairy Products

Keju, yogurt, kefir dan produk fermentasi susu lainnya ternyata juga baik dalam mencegah sel-sel kanker menyebar di tubuh Anda. Produk-produk fermentasi susu (Cultured Dairy Products) ini kaya akan bakteri baik Probiotics yang memperkuat sistem imun dan menyehatkan organ-organ metabolisme seperti lambung, usus, dan kerongkongan. 

Selain itu, cultured dairy products juga menghasilkan protein sulfur dan lemak jenuh yang bermanfaat untuk mencegah dan memerangi sel-sel kanker di dalam tubuh. 

  • Healthy Unrefined Oil

Tahukah Anda kalau kebanyakan minyak goreng yang Anda gunakan merupakan jenis Refined Oils yang dapat memicu sel-sel kanker di dalam tubuh Anda? Lemak trans di dalam refined oils menyebabkan kerusakan pada dinding sel sehingga memicu pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. 

Untungnya, Anda bisa mulai menggantinya dengan jenis Unrefined Oils seperti Virgin Coconut Oil atau Olive Oil yang bebas dari lemak trans dan kaya akan lemak jenuh untuk mencegah dan memerangi sel-sel kanker.
 
Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak ditimbulkan dari kebiasaan dan pola makan yang tak sehat. Perubahan pola makan menjadi lebih sehat tentunya akan berdampak pada sehatnya tubuh Anda dan bebasnya Anda dari ancaman penyakit kanker yang mematikan. Andapun juga bisa mulai mengonsumsi jenis makanan yang sudah teruji dapat mencegah dan membantu memerangi sel-sel kanker di dalam tubuh. 

Lemonilo, sebagai partner hidup sehat Anda, senantiasa memberikan produk-produk terbaik untuk membantu Anda terbebas dari ancaman kanker. Beberapa jenis makanan yang dapat mencegah kanker dapat Anda temukan dan dapatkan di Lemonilo. Mulailah bergaya hidup sehat dan nikmati hidup yang terbebas dari kanker yang mematikan!

Ditulis oleh:

Artikel Terkait

Hati-Hati! Pikiran Anda Terhadap Makanan Berdampak Pada Tubuh
“Jika kita melihat suatu makanan yang sama, belum tentu kita memandang dan mencernanya dengan cara yang sama”Perasaa..
OT Handoko
22 November 2017
Ternyata Kebahagiaan Hidup Anda Tergantung Pada Makanan juga Lho!
Ada banyak hal yang bisa saja membuat bahagia. Anda bisa saja melakukan hal-hal yang membuat hati Anda ceria seperti jal..
OT Handoko
22 November 2017
Apa sih bedanya Oatmeal dan Granola?
Gaya hidup sehat yang semakin booming membuat masyarakat terdorong mencari produk-produk sehat yang ramah dengan tubuh d..
OT Handoko
21 November 2017