Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Tetap Fit Selama Puasa, Ini Waktu Terbaik untuk Berolahraga

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
03 May 2021
Clock Icon
3 menit
olahraga selama puasa
Saat menjalankan ibadah puasa, stamina dan kesehatan tubuh harus dijaga. Apalagi di saat pandemi Covid-19 seperti saat ini dimana imun tubuh harus terjaga. Salah satu cara untuk bisa menjaga stamina dan kesehatan tubuh saat puasa adalah dengan olahraga secara rutin.

Selama puasa kamu tetap perlu berolahraga secara rutin agar stamina tetap terjaga dan metabolisme lancar. Namun tidak seperti hari-hari biasa, berolahraga saat berpuasa tentu harus dilakukan dengan metode yang berbeda. Sebab di pagi hari hingga matahari terbenam, tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman sama sekali. Dan jika dipaksakan olahraga saat tengah hari, dikhawatirkan akan mengganggu puasamu. 
Berikut beberapa waktu yang disarankan untuk berolahraga saat sedang menjalankan ibadah puasa.


1. Sebelum waktu berbuka puasa

Waktu sebelum berbuka puasa memang lazim dimanfaatkan banyak orang untuk berolahraga. Kamu bisa berolahraga 2-3 jam sebelum waktu berbuka puasa. Saat kamu kehilangan banyak cairan karena berolahraga dan merasa haus, maka kamu akan bisa segera menghidrasi tubuh saat masuk waktu buka puasa.


Ini membuat tubuh tidak akan terlalu lama merasakan lemas karena kelelahan setelah berolahraga saat puasa. Hal lain yang perlu ditekankan saat memilih berolahraga sebelum buka puasa adalah sebaiknya melakukan gerakan olahraga yang ringan dan tidak terlalu menguras energi, seperti misalnya jalan santai, jogging jarak pendek, yoga, atau pilates.


2. Setelah makan malam

Jika kamu tidak puas dengan olahraga ringan saat sedang berpuasa, maka kamu bisa memilih waktu olahraga setelah makan malam. Di waktu ini tubuh sudah kembali terisi dengan makanan dan minuman setelah puasa seharian, artinya energi pun sudah terisi kembali.


Namun, jangan melakukan olahraga langsung setelah makan malam selesai. Beri jeda waktu 1-2 jam setelah makan malam untuk melakukan olahraga. Jeda waktu ini bertujuan untuk memberi kesempatan tubuh mencerna makanan sebelum akhirnya diajak melakukan olahraga.


3. Sebelum sahur, antara pukul 3 pagi dan 4 pagi

Dilansir dari The National News, bagi kamu yang bisa bangun lebih awal, waktu lain yang direkomendasikan untuk berolahraga adalah sebelum sahur antara jam 3 pagi dan 4 pagi. Sisa makanan di malam sebelumnya bisa menjadi sumber energi yang kamu gunakan untuk melakukan olahraga sebelum makan sahur. Lalu kamu bisa mengisinya kembali dengan makan sahur. Olahraga di waktu ini juga dipercaya baik untuk stamina tubuh sehingga menjadi lebih kuat untuk menjalankan puasa sepanjang hari.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk menjaga stamina saat puasa, selain tetap berolahraga secara rutin, kamu juga harus tetap menjaga kualitas tidur dengan waktu yang cukup. 


Perhatikan juga asupan makanan selama puasa, perbanyak makan sayur dan buah, serta kurangi makanan-makanan yang mengandung pengawet dan penyedap rasa. Yuk, tetap jalankan gaya hidup sehat agar ibadah puasa selama satu bulan bisa berjalan lancar.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.