Ternyata, Merayakan Halloween Sehat Juga Lho Untuk Tubuh!

01 Nov 2018 @ 17:50:31
Tanggal 31 Oktober ini rame banget ya, guys? Ada apa ya kira-kira? Oh iya, Halloween tiba, guys! Sudah siapin kostum apa aja nih? Walaupun bukan termasuk perayaan asli Indonesia, banyak juga lho tempat nongkrong yang mendekorasi tempatnya dengan hiasan khas Halloween, yaitu dengan sesuatu yang menyeramkan. Mereka juga mewajibkan pengunjung untuk berdandan dengan tema halloween.

Menurut history.com, Halloween itu pada awalnya perayaan yang dilakukan oleh orang Celtic di Irlandia untuk mengusir roh jahat atau hantu. Masyarakat zaman itu diharuskan untuk memakai kostum dan berdiri di dekat api unggun. Dari situlah, kebudayaan dan kebiasaan ini berkembang di Eropa dan Amerika yang dirayakan setiap tanggal 31 oktober. Seiring berkembangnya zaman, penduduk dunia di benua lainnya mulai ikut merayakan Halloween.

Halloween ini identik dengan kostum unik, dandanan seram, lampu terbuat dari kulit labu kuning, dan trick or treat.  Tapi, tahu nggak kamu kalau sebenarnya merayakan Halloween itu ternyata sehat juga lho untuk tubuh! Kenapa begitu? 

Halloween Baik Untuk Jaga Kesehatanmu, Guys!

Halloween Baik Untuk Jaga Kesehatanmu, Guys!

Walaupun sering dianggap membuat jantungan orang yang ditakuti, banyak ahli kesehatan yang memberikan pernyataan bahwa Halloween baik untuk meningkatkan kesehatan jiwa dan meningkatkan kewaspadaan. Nah, cari tahu lebih lanjut dulu nih tentang manfaat merayakan halloween!

Orang yang Sering Merayakan Halloween Setiap Tahunnya Umumnya Lebih Waspada Akan Bahaya

Steve Orma, Ph.D, clinical psychologist dan penulis buku Stop Worrying and Go to Sleep: How to Put Insomnia to Bed for Good menyatakan bahwa rasa takut atau ketakutan meningkatkan kewaspadaan akan daerah sekeliling kamu dan akan bahaya yang akan menimpa kamu. Steve Orma juga menyatakan bahwa mereka yang merayakan Halloween lebih punya energi dan persiapan lebih untuk melawan ketika bahaya datang. 

Perayaan Halloween Membuat Kamu Terbiasa Akan Tekanan, Terutama Tekanan Pekerjaan Sehingga Bebas Stres

Kamu mau bebas stress pekerjaan? Mungkin, kamu harus ikuti perayaan semacam Halloween sesering mungkin. Dr. Margee Kerr, seorang sosiologis yang meneliti soal ketakutan dan efeknya pada tubuh manusia, menyebutkan bahwa ketika seseorang ketakutan, otak dipenuhi oleh dorongan kimia yang menyebabkan produksi hormon dopamine dan endorfin berlebih. Hal ini menjadikan ketakutan dan tekanan menjadi sesuatu yang menyenangkan, daripada menyebabkan trauma. 

Membantu Meredakan Trauma Pada Kondisi Psikis Seseorang

Dr. Margee Kerr juga menyatakan bahwa ia dan koleganya sedang mengembangkan hipotesis bahwa rasa takut bisa meredakan trauma berkepanjangan pada kejiwaan seseorang. Ia mengatakan bahwa dengan mengajak orang tersebut menghadapi traumanya, ia akan punya cara secara alami untuk mengatasi ketakutan dalam dirinya. Makanya, orang yang sering merayakan Halloween atau masuk ke rumah hantu akan terbiasa dengan situasinya, daripada mereka yang jarang atau bahkan menolak.

Terus, Gimana Caranya Supaya Halloween Tetap Sehat?

Terus, Gimana Caranya Supaya Halloween Tetap Sehat?

Udah pada tahu, kan kenapa halloween itu sehat untuk kesehatan? Nah, inilah waktunya buat kamu tahu gimana caranya supaya halloween kamu tetap sehat dan nggak malah bikin tubuh kamu sakit. Catat baik-baik ya, genks!

Pikir-Pikir Ketika Mau Makan Sesuatu

Ketika kamu pergi ke suatu tempat untuk halloween, kamu tentunya akan disuguhkan dengan banyak makanan yang menggoda selera, mulai dari permen sampai daging. Nah, supaya kamu nggak kalap, pikir-pikir soal porsi makanan yang akan kamu makan. Pikirkan juga jenis makanan yang akan kamu masukkan ke dalam perut. Jangan-jangan, makanan itu malah bikin badan kamu makin berat dan lebar. Gawat!

Makan Dulu Di Rumah Sebelum Merayakan Halloween 

Wah, ide bagus nih, guys! Supaya kamu nggak kalap waktu ngerayain Halloween di suatu tempat, cobalah untuk isi perut kamu dulu di rumah. Jadinya, kamu nggak akan punya keinginan untuk makan berlebihan di tempat tersebut, apalagi makan makanan yang nggak sehat. 

Banyakin Aktivitas Fisik Sebelum atau Ketika Acara Halloween Di Mulai

Kalau kamu mau sehat di halloween, jangan lupa untuk rajin olahraga supaya kamu punya tenaga untuk halloween-an. Masalahnya, kebanyakan acara halloween itu diadakan sampai malam. Kalau kamu lupa olahraga, bisa-bisa kamu drop waktu acara itu. Dan... Jangan kebanyakan duduk waktu acara. Banyakin jalan-jalan dan ngobrol sama temen-temen yang ada di tempat itu. 

Make Up Jangan Berlebihan Sehingga Orang Bisa Jantungan Ngeliat Kamu

Nggak afdol kalau halloween tanpa make up serem yang bombastis ya, guys! Tapi, jangan sampai kebablasan juga. Kamu juga perlu perhatikan orang lain yang melihat dandanan kamu. Jangan sampai dia malah jantungan melihat dandanan kamu yang luar biasa itu. Ciptakan suasana bahagia ala Halloween untuk kamu dan orang lain ya!

Pilih Kostum yang Nyaman dan Aman Untuk Kamu Pakai Selama Halloween

Banyak orang-orang yang merasa ingin sensasional ketika halloween. Jadinya, mereka memesan kostum yang berlebihan sehingga membuat mereka sesak nafas, pusing karena aliran darah tidak lancar, atau terlalu berat. Makanya, cari kostum yang yang enak kamu pakai dan nggak bikin kamu sengsara. 

Jadi, gimana Halloween kalian, guys?


Artikel Terkait

Sajikan MPASI Lezat dengan Kaldu Penuh Manfaat
Setelah buah hati mencapai usia enam bulan, Moms harus mulai menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuknya. Maklum,..
OT Handoko
11 Desember 2018
Tahu Nggak Sih? Ini Lho Manfaat di Balik Sedapnya Bumbu Pelengkap Masakan
Ada gula, ada semut. Begitu juga, ada makanan tentu ada bumbu pelengkap masakan yang bikin lezat makanan. Bukan hanya me..
OT Handoko
10 Desember 2018
Banyak Rempah Eksotis Asli Bumi Indonesia Bermanfaat Lho, Tahu Nggak Kamu?
Sejak jaman penjajahan, Indonesia sudah dikenal sebagai negeri penghasil rempah. Tak hanya sebagai bumbu masak, rempah-r..
OT Handoko
07 Desember 2018