Ternyata Ini Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil, Ini 5 Cara Mengatasinya

Mengalami kaki bengkak saat hamil adalah hal yang biasa dialami oleh seorang ibu. Kondisi ini disebabkan saat hamil tubuh kamu akan memproduksi cairan dan darah dua kali lebih banyak dibandingkan biasanya. Tujuan dari produksi cairan ini adalah untuk mengakomodasi perkembangan janin. Oleh karena itu, kaki  yang bengkak saat hamil adalah hal yang normal terjadi. Ini sebagai akibat dari meningkatnya produksi cairan ini. 
Cairan ekstra ini dibutuhkan agar tubuh menjadi melunak dan dapat berkembang, mengikuti perkembangan si bayi. Kondisi ini juga akan membantu persiapan sendi, pinggul dan jaringan agar bisa terbuka saat proses persalinan nantinya. Pembengkakan kaki yang terjadi saat hamil dapat terjadi pada berbagai usia kehamilan. Akan tetapi, pada umumnya kondisi terjadi saat usia kehamilan memasuki bulan kelima dan akan semakin membesar pada trimester ketiga. 
Selain meningkatnya produksi cairan, terjadinya kaki bengkak saat hamil juga dapat dipengaruhi oleh beberapa kondisi lain. Misalnya cuaca yang panas atau berdiri terlalu lama. Bisa juga disebabkan karena melakukan kegiatan seharian penuh tanpa istirahat. Ataupun kurang mengkonsumsi kalium. Jika mengalami kondisi ini kamu tidak perlu bingung, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil. 

1. Dengan Mengurangi Mengkonsumsi Garam

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi konsumsi garam. Ini dikarenakan garam bisa menyebabkan penyerapan air di tubuh tidak berlangsung sempurna. Tentu saja, kondisi ini tidak kamu inginkan ketika produksi cairan di tubuh sedang banyak-banyaknya. Oleh sebab itu, kamu bisa menghindari atau jangan mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan kemasan yang mengandung banyak garam. Selain itu, jangan menggunakan terlalu banyak garam saat mengolah makanan sendiri di rumah ya moms!

2. Dengan Membatasi Konsumsi Kafein

Tidak hanya garam yang perlu dihindari. Ketika hamil, kamu harus membatasi atau bahkan menghindari kafein adalah hal yang baik. Karena dengan mengkonsumsi kafein dapat membuat kamu diuretik. Artinya, kandungan ini akan membuat kamu ingin buang air kecil terus menerus. Tentu saja hal ini membuat tubuh berpikir bahwa kamu kekurangan cairan, sehingga akan terus menahan kelebihan cairan yang ada di tubuh yang dapat menyebabkan bengkak pada kaki.banner consideration promotion bg blue

3. Lebih Banyak Konsumsi Air Putih 

Kaki yang bengkak saat hamil memang disebabkan oleh produksi cairan berlebih. Akan tetapi, agar tubuh tidak menganggap kamu kehausan atau bahkan mengalami dehidrasi, kamu butuh banyak minum. Saat dehidrasi, secara otomatis tubuh akan menahan cairan agar tidak keluar dari tubuh. Hal ini tentunya tidak kamu inginkan saat sedang mengalami pembengkakan selama kehamilan.

4. Menambah Asupan Kalium

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menambah asupan kalium. Kalium dapat membantu kamu menyeimbangkan kadar cairan yang akan diserap tubuh. Sehingga, bisa mengurangi kondisi kaki bengkak kamu saat hamil. Beberapa makanan yang dapat memenuhi kebutuhan kalium harian kamu yaitu pisang, bayam, kentang yang dikonsumsi dengan kulitnya, dan yogurt.

5. Jangan Berdiri atau Beraktivitas Terlalu Lama 

Berdiri dalam jangka waktu yang terlalu lama tidak dianjurkan untuk ibu hamil yang sedang mengalami pembengkakan kaki. Sebisa mungkin, duduklah dengan posisi kaki selonjor, untuk meregangkan otot betis kamu. Dengan begitu bengkak tidak akan menjadi semakin besar. 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Nah itu dia penyebab kaki ibu hamil mengalami pembengkakan dan cara mengatasi kaki bengkak saat hamil. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat khususnya bagi para ibu muda ya moms! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami