Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ternyata Ada 5 Manfaat Permen Karet Buat Kita Loh

Rizki Indra
Rizki Indra
02 Sep 2020
Clock Icon
3 menit
Ternyata Ada 5 Manfaat Permen Karet Buat Kita Loh
Banyak anak muda yang suka mengunyah permen karet. Rasa manis, lengket, dan bisa dimainkan di mulut membuat alasan tersendiri kenapa anak muda suka mengunyah permen karet. Namun, tahukah kamu jika permen karet juga mempunyai manfaat untuk kita. Apa saja manfaat permen karet dibalik rasanya yang manis tersebut? 

1. Mencegah Bau Mulut



Masalah bau mulut memang sangat mengganggu ketika bersosialisasi. Bau mulut sendiri, bisa bersumber dari gigi berlubang yang membusuk maupun kotoran pada mulut, serta zat buangan yang dihasilkan dari pencernaan bakteri. Kombinasi ketiganya dapat menghasilkan senyawa kimia yang menimbulkan bau tidak sedap ketika kita sedang berbicara dengan teman.

Manfaat permen karet yang pertama, ternyata bisa mencegah bau mulut. Selain karena cita rasa permen karet yang manis, ternyata saat seseorang mengunyah permen karet produksi liur akan meningkat sehingga menjaga mulut dan gigi bersih dari bakteri sehingga terhindar dari bau mulut.

2. Mencegah Gigi Berlubang



Selain dapat mencegah bau mulut, ternyata manfaat permen karet juga bisa mencegah gigi berlubang. Hal ini karena saat seseorang  mengunyah permen karet akan memicu produksi air liur. Air liur inilah yang akan membersihkan sisa makanan pada celah gigi, menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri, serta membawa antibodi untuk melawan kuman penyebab gigi berlubang.

Kamu bisa memperoleh manfaat tersebut dengan mengunyah permen karet yang bebas gula selama kurang lebih 20 menit setiap hari. Selai itu, tidak ada salahnya juga jika kamu memilih permen karet dengan pemanis buatan yang aman bagi gigi seperti aspartam, xylitol, sorbitol, atau mannitol.

3. Mengurangi Stress dan Rasa Cemas



Salah satu alasan kenapa anak muda senang sekali mengunyah permen karet adalah agar dapat mengurangi stress maupun rasa cemas. Hal ini memang terbukti, karena dengan mengunyah permen karet akan mengurangi hormon kortisol yang menjadi pemicunya. Secara ilmiah juga telah membuktikan jika mengunyah memberikan efek menenangkan dan mengurangi rasa cemas berlebihan. Dengan mengunyah permen karet ini, seseorang bisa mengurangi kebiasaan buruknya seperti menggigit kuku saat stress maupun cemas.

4. Meningkatkan Fungsi Otak



Sejumlah penelitian menemukan fakta bahwa dengan mengunyah permen karet selama beraktivitas dapat meningkatkan berbagai fungsi otak. Berbagai fungsi otak tersebut antara lain seperti kewaspadaan, ingatan, pemahaman, hingga kemampuan mengambil keputusan.

Hubungan antara manfaat  mengunyah permen karet dengan fungsi otak ini memang belum dipahami secara pasti. Akan tetapi, para pakar meyakinkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan aliran darah menuju otak. Jika aliran darah memadai, otak bisa bekerja secara optimal.

5. Mencegah Refluks Lambung



Manfaat dari permen karet yang terakhir adalah bisa mencegah terjadinya kondisi refluks pada lambung. Refluks lambung atau naiknya asam lambung adalah suatu kondisi yang terjadi dimana asam lambung naik menuju kerongkongan sehingga menyebabkan iritasi pada saluran tersebut. Gejala utama ketika seseorang mengalami refluks lambung ini adalah perih pada perut bagian atas serta rasa asam pada mulut.

Saat seseorang mengunyah permen karet, produksi air liur akan meningkat. Dengan bertambahnya produksi liur ini dapat mengubah pH liur menjadi basa dan membuat kita sering menelan. Maka hasil yang akan didapatkan adalah, asam lambung menjadi netral, karena asam tersebut akan naik ke kerongkongan sehingga iritasi pada kerongkongan ikut berkurang.

Itulah kelima manfaat permen karet yang sering tidak diperhatikan oleh orang. Meskipun permen karet bermanfaat, ada baiknya jika kamu memilih permen karet tanpa gula, juga memperhatikan jumlah mengonsumsi permen karet setiap harinya, jangan sampai berlebihan ya! Dengan begitu manfaat dari permen karet masih bisa kamu rasakan dengan optimal tanpa ada efek samping negatif.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.