Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Tanpa Obat, Ini 5 Cara Mengatasi Sesak Nafas

Rizki Indra
Rizki Indra
23 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Cara mengatasi sesak nafas bisa dilakukan tanpa obat dengan mudah.

Sesak nafas atau disebut dyspnea merupakan kondisi kurangnya pasokan udara yang masuk ke paru-paru. Cara mengatasi sesak nafas sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah tanpa obat-obatan. Tapi jika sesak nafas yang dialami disertai penyakit seseorang tetap harus mendapatkan pengobatan.


Sesak nafas bisa terjadi pada seseorang yang tidak menderita penyakit yang berhubungan dengan pernafasan. Ketika organ pernapasan pada tubuhnya bekerja lebih berat lantaran kurangnya pasokan udara dan oksigen yang masuk. Sesak nafas bisa menjadi sebuah pertanda terkait dengan kondisi medis seseorang. Ketika mengalami sesak nafas bisa jadi adanya gangguan pada organ pernafasannya atau masalah kesehatan lain.


Sesak nafas yang di terjadi karena gangguan paru-paru diantaranya karena penyakit asma, kanker paru-paru, pneumonia, emboli paru, efusi pleura dan lainnya. Sedangkan untuk penyebab lainnya dapat terjadi karena seseorang mengidap penyakit gagal jantung, stroke, penyempitan jantung, anemia, obesitas, serangan panik, atau karena tubuh sedang kelelahan. Berikut ini beberapa cara mengatasi sesak nafas yang mudah dilakukan sebagai pertolongan pertama.

1. Bernafas Melalui Mulut


Ketika merasa sesak napas hal pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan bernafas melalui mulut. Cara ini dapat membantu memperlambat laju pernafasan. Dengan begitu membuat setiap nafas yang diambil menjadi lebih dalam. Cara ini sangat tepat diterapkan saat mengalami sesak nafas karena mengalami rasa cemas. Bernafas melalui mulut juga bisa membantu melepaskan oksigen yang terperangkap di paru-paru.


Cara melakukannya dengan duduk tegak dan sandarkan punggung dan bahu ke kursi. Lalu cobalah untuk lebih rileks terutama di bagian otot leher dan bahu. Tarik nafas dengan perlahan melalui hidung selama dua hitungan dan jangan membuka mulut. Kemudian agak kerucutkan bibir seperti hendak bersiul dan keluarkan nafas dengan perlahan-lahan melalui mulut hingga hitungan keempat. Lakukan cara tersebut selama 10 menit untuk mengurangi rasa sesak nafas.

2. Memperdalam Nafas


Cara selanjutnya dengan bernafas lebih dalam, cara ini juga dapat membantu meringankan rasa sesak nafas. Caranya dengan berbaring di atas tempat tidur dan letakkan tangan di atas perut. Kemudian tarik nafas secara dalam melalui hidung hingga paru-paru terisi penuh udara. Tahan hingga beberapa detik kemudian keluarkan nafas melalui mulut dan ulangi selama 5 hingga 10 menit.

3. Mengkonsumsi Jahe


Jahe memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Termasuk dalam mengatasi sesak nafas. Mengkonsumsi jahe segar dapat membantu mengurangi rasa sesak nafas yang disebabkan karena infeksi pernafasan. Menurut sebuah penelitian, jahe cukup efektif mengatasi virus yang menjadi penyebab infeksi pernafasan. Caranya siapkan jahe segar yang sudah dibersihkan lalu dimemarkan dan diseduh dengan air hangat.

4. Menghirup Uap Air Panas


Cara selanjutnya yang bisa dicoba yaitu dengan menghirup uap air panas. Menghirup uap air panas bisa menjaga saluran pernafasan tetap bersih sehingga nafas menjadi lebih baik. Cara melakukannya dengan menyiapkan wadah berisi air panas jika ada tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint atau minyak kayu putih. Posisikan wajah menghadap wadah tersebut dan hirup uap air secara dalam-dalam.

5. Mencari Udara Bersih


Jika mengalami sesak nafas saat berada di wilayah penuh dengan polusi. Sebaiknya mencari tempat lain yang memiliki kualitas udara yang baik. Dengan menghirup udara bersih akan membuat pernafasan berjalan lebih baik.


Itulah cara mengatasi sesak nafas yang mudah dan cepat. Agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari rasa sesak nafas, sebaiknya mulai mengkonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga. Dengan begitu, tubuh bisa menjadi lebih sehat dan sesak nafas bisa dihindari.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.