Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Tepung Sagu Dapat Mengobati Penyakit Asam Lambung? Begini Caranya

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Jun 2020
Clock Icon
4 menit
Tepung Sagu Dapat Mengobati Penyakit Asam Lambung? Begini Caranya
Sagu sudah biasa dikonsumsi sehari-hari oleh warga Papua dan Maluku. Olahan sagu biasanya berbentuk banyak sekali jenisnya seperti, tepung, gula, sampai beras sagu. Sagu juga bisa diolah menjadi tepung yang dapat dipakai untuk bahan baku berbagai olahan.  Tepung sagu memiliki banyak manfaat karena kandungannya yang bernutrisi dan beragam. 

Kandungan gizi terbanyak pada sagu adalah karbohidrat murni. Karbohidrat tersebut tergolong dalam kategori makronutrien yang diperlukan tubuh dalam jumlah banyak sebagai bahan energi dan fungsi otak. Di setiap 100 gram sagu ternyata mengandung 86 gram karbohidrat, 1 gram serat, 0,5 gram protein, 350 kalori, 3 miligram sodium, 5 miligram potasium, 0,2 gram lemak total, dan 0,1 gram lemak jenuh.

Meskipun bukan termasuk makanan yang rendah kalori dan sumber protein serta serat yang baik, tapi ada kandungan sagu seperti, lemak jenuh yang sangat sedikit. Jadi, secara totalitas nutrisi dalam sagu masih termasuk relatif lengkap meski jumlahnya tidak banyak. Tepung sagu memiliki kandungan gizi yang baik, jadi ia pun mempunyai beberapa manfaat sagu bagi kesehatan. 

1. Melindungi Sistem Pencernaan dan Mengobati Asam Lambung 



Tepung sagu dipercaya mampu membantu untuk memperbaiki adanya gangguan pada sistem pencernaan. Diantaranya adalah kembung, sembelit, asam lambung, maag, dan gangguan pencernaan lainnya. Tepung dari sagu bekerja meningkatkan produksi enzim pencernaan dan pergerakan usus secara keseluruhan dengan melindungi usus supaya tidak kering. Oleh karenanya, sagu biasanya diresepkan untuk pasien penyakit gastroenteritis atau muntaber, sebab dapat memberi efek yang menenangkan dan mendinginkan perut dari rasa sakit. 

2. Sumber Energi Bagi Tubuh 



Tepung sagu mempunyai kandungan karbohidrat dalam jumlah yang banyak. Kandungan ini bisa menjadi solusi alternatif yang sangat bagus untuk suplemen alami penambah energi di dalam tubuh. Dalam tubuh memerlukan banyak energi untuk relaksasi setelah melakukan olahraga yang berat. 

Jadi, sagu ini bisa membantu untuk mengisi kembali energi yang habis. Hal ini disebabkan oleh, sagu bisa meningkatkan produksi glukosamin alami dalam tubuh yang mampu memperbaiki seluruh pergerakan sendi dan memulihkan otot di sekelilingnya. 

3. Membantu Tulang dan Sendi Lebih Sehat  



Kandungan kalsium, zat besi dan mineral lainnya yang ada dalam tepung dari sagu dapat membantu untuk memperbaiki tulang dan persendian. Cara kerjanya, sagu akan meningkatkan produksi glukosamin, yang mempengaruhi kepadatan tulang, fleksibilitas, dan gerakan sendi. Kandungan glukosamin yang naik, otomatis akan membuat produksi cairan sinovial yang berada dalam jumlah kecil di antara selubung sendi dan selubung tendon meningkat sehingga bermanfaat untuk fleksibilitas gerakan persendian.banner consideration promotion bg blue  

4. Membantu Menjaga Suhu Tubuh Agar Tetap Dingin 



Faktanya, sagu juga mampu membantu meredakan panas yang disebabkan oleh demam berlebihan dari dalam tubuh. Umumnya, ketika seseorang konsumsi antibiotik, maka efek sampingnya tubuh akan menghasilkan produksi panas yang berlebihan. Sehingga, guna meredakan panas tubuh secara efektif, konsumsi sagu bisa menjadi solusi yang bagus
Hal ini dikarenakan sagu mempunyai efek pendinginan yang menenangkan tubuh dengan mengendalikan kelebihan produksi empedu. Berdasarkan “The New Oxford Book of Food Plants”, obat tradisional India memakai sagu yang dipadu dengan nasi untuk membantu mendinginkan tubuh. Makanya, sagu dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit dampak dari suhu panas yang terlalu tinggi di dalam tubuh seperti, demam.

5. Mengatasi Darah Tinggi 



Pada zaman dahulu, ternyata akar tapioka sudah biasa dimanfaatkan untuk menyembuhkan stres, hipertensi, sekaligus memegang peranan penting dalam perawatan alami untuk masalah kardiovaskular. Dalam 100 gram sagu berisi sekitar 5 miligram potasium. Kandungan potasium yang ada pada sagu diyakini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan keseluruhan sistem kardiovaskular. Sehingga, sagu menjadi salah satu pengobatan terpopuler untuk mengatasi masalah hipertensi. 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Nah, itulah ulasan tentang beberapa kandungan dan manfaat dari tepung sagu yang baik untuk kesehatan, terutama untuk pencernaan. Dengan berbagai manfaat ini jangan ragu untuk menggunakan tepung ini untuk berbagai olahan yang kamu senangi ya! 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.