Terkesan Menakutkan, Ternyata Inilah 5 Manfaat Kesehatan Dari Donor Darah!

07 Aug 2018 @ 11:36:19
Banyak hal yang punya banyak manfaat untuk diri sendiri dan sesama, salah satunya adalah donor darah. Sayangnya, banyak orang enggan melakukan donor darah dengan alasan tidak terlalu penting atau takut dengan jarum yang digunakan untuk donor darah. Selain itu, banyak juga yang enggan karena khawatir dengan tingkat sterilitas dari peralatan yang digunakan. 

Padahal, banyak orang sudah mengakui bahwa donor darah merupakan kegiatan yang sangat baik dan bermanfat. Bahkan, Mega Bintang Sepakbola Juventus, Cristiano Ronaldo merupakan sosok yang rajin untuk mendonorkan darahnya. Selain karena masalah kemanusiaan, CR7 mengatakan bahwa donor darah membantu kesehatan dan kebugaran tubuhnya. 

Memangnya, apa saja sih manfaat dari donor darah selain soal kemanusiaan? Yuk, simak rame-rame di artikel ini. Namun, sebelum itu, cari tahu dulu apa yang harus dilakukan sebelum donor darah. 

Hal yang Wajib Dilakukan Untuk Donor Darah

Hal yang Wajib Dilakukan Untuk Donor Darah

Donor darah merupakan sebuah kegiatan yang baik dan bermanfaat. Untuk itu, akan sangat baik jika kamu juga melakukan hal yang tepat agar donor darah kamu bisa berjalan dengan baik. Beberapa hal yang wajib dilakukan untuk donor darah: 

1. Makan Makanan yang Kaya Akan Zat Besi (Iron)

Zat besi merupakan zat yang dibutuhkan untuk mempercepat atau menstimulasi perbanyakan sel darah merah dan pembawa oksigen pada sel darah merah. Untuk itu, sebelum melakukan donor atau donasi darah, kamu makan makanan yang mengandung zat besi seperti daging, ayam, seafood, telur, bayam, buah-buahan dan hati ayam atau sapi, untuk mencegah terjadinya anemia setelah donor darah.

2. Tidur Cukup

Tak hanya soal makanan, kamu juga wajib untuk tidur cukup. Pasalnya, kurang tidur dapat menyebabkan tekanan darah kamu menjadi rendah. Jika tubuhmu punya tekanan darah yang rendah, donor darah sulit untuk dilakukan. 

3. Minum Banyak Air Sebelum dan Sesudah Donor Darah

Ketika proses donor darah, tak hanya darah yang terambil, namun juga cairan dalam tubuh juga ikut terbawa masuk ke kantong darah. Untuk itu, sangat penting untuk kamu minum air putih yang cukup banyak sebelum dan sesudah melakukan donor untuk menghindari dehidrasi saat proses atau sesudah donor. 

4. Hindari Beberapa Hal Sebelum Donor Darah

Hindari Beberapa Hal Sebelum Donor Darah

Untuk mendapatkan proses donor darah yang bermanfaat dan berfaedah, agaknya ada beberapa hal yang wajib kamu hindari, yaitu hindari minum alkohol sebelum donor darah, hindari makanan berlemak, hindari minuman berkafein (teh & kopi), makanan yang tinggi kalsium (susu, yogurt, & keju), dan tidak mengonsumsi cokelat.

Manfaat Alami dari Seringnya Kamu Donor Darah 

Setelah kamu tahu soal Do's and Don'ts dari donor, inilah saatnya kamu tahu seberapa jauh donor darah bisa bantu mempertahankan kesehatan dan kebugaran kamu. Tak seburuk seperti banyak dibilang, donor darah merupakan kegiatan yang menyenangkan karena selain bisa membantu orang lain, kamu juga bisa merasakan beberapa manfaat, seperti: 

Mencegah Penyakit Jantung dan Liver Akibat Tubuh Kelebihan Zat Besi

Mencegah Penyakit Jantung dan Liver Akibat Tubuh Kelebihan Zat Besi

Zat besi (Iron) memang merupakan zat yang dibutuhkan darah untuk proses perbanyakan darah dan penyebaran oksigen di dalam tubuh. Hanya, jika kadar zat besi di dalam tubuh berlebihan dan tidak sanggup diserap semua oleh darah, zat besi akan lantas tersimpan di dalam organ-organ seperti jantung, liver, ataupun pankreas. Hal ini bisa menyebabkan gagal jantung, kelainan pada liver, dan kerusakan pankreas.

Meningkatkan Kebugaran Tubuh Dengan Menggantikan Sel Darah yang Hilang

Meningkatkan Kebugaran Tubuh Dengan Menggantikan Sel Darah yang Hilang

Ketika donor darah dilakukan, tubuhmu kehilangan sejumlah darah yang ditarik keluar tubuh. Untuk itu, tubuh akan berusaha untuk menggantikan sel darah yang hilang dengan sel darah yang baru. Proses inilah yang membuat tubuhmu akan semakin sehat dan bugar senantiasa.

Donor Darah Mencegah Kamu Dari Resiko Kanker yang Berbahaya

Donor Darah Mencegah Kamu Dari Resiko Kanker yang Berbahaya

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kelebihan kadar zat besi (iron) dalam tubuh bukanlah sesuatu yang baik. Hal ini dikarenakan zat besi yang terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan sel yang disebabkan oleh proses oksidasi di dalam tubuh. Proses oksidasi ini lekat dengan terjadinya kanker, seperti kanker hati, kanker usus besar, kanker paru-paru, dan kanker lambung. Untuk itu, donor darah menyebabkan kadar zat besi di dalam tubuh dalam level yang tepat dan sehat. 

Membantu Kamu Untuk Menurunkan Berat Badan

Donor darah Membantu Kamu Untuk Menurunkan Berat Badan

Fakta ini bisa jadi merupakan fakta yang cukup mengejutkan. Pasalnya, belum banyak orang yang paham bahwa donor darah dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut Lifehack, sekali kamu melakukan donor darah mengurangi kalori di dalam tubuhmu hingga 650 kkal. Hanya, kegiatan ini tidak dapat dilakukan berkali-kali. Waktu aman untuk donor darah adalah dua atau tiga bulan sekali. 

Rasa Senang Dan Nyaman Karena Membantu Kebutuhan Darah Orang Lain

Rasa Senang Dan Nyaman Karena Membantu Kebutuhan Darah Orang Lain

Donor darah membantu mempengaruhi mood dan mengurangi resiko depresi pada seseorang. Hal ini dikarenakan perasaan senang dan nyaman ketika mendonor darah karena paham bahwa darah yang kamu salurkan nantinya akan membantu menyelamatkan banyak jiwa dimanapun juga. 

Setelah tahu manfaatnya, siap untuk donor darah hari ini? 


Artikel Terkait

Stunting itu Berbahaya Lho, Bunda! Kenali Gejala, Bahaya, dan Penanganannya Sejak Dini!
Pernah nggak sih Bunda ngelihat anak-anak yang tingginya kurang? Di beberapa daerah, anak-anak seperti ini ser..
Andesma. W
18 Oktober 2018
Sering Stuck dan Telat Mikir? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya!
Stuck dan telat mikir seringkali mengganggu aktivitas ya, guys? Ketika pekerjaan lagi banyak-banyaknya, otak kamu m..
OT Handoko
17 Oktober 2018
Lebih Dekat Dengan Abigail Cantika & Kebiasaan Sehatnya
Sebagai tech-based healthy lifestyle brand, tidak ada kata bosan untuk Lemonilo dalam memberikan edukasi dan membentuk h..
OT Handoko
17 Oktober 2018