Telat Haid, Apakah Tanda Kamu Hamil?

06 Jun 2018 @ 12:25:51
Haid atau menstruasi merupakan hal yang wajar terjadi pada remaja dan wanita dewasa. Pada waktu haid, dinding rahim meluruhkan darah melalui vagina akibat tidak adanya fase pembuahan yang terjadi. Biasanya, siklus menstruasi terjadi selama 28 hari walaupun tidak semua wanita memiliki siklus yang sama. 

Perbedaan siklus ini memang terkadang membuat banyak wanita khawatir, terutama ketika mereka terlambat menstruasi atau haid. Fenomena terlambat ini memang erat kaitannya dengan kehamilan, namun apakah selalu begitu? Jangan dulu panik, berikut beberapa penyebab terlambat haid yang lainnya. 

Stress bisa sebabkan kamu jadi telat haid lho!

Stress bisa sebabkan kamu jadi telat haid lho!

Stress ternyata juga bisa membuat siklus haidmu menjadi tidak lancar, lho. Aktivitas hidup yang membuat kamu menjadi menanggung beban berat dan pikiran membuat keseimbangan hormon dan kinerja otak yang mengatur mengenai menstruasi jadi terganggu. 

Untuk mengatasi ini, kamu bisa relaksasi sedikit ketika pekerjaan mulai mencapai titik stress tinggi atau stretching untuk melegakan tubuh. Siapkan beberapa jenis makanan atau minuman serta produk kecantikan yang bisa melepaskan kamu dari stress.

Siklus Haid Telat Juga Bisa Jadi Tanda Ada Gangguan Kesehatan Dalam Tubuhmu

Siklus Haid Telat Juga Bisa Jadi Tanda Ada Gangguan Kesehatan Dalam Tubuhmu

Selain stress, telat haid atau menstruasi menandakan bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuhmu. Ada gangguan kesehatan yang sedang menjangkiti tubuhmu, salah beberapa yang mungkin terjadi adalah Diabetes dan PCOS (Polycystic Ovary Symptom). Kedua jenis gangguan kesehatan ini mengganggu keseimbangan hormon tubuh yang mengatur jalannya siklus haid. 

Untuk mengatasi ini, kamu wajib mengubah gaya hidup dan pola makan jadi lebih sehat. Perbanyak sayuran dan buah-buahan. Apple Cider Vinegar juga diketahui mampu kembalikan keseimbangan hormon.

Kalau Haid Telat, Bisa Jadi Berat Badanmu Sedang Naik atau Turun Drastis

Kalau Haid Telat, Bisa Jadi Berat Badanmu Sedang Naik atau Turun Drastis

Salah satu penyebab terbesar dari kamu telat haid atau menstruasi adalah meningkat dan menurunnya berat badan secara drastis. Ketika berat badan meningkat, tubuhmu menghasilkan banyak hormon estrogen yang menyebabkan dinding rahim menebal dan proses ovulasi terhenti. Ketika berat badan menurun, frekuensi ovulasi juga ikut menurun sehingga haid menjadi jarang. 

Sebagai solusinya, kamu perlu konsultasikan ke dokter mengenai hal ini. Atau, kamu bisa mengelola hidupmu dengan lebih baik lagi, yaitu dengan kembali mengonsumsi makanan sehat, terutama makanan nabati dan mengurangi makanan hewani. 

Tidur & Istirahat yang Tidak Pernah Cukup

Tidur & Istirahat yang Tidak Pernah Cukup
Waktu tidur yang kurang dan tidak cukup mempengaruhi kerja hormon dan otak yang memproses siklus menstruasimu. Itulah sebabnya jika siklus tidurmu tidak bagus, siklus haidmu bisa jadi tidak bagus. Kalau sudah begini, obat satu-satunya adalah memperbaiki siklus tidurmu setiap hari. 

Jika kamu punya kesulitan dalam tidur, kamu bisa minum beberapa gelas air putih hangat sebelum tidur untuk memberikan efek rileks dalam tubuh. Selain itu, kamu juga bisa memberikan aromatherapy pada ruangan tempat tidurmu sehingga suasana tidurpun semakin nyaman. 

Nah, itu dia beberapa penyebab dari haid atau menstruasi yang terlambat. Siklus yang terlambat tidak serta merta tanda dari kehamilan. Jika kamu pernah melakukan hubungan seksual, faktor kehamilan bisa jadi sangat besar penyebabnya. Namun, jika kamu belum pernah, beberapa faktor di atas bisa jadi pertimbangan. Yang terpenting, hidup sehat selalu memberikan rasa aman dan nyaman untuk dirimu.


Artikel Terkait

MPASI Bayi yang Sehat Dan Bergizi? Inilah 10 Pilihan Terbaiknya!
Tumbuh kembang bayi secara optimal sangat tergantung pada asupan nutrisi yang dia dapatkan melalui makanan sehat untuk b..
Andesma. W
01 Oktober 2018
Apakah Tubuh Manusia Sangat Butuh Probiotik? Temukan Jawabannya Di Sini!
Lemonizen pasti pernah lihat iklan yogurt atau minuman susu fermentasi, bukan? Iklan-iklan produk tersebut sering menonj..
OT Handoko
01 Oktober 2018
Kaldu Itu Sebenarnya Sehat atau Nggak Sih?
Apakah kamu selalu sering memasak sup untuk makan siang atau makan malam? Tentunya, kamu sangat familiar dengan kaldu, b..
OT Handoko
28 September 2018